Inilah Alasan Tidak Boleh Tidur Setelah Makan Sahur

Ternyata tidur setelah sahur itu bisa memberikan efek yang tidak baik untuk tubuh lho. Namun, faktanya kebanyakan orang melakukan hal tersebut dengan mengabaikan efek samping yang bisa terjadi pada tubuh mereka. Kebiasaan bangun lebih awal ketika bulan puasa menjadi potensi seseorang akan kembali merasa ngantuk setelah mereka makan sahur. Oleh sebab itu, banyak orang yang langsung tidur setelah selesai makan sahur dan shalat subuh. Terutama bagi mereka yang bekerja di pagi harinya.

Ada beberapa praktisi gizi klinik dan olahraga yang menyatakan bahwa tidur setelah makan sangat tidak baik. Pasalnya, makanan yang baru masuk ke dalam tubuh butuh akan dicerna terlebih dahulu. Apabila Anda membiarkan hal tersebut terjadi pada diri Anda, sistem pencernaan Anda tidak akan bekerja dengan baik. Efeknya pun cukup berbahaya dan dapat mengancam kesehatan Anda.

Apabila Anda langsung tidur setelah makan, oksigen akan berpindah ke lambung. Proses kerja lambung pun menjadi terhambat dan tidak dapat bekerja dengan cepat. Oksigen yang ada di otak pun menjadi berkurang.

Hal tersebut bisa mengakibatkan saat bangun tidur, perut pun menjadi terasa lebih penuh, sakit bisa terjadi kapan saja pada perut dan disertai rasa pusing. Makanan yang Anda konsumsi, apabila belum dicerna dapat berbalik dari lambung ke kerongkongan lagi ketika tubuh Anda berada dalam posisi tidur.

Makan 2 Jam Sebelum Tidur

Makanan seperti karbohidrat membutuhkan waktu selama 2 jam untuk kemudian dapat dicerna dengan baik. Setelah karbohidrat di dalam perut Anda sudah dicerna, isi di dalam lambung pun pasti akan terasa lebih longgar. Sedangkan, untuk makanan berjenis protein, Anda memerlukan waktu kurang lebih 3 jam untuk benar-benar dicerna dengan baik. Dan, makanan yang mengandung lemak, pasti butuh waktu kurang lebih 4 jam untuk bisa benar-benar dicerna oleh tubuh.

Setelah mengetahui dampaknya, mulailah membiasakan diri untuk tidur setelah 2 jam Anda mengkonsumsi makanan berat. Karena pada saat itulah, isi lambung Anda mulai berkurang. Anda pun dapat tidur dengan lebih nyaman.

Namun, apabila Anda tetap ingin tidur setelah makan, kadang ada saja yang berpikiran untuk tidur dengan posisi duduk. Lalu bagaimana mana dengan hal tersebut? Cara tersebut juga sama tidak baiknya karena dapat menghambat proses kerja lambung setelah makan. Ketika tidur, semua organ di dalam tubuh juga beristirahat. Jadi, apabila sahur dengan porsi yang banyak, usahakan untuk tidak tidur kembali setelah sahur. Untuk mencegah hal tersebut, ada baiknya untuk tidur lebih awal di sore harinya.