Thursday , October 22 2020

Ampuh, 5 Cara Mengusir Tikus di Rumah Tanpa Racun

Tikus adalah salah satu hewan pengerat yang sering kita jumpai di lingkungan sekitar kita. Mulai dari di sawah, di got,di pepohonan, hingga di dalam tanah. Bahkan tak jarang tikus masuk ke dalam rumah.

Adanya tikus di dalam rumah tentunya sangat meresehkan, ya! Pasalnya tikus ini merupakan hewan yang kotor. Selain suka mencuri makanan, tikus juga kerap kencing di sembarang tempat. Dan yang lebih mengkhawatirkan, tikus dapat menjadi pemicu beragam penyakit, salah satunya penyakit sampar atau pes. Maka itu, jika ada tikus di rumahmu, maka Kamu harus segera menyingkirkannya! Memang sih, mengusir tikus tidaklah mudah. Namun Anda bisa mencoba beberapa tips dibawah ini.

Tanpa basa-basi lagi, berikut cara-cara mengusir tikus di rumah tanpa racun!

  1. Gunakan Baking Soda

Cara pertama untuk mengusir tikus secara alami, Anda bisa memanfaatkan baking soda. Produk yang mengandung senyawa natrium bikarbonat ini bekerja layaknya racun yang bisa membuat tikus mati perlahan.

Perlu Kamu ketahui bahwa tikus tak bisa bersendawa. Sehingga bila tikus memakan baking soda, maka gas dari baking soda akan memenuhi perutnya dan membuat tikus mati.

Untuk membuat jebakan ini, pertama Kamu harus menamburkan bubuk soda pada makanan yang disukai tikus. Misalnya keju, ikan asin atau lainnya. Selanjutnya letakkan makanan tersebut di tempat-tempat yang rawan tikus, seperti bawah kaki meja, kolong ranjang, dan di pojokan-pojokan ruangan.

  1. Bubuk Lada

Selanjutnya, Kamu dapat menggunakan bubuk lada untuk mengusir tikus dari rumah. Kamu pastinya tahu kalau bubuk lada memiliki aroma yang menyengat, kan? Nah, aroma tersebut ditimbulkan karena kandungan senyawa piperin.

Dan biasanya tikus akan merasa sangat tidak nyaman dengan aroma bubuk lada. Aroma tajam dari lada bisa menganggu hidung si tikus. Kamu cukup menaburkannya di area-area yang sering disinggahi tikus, dengan begitu tikus akan pergi secara perlahan.

  1. Kapur Barus

Kamu pasti sudah tak asing dengan benda ini, kan? Kapur barus umumnya digunakan sebagai pengharum ruangan di kamar mandi serta di dalam almari agar pakaian terhindari dari ngengat.

Walaupun aroma kapur barus bagi kita menyegarkan namun siapa sangka tikus justru tidak menyukainya. Bahkan jika menghirupnya, tikus bisa mati perlahan. Nah, Kamu bisa meletakkan kapur barus atau bubuknya di area yang rawan tikus, misalnya di kolong meja dan sudut ruangan.

Yang perlu diingat, kapur barus ini beracun. Jadi pastikan Kamu menjauhkannya dari jangkauan anak-anak dan dari makanan.

  1. Bubuk Cengkeh

Berikutnya nih, jika Kamu memiliki cadangan cengkeh di rumah, Kamu bisa menggunakan rempah ini untuk mengusir tikus. Cengkeh mengandung minyak essensial berupa eugenol yang memiliki aroma khas. Nah, aroma tersebut sangat tidak disukai tikus dan bisa menganggu indera penciumannya.

Maka itu, Kamu bisa tuh memanfaatkan cengkeh ini buat ngusir tikus. Caranya cukup semprotkan minyak cengkeh pada kapas. Lalu ratakan kapas tersebut pada tempat-tempat tersembunyi yang sering didekami tikus.

Alternatif lain, Kamu bisa menghaluskan cengkeh. Lalu taburkan bubuk cengkeh itu di sekitar rumah sehingga tikus-tikus akan pergi dengan sendirinya.

  1. Pelihara Kucing

Terakhir, cara mengusir tikus yakni cobalah memelihara kucing. Layaknya dalam film Tom & Jerry, kucing selalu menjadi musuh bebuyutan tikus.

Dengan Kamu memelihara kucing, hewan berparas lucu ini akan membantu menyingkirkan tikus-tikus di rumahmu dengan cara memakannya. Termasuk tikus-tikus yang bersembunyi, kucing bisa menemukannya secara mudah sebab kucing memiliki indra penciuman yang tajam.

Yang perlu diperhatikan, kucing yang memakan tikus, sebaiknya jangan terlalu sering dipegang dan jangan ditidurkan di dalam rumah. Sebab tikus adalah hewan kotor dan penuh bakteri. Jika kucing memakannya otomatis kucing tersebut jadi mudah menularkan penyakit. Oleh karenanya, gunakan tips ini bila sudah tak ada pilihan lain.

So Guys, itulah tadi beberapa cara mengusir tikus di rumah yang bisa Kamu praktekan. Semoga bermanfaat ya!

feature image: yourgenome.org

About amania

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *