Tuesday , October 20 2020

Agar Lebih Pede, Terapkan 5 Trik Ini Untuk Melawan Perasaan Insecure

Insecure merupakan sebuah kondisi dimana seseorang kerap merasa dirinya rendah atau tidak percaya diri. Tentunya hal semacam ini tidaklah baik. Apabila perasaan insecure dibiarkan saja, maka efeknya bisa membuat si penderita mengalami ketakutan berlebihan, yang mana akan berdampak negatif terhadap perilaku di masyarakat.

Nah, buat Kamu nih yang sering merasa tidak aman atau suka minder, segera lawan deh perasaanmu tersebut! Rasa insecure bisa merusak karakter diri dan membuatmu jadi orang yang gagal.

So, berikut ini beberapa tips melawan perasaan insecure yang bisa Kamu praktekan!

1. Percayalah Bahwa Dirimu Bernilai

Setiap manusia diciptakan dengan kelebihan dan kekurangan. No body perfect! Enggak ada manusia yang sempurna di dunia ini. Termasuk Kamu ataupun teman-temanmu. Kalian semua sama! Oleh karenanya, Kamu enggak perlu merasa rendah diri. Yakinlah bahwa dirimu itu bernilai.

Kamu hanya perlu menggali kemampuanmu lebih dalam. Tak perlu iri! Mungkin temanmu jago memasak, sedangkan Kamu jago berbisnis. Well, semua sudah ada bagiannya masing-masing. Jadi fokuslah dengan dirimu sendiri daripada sibuk memikirkan pendapat orang lain.

2. Belajar Mencintai Diri, Sebelum Mencintai Orang Lain

Selain mengasah kemampuan, untuk menghilangkan perasaan insecure Kamu juga wajib belajar mencitai diri sendiri.

Bagaimana caranya? Ya dengan melakukan tindakan-tindakan positif terhadap diri sendiri. Seperti, mengenakan pakaian yang bagus (bukan berarti mahal, loh!), tidak terlalu merendah dihadapan orang lain, tidak menjelek-jelekan diri sendiri, serta sempatkan waktu untuk melakukan perawatan wajah dan tubuh. Intinya hargailah dirimu!

Sekarang coba pikirkan, bagaimana orang lain bisa mencintaimu jika Kamu saja tidak mencintai dirimu sendiri? So from now, just love yourself first!

3. Be Your Self! Tak Perlu Menciptakan Image Baru

Salah satu ciri orang yang bersifat insecure, biasanya muncul prasaan takut di dalam hatinya, yakni takut tidak diterima oleh masyarakat, takut mengalami penolakan dan takut diabaikan. Perasaan-perasaan semacam itu kerap membuat seseorang merubah jati dirinya hanya agar diterima. Padahal, hal ini enggak perlu dilakukan loh!

Cara terbaik untuk melawan insecure yakni dengan menerima diri apa adanya. Kamu tak perlu menciptakan image baru atau berubah seperti orang lain hanya agar diterima oleh lingkunganmu. Cukup jadi diri sendiri aja, Guys! Tunjukkan pada dunia bahwa inilah Kamu. Tak perlu menggunakan topeng. Selama perbuatanmu baik dan tidak menyimpang aturan, tak perlu merasa minder.

4. Hapus Kenangan Kelam di Masa Lalu, Prioritaskan Hidupmu Untuk Masa Depan

Salah satu penyebab seseorang sering merasa insecure yakni karena adanya kenangan kelam di masa lalu. Dan jika Kamu juga mengalami hal itu, entah Kamu pernah menjadi korban bullying atau hubungan rumah tanggamu berakhir pada perpisahan. Well, apapun itu cobalah melupakan semuanya! Jangan menyimpan masa lalu terlalu rapat. Lebih baik Kamu move-on dan fokus di masa depan.

Terlalu sering menatap ke belakang tak akan membuatmu maju. Sebaliknya justru bikin Kamu terjebak dalam perasaan takut.

5. Pahami, Tidak Semua Orang itu Buruk

Memang di dunia ini akan selalu ada yang namanya haters. Dimanapun Kamu berada, pasti Kamu bakal menemui beberapa orang yang nggak suka dengamu. Its normal! Kondisi itu sangat wajar loh, Guys! Namanya juga manusia, pastilah ada yang baik dan buruk.

Yang perlu Kamu pahami, jangan menyamaratakan sifat seseorang. Enggak semua pria itu playboy dan enggak semua perempuan itu doyan berghibah. Masih banyak orang baik di dunia ini. Jangan terlalu berpikiran negatif. Daripada Kamu menghabiskan waktu untuk memikirkan haters, lebih baik fokus saja dengan orang-orang yang menyayangimu.

Kesimpulannya, untuk menghilangkan rasa insecure, cobalah untuk terus bersyukur dan berhentilah membandingkan hidupmu dengan orang lain.

feature image: vergecampus.com

About Bas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *