Monday , October 19 2020

6 Alasan Kamu Wajib Nonton The Others, Film Horor Klasik Segudang Penghargaan

Film horor merupakan salah satu genre film yang tak pernah sepi peminat. Terbukti setiap tahun selalu ada film horor yang meraih posisi tertinggi di Box Office. Sebut saja The Conjuring, Insidious, It, sampe film lokal seperti Danur dan Pengabdi Setan.

Nah, kalau Kamu penggemar nonton film horor atau bahkan addicted, Kami merekomendasikan sebuah film hantu berjudul The Others. Pernah tahu? Atau bahkan nggak sama sekali?

The Others merupakan film horor klasik yang diproduksi sekitar 16 tahun silam, tepatnya di tahun 2001. Walaupun kuno, film The Other menyajikan cerita yang terbilang berbobot. Sinematografi-nya juga oke. Yang jelas, nggak kalah dari film-film horor di jaman sekarang. Well, tanpa berbelit-belit lagi, berikut beberapa alasan kenapa Kamu wajib nonton The Others!

1. Nggak Sekedar Menyajikan Unsur Kengerian, Tapi Juga Sisi Cerita Dramatis

Alasan mengapa The Other layak disebut film horor berkualitas, ini dikarenakan alur ceritanya unik. Jadi nggak sekedar menghadirkan kengerian semata. Namun juga mengangkat kisan dramatis.

Film besutan Alejandro Amenabar ini bercerita tentang seorang ibu muda bernama Grace (Nicole Kidman) yang hidup bersama 2 anaknya, Anne (Alakina Mann) dan Nicholas (James Bentley). Keluarga tersebut tinggal di sebuah pulau terpencil di wilayah Jersey. Seluruh penduduk disana telah pergi setelah adanya wabah penyakit. Namun Grace justru terjebak selama bertahun-tahun lamanya. Tentu saja itu membuat dia sedih, terlebih lagi setelah kepergian suaminya untuk berperang yang tak juga kembali.

Di tengah kesunyian hidupnya, Grace memutuskan untuk merekrut 3 orang pelayan, yakni Ny. Bertha Mills (Fionnula Flanagan), Lydia (Elaine Cassidy) dan Edmund Tuttle (Eric Sykes).  Tujuan Grace menyewa pelayan tentu untuk membantu bersih-bersih rumah, memasak dan menjaga anak-anaknya. Namun fakta justru berkata lain. Sejak kehadiran 3 pelayan tersebut kehidupan di rumah Grace malah semakin mencekam. Kejadian-kejadian aneh terus meneror tiada usai.

2. Memiliki Tema Original

Nggak bisa dipungkiri ya, kebanyakan film horor jaman sekarang menampilkan kisah yang terbilang cukup mainstream. Misalnya saja haunting house, psikopat, exorcism (kesurupan) dan tema-tema lain yang mudah ditebak.

Nah, The Others ini berbeda Guys. Dalam film ini Kamu nggak akan menemukan sosok hantu yang berpenampilan menyeramkan ataupun pembunuh berdarah dingin. Tema yang diangkat The Others bisa dikatakan masih original. Unik dan juga menarik. Film ini memberikan ruang kepada penonton untuk bisa memecahkan misteri dengan cara menggabungkan plot satu dengan lainnya.  Dengan demikian penonton nggak akan merasa bosan saat menontonnya. Justru semakin penasaran.

3. Gabungan Efek Visualisasi dan Audio Menciptakan Aura Mencekam

Meskipun film ini digarap tahun 2001, yakni saat dimana teknologi belum terlalu canggih, namun visualisasi dan audionya bisa dikatakan cukup keren. Semuanya dibuat secara alami tanpa CGI ataupun efek lain. Setting cerita mengambil tema klasik yakni pada jaman perang dunia. Kemudian rumah yang dihuni oleh Grace juga tampak sangat kuno, berupa bangunan besar dengan latar luas yang dipenuhi oleh daun-daun berguguran dan kabut putih.

Suasana dalam rumah juga tak kalah mencekam. Anne dan Nicholas yang diceritakan menderita penyakit ‘sensitif terhadap matahari’, membuat Grace harus selalu menutup tirai jendela rumah. Penonton akan disajikan nuansa ruangan yang gelap. Dengan sesekali dihadirkan jumps scare, suara-suara ‘aneh’ dan bayangan  yang berkelebat.

4. Akting Pemain Super Brilliant

Kesuksesan sebuah film tentunya juga bergantung terhadap akting para pemainnya. Semahal apapun budgetnya, tapi kalau akting jelek maka kualitas film juga menurun.

Nah, The Others ini menampilkan para pemain yang tak hanya berwajah rupawan, tapi aktingnya juga brilliant. Sebut saja Grace, Doi berakting dengan cakap menampilkan karakter tegas sebagai single woman yang berjuang keras melindungi anak-anaknya. Kemudian si Anne dan Nicholas, aktingnya juga keren menampilkan kepolosan yang natural. Serta ketiga pelayan yang kerap bersikap misterius tentunya akan membuat penonton menebak-nebak “siapakah mereka?”  Intinya keseluruhan akting pemain top banget!

 5. Twist Ending Benar-Benar Keren

Salah satu faktor yang membuat film ini jadi sangat menarik adanya twist ending yang unpredictable banget! Bisa dikatakan sebagai shock ending juga. Yang jelas Kamu akan dibuat geleng-geleng kepala dengan akhir cerita film ini.

6. Sukses Menyabet Banyak Penghargaan

Dengan adanya faktor-faktor diatas, maka jangan heran jika The Others sukses mengantongi banyak penghargaan dan berbagai nominasi film. Diantaranya yakni nominasi aktris terbaik untuk penghargaan Golden Globe dan BAFTA, serta Permainan Latar Asli Terbaik di nominasi BAFTA. Selain itu, film ini juga memperoleh penghargaan Saturn dengan kategori Aktris Terbaik, Aktris Pendukung Terbaik dan Film Horor Terbaik.

Tak cukup sampai disana, The Others juga menjadi film Inggris pertama yang sukses menyabet 8 Penghargaan Goya (Penghargaan Film Nasional Spanyol). Diantaranya sebagai Film Horor Terbaik, Sutradara Terbaik, dan sebagainya.

Nah, itulah beberapa alasan kenapa Kamu wajib banget nonton The Others. Gimana, udah mulai penasaran, kan? Yawadah buruan nonton gih, dijamin gak nyesel kok! Happy Watching Guys.

About Bas