Thursday , October 22 2020

9 Trik Agar Serangga Menjauh Dari Rumah Selamanya

Metode paling praktis untuk menjauhkan serangga dari rumah adalah dengan menyemprotkan insektisida. Masalahnya, hasil riset menunjukkan bahan kimia ini juga berbahaya bagi kesehatan manusia.

Ini artinya, kita harus menggunakan teknik mengusir serangga yang lebih alami. Lantas bagaimana caranya?! Simak beberapa triknya berikut, gratis kok!

1.Kecoak

Kecoak biasanya baru ‘mampir’ bila ada makanan dan air. Jadi satu-satunya cara untuk mencegahnya adalah dengan menghilangkan itu semua.

Tapi bila cara tersebut kurang efektif, maka buatlah jebakan. Ambil botol kosong bekas air mineral atau soda, potong bagian atasnya sehingga botol terbelah 2 (atas dan bawah).

Selanjutnya, masukkan bagian atasnya secara terbalik ke dalam bagian bawahnya sehingga bentuknya sekarang mirip ‘corong dalam gelas’.

Segel bagian pinggirnya dengan isolasi, lalu isi air dan letakkan jebakan tersebut di tempat dimana kecoak sering muncul. Begitu masuk ke dalamnya, kecoak umumnya akan sulit untuk keluar lagi.

2.Lalat buah

Tuang ½ cangkir cuka apel ke dalam gelas kaca, masukkan beberapa potong buah matang (atau yang sudah busuk juga boleh) ke dalam gelas. Selanjutnya gulung secarik kertas sehingga membentuk corong, kemudian taruh di atas gelas tadi sebagai jebakan. Pastikan kalau corong menutupi tepi gelasnya.Keesokan harinya buang air cukanya bersama lalat buah yang terkurung di dalamnya.

3.Nyamuk

Minyak esensial citronella dan lemongrass memang terkenal ampuh tangkal nyamuk. Oleh sebab itu, gunakan lilin yang mengandung bahan ini, atau masukkan minyak dalam diffuser untuk menjauhkan nyamuk.

Kamu juga bisa melelehkan minyak kelapa, lalu tambahkan beberapa tetes minyak esensial antinyamuk tadi, campur hingga rata. Tunggu hingga mengeras sebelum mengoleskannya ke kulit. Yang pasti, jangan langsung oleskan minyak esensial citronella atau lemongrass langsung ke kulit.

4.Lalat

Lalat benci lavender. Jadi meneteskan minyak lavender ke spon, kain kecil, lalu meletakkan itu dalam wadah terbuka di sekitar rumah jelas mampu mengusir lalat.

Alternatif lain adalah dengan menyemprotkan larutan lavender (terbuat dari air dan 30 tetes minyak lavender) ke kulit. Sama seperti tips sebelumnya, hindari mengoleskan minyak lavender langsung ke kulit tanpa mengencerkannya lebih dulu.

5.Semut

Campur 1 sdt alkohol, 1 sdt sabun cuci piring, beserta secangkir air ke dalam botol semprot. Kocok hingga berbusa lalu semprotkan di area yang banyak semutnya. Alkohol di sini mampu usir jauh semut dari rumah.

6.Tawon

Tawon sangat berbahaya dan juga teritorial. Karenanya, memasang sarang tawon palsu sebagai hiasan di sekitar rumah bisa jadi solusi pencegahan pertama.

Sedangkan untuk mengusir sarang tawon sungguhan yang berada dekat rumah, campurkan 2 sdm sabun cuci piring dengan air, lalu masukkan dalam botol semprot. Semprotkan langsung ke sarangnya (gunakan pelindung lebih dulu) karena itu bisa membunuh tawon dalam sekejap.

7.Laba-laba

Tampaknya laba-laba tidak suka dengan aroma tea tree oil. Oleh sebab itu, campurkan ½ cangkir air, ½ cangkir cuka, dan beberapa tetes minyak tea tree ke dalam botol semprot. Gunakan itu untuk menyemprot sudut rumah atau lemari.

8.Tinggi atau kutu kasur

Tambahkan 10 tetes minyak eucalyptus ke dalam secangkir air, aduk rata, lalu tuang dalam botol semprot. Semprot kasur dengannya agar kutu menjauh. Kamu juga bisa mempraktekkan tips ini saat menginap di hotel.

9.Stink bug

Cara termudah dan teraman mengusir serangga bau ini adalah dengan menyemprotkan larutan bawang putih. Campurkan 2 cangkir air dengan 4 sdt bubuk bawang, aduk rata. Selanjutnya, semprot tanaman atau daerah sekitar jendela untuk mencegah serangga masuk ke rumah.

Selamat mencoba!

About Bas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *