Sunday , October 25 2020

Ajaib! Ini Dia 11 Manfaat Cuka Apel Untuk Kecantikan

Siapa sangka kalau cuka apel ternyata memiliki beragam khasiat, entah itu bagi kesehatan, kecantikan, maupun rumah tangga. Nah pada ulasan kali ini kita akan sama-sama menyimak apa saja manfaat cuka apel untuk kecantikan itu.

1.Menghilangkan ketombe

Asam yang terdapat dalam cuka apel mampu melawan jamur penyebab ketombe yang tumbuh di kulit kepala. Cara menggunakannya cukup dengan mencampurkan cuka apel dan air (gunakan perbandingan sama), lalu semprotkan ke rambut bersih. Diamkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air.

2.Toner alami pencegah jerawat

Tak hanya mampu membersihkan kotoran di wajah secara alami, cuka apel juga dapat mengatur ulang pH sehingga membuat kulit tampak lebih sehat. Memang sih aromanya nggak banget saat diaplikasikan, tapi kalau wajah bisa bersih dan bebas jerawat karenanya, mengapa tidak?!

Namun sebelum mengoleskan cuka apel ke wajah, lakukan tes mini lebih dulu. Oleskan sedikit cuka apel ke rahang atau belakang telinga, dan tunggu apakah muncul reaksi panas atau perih. Jika ya, maka besar kemungkinan kulit kamu nggak cocok pakai bahan alami ini.

Tapi kalau cocok, maka pertama-tama campurkan 25% cuka apel dengan 75% air ke dalam botol. Nanti setelah kulit sudah bisa menyesuaikan diri dengan toner cuka apel, kamu boleh meningkatkan konsentrasi cuka apelnya: 50-50, 75-25, hingga 100% cuka apel full.

3.Mengikis sel kulit mati

Hebatnya, kandungan asam laktat dan malat dalam cuka apel dapat melunakkan sekaligus mengikis sel kulit mati.

4.Deodoran alami

Tak ingin menggunakan deodoran berbahan kimia?! Gampang, oleskan saja campuran cuka apel dan air ke ketiak. Dijamin bau badan akibat bakteri hilang seketika! Khawatir soal bau cukanya?! Tenang, itu akan pudar dengan sendirinya dalam hitungan menit kok.

5.Pemutih gigi dan penyegar mulut alami

Campurkan 1 sdt cuka apel dengan secangkir air, lalu gunakan itu untuk obat kumur. Untuk noda gigi yang sulit dihilangkan, gosokkan cuka apel ke gigi kemudian bilas dengan air. Tapi, jangan gunakan cara ini terlalu sering juga karena asam dalam cuka apel dapat merusak email gigi.

6.Membuat rambut bersih berkilau

Siapa sih yang tak ingin punya rambut bersih nan indah berkilau?! Semua orang pasti mau. Cara mewujudkannyapun mudah tinggal gunakan campuran 2 sdm cuka apel ke dalam secangkir air, kemudian gunakan untuk membilas rambut usai keramas.

7. Mengunci warna rambut yang baru dicat/ semir

Kombinasi cuka apel dan air yang digunakan untuk membilas rambut usai pengecatan juga mampu mengunci warnanya sehingga lebih tahan lama.

8. Mempertahankan hasil manicure

Mengoleskan cuka apel ke kuku sebelum pengecatan dimulai dapat membuat hasil kuteks/ cat kuku lebih awet. Alasannya karena cuka apel mampu mengurangi minyak berlebih di kuku sehingga kuteks bisa menempel lebih sempurna.

9.Membuat kulit tampak sehat, cantik, dan halus

Jika ingin kulit tampak sehat, cantik, serta halus, jangan segan tambahkan 1-2 cangkir cuka apel ke dalam bathtub 1-2 kali seminggu. Kamu juga bisa menambahkan beberapa tetes minyak esensial favorit agar momen mandi lebih relaxing.

10.Pembersih makeup alami

Ketika dikombinasikan dengan minyak kelapa, cuka apel ternyata efektif menghilangkan makeup. Tak hanya membersihkan pori-pori kulit, cuka apel juga dapat menutrisi kulit berkat kandungan probiotiknya.

11.Mencegah kebotakan

Minum rutin larutan cuka apel dan menggunakan sampo yang mengandung bahan ini juga bisa mencegah kebotakan. Penyebabnya karena cuka apel ampuh mencegah timbunan residu di kulit kepala sekaligus meningkatkan sirkulasi darah ke folikel rambut.

Nah sekarang, kamu sudah tahu kan apa saja manfaat ajaib cuka apel bagi kecantikan?! So, buruan pakai! Semoga cocok ya!

About megsaroh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *