Saturday , October 24 2020

Jangan Lupa! 7 Alat ini Harus Ada di Bagasi Mobil

Inilah 7 Alat Yang Seharusnya Ada di Bagasi Mobil Anda

 

Sebagai pengguna mobil, tentu anda menginginkan perjalanan yang cepat, aman dan nyaman. Namun, terkadang kejadian-kejadian yang tidak diinginkan bisa terjadi sewaktu-waktu. Entah itu kejadian ban bocor, mesin mati mendadak, hingga mati mesin mendadak. Pasti anda akan kerepotan bila saat terjadi hal tersebut, tidak ada alat yang seharusnya ada di bagasi mobil anda. Ya kan?

Hal yang merepotkan tadi, sebenarnya bisa anda antisipasi sedari dini. Dengan sedikit niat dan ketelitian, menyiapkan 7 alat yang seharusnya ada di bagasi mobil ini tidaklah sulit. Terlebih lagi bila kesemuanya sudah tersedia di rumah anda. Anda tinggal memasukan alat-alat tersebut ke dalam bagasi mobil deh.

Tapi harus diakui bahwa terkadang pengguna mobil memasukan alat yang kurang tepat ke bagasinya. Sehingga tak jarang, pengendara akan tetap kesulitan saat kejadian yang tidak diinginkan semisal tadi benar-benar terjadi di perjalanan.

Lantas, apa sajakah 7 alat yang seharusnya ada di bagasi mobil? Untuk lebih jelasnya, mari kita simak artikel yang berikut ini yuk!

 

1. Kunci Kemudi

Diantara sekian banyak perkakas yang ada, kunci kemudi mobil adalah benda yang wajib standby di bagasi anda. Alat ini amat bermanfaat. Sebab, ia dapat meminimalisir risiko pencurian mobil yang dapat terjadi saat anda sedang lengah. Anda tak ingin kehilangan kendaraan roda empat yang kamu sayang itu kan?

 

2. Jumper Aki

Mobil anda sudah tua? Anda wajib menyediakan jumper aki mobil! Kehadiran alat yang berupa beberapa kutub yang dihubungkan dengan kabel ini, bisa menjadi bagi mobil yang mogok. Umumnya, bila mobil mogok dan tidak mau distarter, mobil tersebut mengalami masalah pada sistem kelistrikan. Untuk itu, anda membutuhkan jumper aki ini, agar mesin anda bisa kembali menyala.

Bayangkan saja bila saat mobil mogok, jumper aki mobil tidak tersedia di bagasi anda. Pasti merepotkan bukan? Maka dari itu, selalu pastikan bahwa alat ini tersedia di bagasi anda!

 

3. Dongkrak

Bila mobil anda mengalami kebocoran ban, pasti anda akan kerepotan. Terlebih lagi bila anda ternyata tidak membawa dongkrak, yang berfungsi sebagai penahan beban, selama anda melakukan penggantian ban.

Agar tidak kerepotan selama perjalanan, anda sebaiknya membawa dongkrak di bagasi. Tak peduli apakah itu perjalanan jauh ataupun dekat, lebih baik mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan sebelum kejadian bukan? Yuk, siapkan dongkrak mobil anda sekarang juga!

 

4. Kompresor Udara Mini

Saat sedang menempuh perjalanan jauh, ada kalanya kita mengalami ban kempis.  Bila kebetulan kita masih bisa menjumpai tempat untuk mengisi angin, kita masih beruntung. Namun, bagaimana bila kita tidak menjumpai satupun tempat pengisian angin?

Saat ban kempis seperti ini, mobil tidak dapat menunjukkan performanya dengan optimal. Selain itu, pemakaian bahan bakar juga akan menjadi lebih boros. Parahnya, bila kondisi kempis tersebut sudah tidak dapat ditolerir. Bisa-bisa malah membahayakan keselamatan seisi mobil.

Untuk itu, ada baiknya bila anda selalu menuedialan kompresor udara mini di bagasi anda. Selain dapat digunakan saat kondisi darurat, kompresor tersebut mampu menghemat waktu dan biaya operasional pemakaian mobil. Sebuah langkah antisipasi yang cukup cerdas kan?

 

5. Apar

Mesin merupakan alat yang amat berisiko. Karena satu dan lain hal, bisa saja ia mengeluarkan percikan api, dan menimbulkan kebakaran. Tentunya anda tidak menginginkan hal ini sampai terjadi kan? Disinilah peran APAR (Alat Pemadam Api Ringan) diperlukan. Tak perlu repot-repot, yang berukuran mini saja sudah cukup kok.

 

6. Tool Kit Serbaguna

Sebagai pengguna mobil, pasti anda sedikit-sedikit tau tentang mesin mobil anda bukan? Nah, pasti anda pernah merasakan kondisi dimana mesin mengalami sedikit kendala. Dan biasanya anda langsung memperbaiki kerusakan mesin dengan tool kit yang ada, sebelum membawanya ke bengkel.

Tool kit tadi sebenarnya juga harus anda siapkan di bagasi anda, agar siap pakai kapanpun juga. Toh, bila sewaktu-waktu mobil anda rusak, anda akan cukup terbantu nantinya.

 

7. Segitiga Pengaman

Alat wajib terakhir adalah segitiga pengaman. Dalam kondisi darurat, kehadirannya akan memberi sinyal kepada pengendara lain agar lebih berhati-hati saat sedang melintasi mobil anda. Sebaiknya posisikan segitiga ini pada jarak 10 sampai 20 meter di belakang mobil, pada posisi yang aman dan tidak menghalangi jalan.

 

Oke, itulah tadi artikel singkat kami tentang 7 alat yang seharusnya ada di bagasi mobil Anda. Semoga anda terbantu, dan lebih mudah lagi dalam melakukan persiapan sebelum berkendara. Terimakasih telah menyimak artikel kami, bagikan ke semua temanmu ya!

About Bas