Tuesday , October 27 2020

Alternatif Sekolah Sesuai Minat dan Bakat Anak Anda

Kebanyakan seorang anak lebih bersemangat belajar tentang apa yang ia sukai, ia akan belajar jika ia menikmati. Ia akan menanti saat-saat pelajaran itu tiba, dan merasa sedih bila kesempatan belajarnya hilang. Itulah sebabnya bagi sebagian orang sistem pembelajaran di sekolah tidak memuaskan dahaga intelektual mereka.

Terkadang di sekolah mereka terpaksa belajar yang tidak dibutuhkan, mereka terpaksa belajar yang tidak mereka sukai, karena tuntutan kurikulum. Saat ini bentuk-bentuk alternatif pendidikan sudah beragam dan mengikuti perkembangan zaman. Berikut ini adalah sekolah alternatif yang hadir untuk anak Anda dan berkembang di Indonesia.

Sekolah Berdasarkan Minat

1. Sekolah Musik

Beberapa tahun belakangan ini Industri musik di Indonesia mengalami kemajuan yang pesat. Banyak muncul band-band baru, berbagai macam kontes menyanyi yang diminati jutaan peminat, misalnya : Indonesian Idol, X-Factor, Dangdut Akademi, KDI, dan lain sebagainya. Menjadi penyanyi dan berkelimpahan uang adalah cita-cita anak-anak muda sekarang. Bersamaan dengan itu bermunculan sekolah-sekolah musik untuk mengasah bakat anak-anak yang potensial untuk memenuhi kebutuhan industri musik. Misalnya : Purwacaraka, Elfa Secioria, Yamaha Musik. Bagi anak-anak yang terbiasa berlatih menyanyi di kamar mandi pun kini mendapatkan sarana latihan dengan guru yang menuntun mereka agar tak sekedar bisa menyanyi, mereka kini dapat belajar teknik vokal yang benar, dan pandai memainkan alat musik.

2. Sekolah Pendalaman Agama

Orang tua ingin agar anak-anak mereka menjadi anak yang berbudi luhur dengan dibekali pengetahuan agama yang lengkap. Oleh karena itu mereka memasukkan anaknya ke TPA (Taman Pendidikan Al-Qur’an) atau sekolah Minggu. Jika pendidikan agama di rumah standar-standar saja, di sekolah ini pendidikan agama lebih difokuskan mengingat para pengajarnya merupakan guru-guru agama yang sangat kompeten di bidangnya. Tak mengherankan lulusan sekolah TPA telah menghasilkan anak-anak TK yang sudah lancar membaca Al-Qur’an dan hafal surat-surat pendek.

3. Sekolah Alam

Pendidikan dengan konsep sekolah alam belakangan menjadi tren, khususnya di kalangan masyarakat perkotaan. Para orang tua ingin membekali anak sedini mungkin agar mereka akrab dengan alam. Mengenal tumbuh-tumbuhan, bunga-bunga, dan lain sebagainya. Kurikulumnya praktis lebih banyak melibatkan anak-anak bergaul dengan lingkungan alam.

4. Sekolah Atlit

Anak-anak yang memiliki kemampuan olahraga di atas rata-rata, misalnya : pandai bermain bulutangkis, sepak bola, tenis, catur, dan lain sebagainya, sebaiknya masuk ke sekolah ini. Jika di sekolah umum lebih menekankan pada bidang akademik, sekolah ini berusaha menumbuhkan bakat anak-anak yang suka berolahraga. Mereka akan dilatih dengan metode yang terarah dan jitu dan ditempatkan pada klub-klub olahraga agar mereka dapat mengukir prestasi. Anak-anak yang berprestasi di sekolah ini umumnya akan mendapatkan beasiswa dari perusahaan swasta yang mendukung perjuangan mereka, misalnya : Beasiswa Djarum, Beasiswa Sampoerna, dan lain sebagainya.

About Bas