Thursday , October 22 2020

Monosodium Glutamat Adalah

Umami, adalah salah satu jenis flavor yang menunjukkan rasa gurih. Identik dengan makanan yang mengandung MSG. Monosodium Glutamat memang menjadi salah satu pembentuk flavor umami.

Secara alami, kandungan Monosodium Glutamat sendiri sudah ada pada jenis sayuran, seafood, kecap. Namun ketika berasal dari bahan tambahan pangan atau BTP, maka dikenal dengan nama moto atau micin atau vetsin. Masih timbul pro dan kontra dalam penggunaan BTP Monosodium Glutamat dalam makanan.

Dengan mengambil jalan tengah, bahwa mengkonsumsi makanan yang mengandung Monosodium Glutamat itu diperbolehkan asal dalam batas aman penggunaan yang dianjurkan yaitu, tidak lebih dari seratus dua puluh miligram per kilogram berat badan per hari menurut WHO.

Mengenal Sifat Monosodium Glutamat

Monosodium Glutamat dihasilkan dari dua senyawa yaitu, Sodium yang bereaksi dengan asam glutamat. Sebagai bentuk dari asam amino, asam glutamat menjadi bentuk yang mudah diperoleh dalam protein. Sifat dari asam glutamat adalah membuat cita rasa makanan menjadi terasa lebih mantap. Asa glutamat inilah yang nantinya menjadikan lidah merasakan ada flavor umami yang membuat jenis makanan yang dikonsumsi menjadi mantap.

Monosodium Glutamat Dalam Batas Aman, Respon Yang Diberikan?

Jika Anda mengkonsumsi makanan yang mengandung Monosodium Glutamat masih dalam batas aman, maka tubuh akan merespon pula dengan aman. Tidak ada efek samping yang akan ditimbulkan dari Monosodium Glutamat terhadap tubuh Anda. Namun, tidak semua orang akan merespon sama. Ada pula orang yang meskipun mengkonsumsi makanan dengan tambahan Monosodium Glutamat dalam bentuk BTP dalam batas aman, tetap mengalami efek samping. Mengapa itu dapat terjadi? Sebab setiap orang memiliki respon dan ketahanan tubuh yang berbeda ketika menerima senyawa ataupun gizi yang masuk melalui jenis makanan yang dikonsumsi. Ada orang yang masih biasa saja ketika mengkonsumsi Monosodium Glutamat dalam batas wajar. Namun ada pula yang tidak.

Pilihan Bijak Mengkonsumsi Monosodium Glutamat

Jika Monosodium Glutamat yang Anda konsumsi berasal dari bahan alami, maka tidak masalah selama tidak lebih dari batas aman. Namun jika mengkonsumsinya dari BTP dan entah itu melebihi atau kurang dari batas aman penggunaan, maka lebih baik kontrol. Dan jika Anda orang yang merespon Monosodium Glutamat yang langsung berdampak pada efek samping, lebih baik tidak mengkonsumsinya. Namun jika tubuh merespon masih biasa-biasa saja dalam batas aman, maka bukan masalah.

Orang Yang Boleh Mengkonsumsi BTP MSG

Dalam bentuk BTP, Monosodium Glutamat hanya boleh dikonsumsi mulai dari remaja. Bayi, balita, anak-anak sangat tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi Monosoidum Glutamat dalam bentuk BTP. Mengingat respon yang akan diberikan adalah gangguan pada fungsi saraf otak. Kemungkinan dapat menyebabkan malas belajar, lambat dalam berpikir, dan gangguan lainnya. Untuk itu, bagi orang tua yang sayang dengan anaknya, jangan sampai biarkan anak Anda dibiarkan untuk mengkonsumsi Monosodium Glutamat dalam bentuk BTP.

Tidak semua bahan tambahan pangan itu akan baik selama digunakan dalam batas aman. Melihat respon tubuh setiap orang berbeda ketika mengkonsumsi makanan dengan BTP, maka patut menjadi nasehat dalam mengatur menu makanan. Terlepas dari pro dan kontra MSG, setiap orang harus dapat melakukan pilihan secara bijak. Jika memang tubuhnya memberikan efek negatif terhadap konsumsi Monosidum Glutamat, maka lebih baik tidak mengkonsumsi. Kesehatan adalah nomor satu. Terkadang Anda merasa baik-baik saja ketika mengkonsumsi suatu jenis makanan namun pada akhirnya akan menimbulkan efek jangka panjang. Jadi, cerdas dan bijaklah apakah memang MSG atau Monosodium Glutamat itu baik untuk Anda?

About Bas