Wednesday , October 21 2020

Aneh Bin Unik, Inilah 5 Sekolah Anti Mainstream di Dunia

Belajar bisa dimanapun dan kapanpun. Enggak harus di bangunan mewah, nggak harus ada papan tulis ataupun bangku, dan nggak harus di ruang kelas serta rumah. Yang terpenting adalah metode pengajarannya. Dimana biasanya tiap-tiap sekolah memiliki teknik mengajar yang berbeda-beda.

Termasuk di 5 sekolah ini, bisa dibilang strategi mengajarkannya cukup menarik. Atau bahkan unik? Sima yuk berikut, Check it out!

 

5 Sekolah ‘Gak Biasa banget’ atau Anti Mainstream di Dunia

 

1. Sekolah Perahu, Bangladesh

Bangladesh merupakan negara yang rentan mengalami perubahan iklim. Bahkan tak jarang banjir datang menerjang setiap setiap tahunnya. Sehingga mengakibatkan warga jadi sulit memenuhi kebutuhan dasar mereka, salah satunya sekolah.

Guna menyiasati kondisi agar siswa bisa sekolah meski dalam situasi banjir, warga Bangladesh pun mendirikan sebuah sekolah diatas perahu. Terdengar cukup aneh, sih. Namun yang menarik, sekolah ini ketersediaan fasilitas yang lumayan bagus. Satu diantaranya ruang perpustakaan yang dilengkapi akses internet.

Sekolah perahu telah ada semenjak 15 tahun silam, tepatnya di tahun 2002. Dan masih ada hingga saat ini, bahkan berhasil mengantongi penghargaan dari organisasi World Innovation Summit Education (WISE).

 2. Sekolah Dasar Gulu, China

Di sekolah dasar Gulu ini, kamu jangan bermimpi mendapatkan pelajaran  hanya dengan duduk santai di atas bangku. Faktanya, Gulu merupakan sekolah unik yang terletak di atas pegunungan.

Untuk bisa mencapai sekolah tersebut, murid-murid harus melewati area ekstrim berupa tebing yang cukup curam. Bahkan di musim dingin, tebing tersebut diselimuti oleh gumpalan salju. Bisa membayangkan betapa susah perjuangan mereka, bukan? Sekolah Gulu ini didirikan sekitar tahun 1980’an oleh Shen Qijun, yang juga merupakan satu-satunya pengajar disana.

3. Sekolah Sihir, Amerika Serikat

Keberadaan sekolah sihir ternyata bukan sekedar di film Harry Potter saja. Faktanya di Amerika Serikat, tepatnya di kota Salem terdapat sekolah yang mengajarkan murid-muridnya ilmu sihir. Baik itu yang berhubungan dengan seni sulap ataupun hal-hal lain tentang mistis.

Menurut catatan sejarah, penduduk di Kota Salem ini dulunya memang gemar mempraktekkan ilmu sihir. Banyak dari mereka yang menjadi paranormal. Bahkan di tahun sekitar 1690’an terdapat lebih dari 150 warga Salem ditangkap dengan dugaan menyalahgunakan ilmu sihir di kehidupan nyata.

4. Brooklyn Free School, New York, USA

Jika pada umumnya sekolah memiliki aturan-aturan yang ketat. Lain halnya dengan Brooklyn Free School ini. Sekolah yang terletak di New York, Amerika justru tidak mempunyai kurikulum wajib. Siswa bebas melakukan apapun yang diinginkan, sementara guru hanya menjadi moderator.

Saat jam pelajaran berlangsung, siswa-siswa bisa memilih kelasnya masing-masing. Mereka boleh melakukan aktivitas membaca, bermain, atau bahkan tidur. Metode pembelajaran yang demikian tersebut dikatakan terinspirasi dari model pengajaran di tahun 1600’an yang menganut sistem demokratis. Namun belakangan ini  sekolah Brooklyn sering mendapatkan protes lantaran model pembelajaran yang terkesan asal-asalan.

5. Sekolah Kubus, Denmark

Sekolah terunik terakhir berlokasi di Copenhagen, Denmark. Sekolah ini memberikan fasilitas yang ‘gak biasa’ untuk para siswa-siswanya. Yakni sebuah ruang belajar berbentuk kubus dengan area duduk berupa drum.

Tentunya konsep sekolah ini bikin siswa lebih rileks dan mudah menerima pelajaran. Ruangannya juga sangat luas, terdiri dari dinding kaca sehingga terlihat begitu nyaman.

Sebenarnya masih banyak sekolah-sekolah aneh yang berdiri di belahan dunia ini. Namun untuk kelima list diatas, menurutmu mana nih yang paling unik dan ingin Kamu coba?

About Bas