Sunday , October 25 2020

Apa Keuntungan dan Kerugian Berhenti Makan Daging?

Setelah melihat betapa langsingnya temanmu yang vegetarian, kamu mungkin berpikir untuk mengikuti jejaknya. Namun sebelum memutuskan jadi vegetarian, yang mana artinya kamu berhenti makan daging, coba ketahui dulu apa saja keuntungan serta kerugian berhenti makan daging itu.

Keuntungan berhenti makan daging

Berikut adalah beberapa keuntungannya bila kamu tidak makan daging:

1.Berat badan turun

Menurut survei, berhenti makan daging bisa menurunkan bobot tubuh sebanyak 5 kg. Selain itu, kamu juga tak perlu lagi repot-repot menghitung jumlah kalori saat makan.

2.Jumlah bakteri baik di pencernaan meningkat

Usut punya usut, kadar bakteri dalam pencernaan kaum vegetarian ternyata berbeda dengan orang lain (yang tetap makan daging). Data menunjukkan dalam pencernaan para vegetarian terdapat lebih banyak bakteri pelindung.

Akan tetapi butuh waktu untuk sampai ke tahap ini. Pertama-tama, kamu mungkin akan merasa kembung karena pencernaan dan pankreas sedang beradaptasi dengan pola makan baru – dimana organ tersebut sedang krisis enzim.

3.Kulit tampak lebih sehat

Setelah berhenti makan daging, kulit juga jadi membaik. Jerawat maupun komedo tiba-tiba hilang begitu saja. Para ilmuwan berpendapat aksi mengganti daging dengan buah dan sayur efektif mengusir toksin keluar dari tubuh sehingga kulit jadi sehat.

4.Tubuh jadi lebih berenergi

Salah satu dampak paling signifikan yang dirasakan usai berhenti makan daging adalah tubuh jadi lebih berenergi daripada biasanya. Kamu mungkin takkan merasa super lelah lagi setelah seharian bekerja di kantor. Hal ini tak mengherankan, mengingat pola makan bebas daging tak hanya menyingkirkan berat badan berlebih dan toksin, namun juga membuat tubuh jadi lebih ringan.

5.Risiko penyakit kardiovaskular menurun

Sudah sejak lama para ahli menyimpulkan adanya kaitan erat antara konsumsi daging merah dengan penyakit kardiovaskular. Penyebabnya karena karnitin dalam daging merah memicu reaksi kimia yang berdampak negatif pada jantung. Oleh sebab itu, berhenti mengonsumsinya pasti mampu menurunkan risiko hipertensi, diabetes, serta kanker kolorektal dan lambung.

6.Kadar kolesterol berkurang 33%

Ketika tidak memeroleh asupan daging, kolesterol dalam darah akan menurun. Efek ini ternyata sama seperti setelah minum obat kolesterol, hanya bedanya pola makan tanpa daging jelas lebih sehat, murah, dan bebas efek samping. Karena itu, penderita aterosklerosis selalu disarankan untuk menjauhi daging.

7.Memaksimalkan kinerja gen baik

Para ahli menyimpulkan kondisi lingkungan memiliki dampak terhadap kinerja gen manusia, sehingga akhirnya timbul gen ‘baik’ dan ‘jahat’. Jika gaya hidup kurang sehat, maka gen jahatlah yang bekerja lebih cepat sehingga memperbesar risiko penyakit kronis dan obesitas. Tapi bila pola hidup sehat, maka yang terjadi adalah sebaliknya. Perubahan pola makan dari ‘ada daging’ menjadi vegetarian inilah yang diperkirakan mampu mengaktifkan gen baik tersebut.

Kerugian berhenti makan daging

Setelah melihat keuntungan tidak makan daging, sekarang kita lihat apa saja dampak negatifnya.

1.Kurang gizi

Begitu berhenti makan daging, tubuh mungkin mengalami defisiensi yodium, zat besi, vitamin D dan B12. Namun kekurangan ini sebenarnya bisa ditutupi dengan mengonsumsi kacang-kacangan, biji-bijian, buah, sayuran hijau, whole grain, serta sereal secukupnya. Bila tidakpun, maka berbagai vitamin dan suplemen juga dapat dikonsumsi untuk mengatasi kurang gizi.

2.Indera pengecap tidak sepeka sebelumnya

Sebenarnya zinc merupakan elemen penting yang menentukan indera pengecap. Sayangnya zinc kadar tinggi umumnya terkandung dalam tiram dan daging merah. Namun untungnya, para vegetarian bisa menemukan mineral ini melalui kacang navy, kacang-kacangan lainnya, whole grain, serta produk susu. Dan dibanding pemakan daging, kaum vegetarian butuh asupan zinc 50% lebih tinggi.

3.Otot butuh waktu lebih lama untuk pulih

Kerugian berhenti makan daging yang terakhir adalah otot perlu waktu lebih lama untuk pulih. Hal ini karena daging merupakan sumber protein, nutrisi yang penting untuk menguatkan dan memulihkan otot setelah berolahraga.

Memang sih ada protein nabati, tapi itu butuh waktu kerja yang lebih lama ketimbang protein hewani. Saran pakar dalam hal ini adalah kaum vegetarian harus makan sumber protein segera setelah olahraga. Pada saat itu, protein diduga lebih mudah dan cepat terserap dalam tubuh.

Jadi itulah tadi beberapa keuntungan dan kerugian berhenti makan daging yang perlu kamu ketahui sebelum memutuskan jadi vegetarian. Semoga bermanfaat!

About megsaroh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *