Thursday , October 22 2020

Aktivitas Seru di Pantai Nglambor Gunungkidul Yogyakarta

Bagi Anda yang tertarik melakukan aktivitas seru bawah air ini langsung saja datang ke Pantai Nglambor, Gunungkidul, Yogyakarta. Salah satu kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta tersebut seolah olah memang tidak pernah berhenti menyuguhkan objek wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Pada awalnya pantai Nglambor mungkin benar tidak sepopuler sekarang. Namun, siapa sangka salah satu keindahan yang tersembunyi di Gunungkidul tersebut berkembang dan menjadi primadona baru yang menyedot perhatian banyak wisatawan. Tidak hanya wisatawan lokal akan tetapi juga wisatawan mancanegara tertarik untuk merasakan sendiri keseruan snorkeling di pantai Nglambor.

Pantai Nglambor berlokasi di desa Purwodadi, Tepus, Gunungkidul, Yogyakarta. Akhir-akhir ini pantai Nglambor tengah naik daun karena adanya tawaran snorkeling guna melihat keindahan biota lautnya. Untuk dapat menikmati indahnya panorama bawah laut dengan snorkeling Anda tidak harus merogoh kocek dalam-dalam. Cukup dengan tarif 35.000 ibu rupiah Anda bisa menyewa alat snorkeling berupa masker, snorkel, dan juga sepatu karet.

Namun, sekarang juga ada paket lengkap yaitu sewa alat snorkeling plus foto yang dibanderol dengan harga tidak kalah murah yakni 50.000 ribu rupiah saja. Dengan memilih paket plus foto tersebut Anda bisa mengabadikan momen seru snorkeling di pantai Nglambor tanpa perlu membawa kamera sendiri. Pada waktu mendaftar biasanya petugas akan menanyakan alamat email, LINE, ataupun whatsapp yang aktif untuk mengirimkan foto. Tanpa menunggu lama foto snorkeling Anda langsung kirim pada malam hari sesudah liburan Anda. Anda bebas memilih. Bila memang mempunyai alat snorkeling sendiri tidak ada salahnya dibawa saat liburan ke pantai Nglambor.

Kura-Kura Raksasa

Bila diamati tepat di depan teluk ada 2 pulau karang yang bentuknya mirip 2 ekor kura-kura raksasa. Keberadaan pulau karang kura-kura tersebut pun menambah eloknya panorama pantai Nglambor. Tidak sedikit wisatawan berfoto dengan latar belakang 2 kura-kura raksasa tersebut. Adapun ternyata kedua karang tersebut juga berfungsi untuk menahan ombak pantai. Karenanya perairan di tepi pantai cukup dangkal dan cenderung tenang.

Meski terbilang cukup dangkal, terumbu karang didapati tumbuh baik dan indah karena terbebas dari terpaan ombak. Air laut pantai Nglambor pun jernih, sehingga para wisatawan dapat melihat karang, ikan, rumput laut, dan biota laut lainnya secara leluasa.

Fasilitas snorkeling yang disediakan memanjakan para wisatawan yang ingin menyaksikan sendiri indahnya akuarium raksasa di Gunungkidul tersebut. Tidak perlu takut pastinya. Karena cukup dangkal dan ombak yang tidak terlalu kencang, para wisatawan tidak perlu khawatir tergulung ombak pantai yang besar. Terlebih ada jasa pemandu yang senantiasa menemani wisatawan turun ke laut. Pemandu akan mengajak wisatawan snorkeling di titik-titik tertentu yang banyak dihuni ikan hias cantik. Agar wisatawan tidak takut, biasanya para pemandu akan mengingatkan wisatawan untuk relax.

Akses ke Pantai Nglambor

Pantai Nglambor diapit oleh pantai Siung dan Pantai Jogan. Karenanya salah satu magnet Gunungkidul ini, pantai Nglambor mudah diakses. Untuk dapat sampai di pantai yang berjarak 70 km dari kota Yogyakarta tersebut Anda bisa mengikuti petunjuk jalan menuju pantai Siung. Setelah memasuki pos kontribusi pantai Siung Anda akan menemukan pertigaan. Ambil jalan ke kanan mengikuti pertigaan dengan jalur makadam. Tidak perlu takut nyasar karena sudah banyak petunjuk jalan bertuliskan arah ke pantai Nglambor.

About Bas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *