Tuesday , October 27 2020

9 Cara Ajaib Basmi Rumput Liar Tanpa Rusak Tanaman Kesayangan

Tak jarang kita menemukan adanya rumput liar yang tumbuh menembus celah atau retakan pekarangan rumah. Rumput liar, jika dibiarkan – tak cuma mengganggu keindahan saja, tapi juga dapat merusak tanaman kesayangan.

Untungnya, cara mengatasinya tak harus menggunakan herbisida. Kamu bisa kok manfaatin beberapa bahan alami berikut ini.

1.Baking soda

Guna mencegah tumbuhnya rumput liar, segera taburi celah atau retakan pekarangan dengan baking soda. Untuk rumput liar yang sudah terlanjur tumbuh, taburkan 1 sdm baking soda di atasnya sehingga menutupi semua bagiannya, termasuk batang dan daunnya.

2.Garam meja

Tak punya baking soda? Tenang, garam mejapun jadi. Cukup tuangkan garam mejanya langsung ke atas rumput liar!
Alternatif lain, didihkan secangkir garam bersama 2 cangkir air, kemudian semprotkan langsung ke rumput liarnya.

3.Koran

Ya ternyata koran bekas juga dapat mengatasi rumput liar. Jadi ketimbang menumpuk tak berguna di rumah, manfaatkan saja itu untuk membasmi rumput liar.

Cara pakainya, basahi dulu beberapa lembar koran lalu tutupi rumput liar dengan itu. Metode ini mampu menghalangi rumput liar dari terpaan cahaya matahari maupun udara. Selain itu, tak ada lagi ruang bertumbuh bagi hama satu ini sehingga lama-lama itu akan mati.

4.Tepung jagung

Tepung jagung tak sekedar efektif mencegah tumbuhnya rumput liar, melainkan juga membasmi yang sudah ada. Cara penggunaannya sama dengan baking soda tadi, tinggal ditaburkan saja.

5.Cuka putih

Semprot bunga atau bagian tengah rumput liar dengan cuka putih atau cuka apel. Hati-hati jangan sampai terkena tanaman lain atau tanah di taman ya. Ulangi bila diperlukan, khususnya setelah turun hujan. Biarkan kandungan asam dalam cuka membuat rumputnya mati layu.

6.Herbisida buatan sendiri

Kebanyakan produk herbisida di pasaran sarat dengan kandungan bahan kimia. Kalau kamu termasuk orang yang anti dengan bahan kimia, maka coba buat sendiri herbisidanya.

Caranya, campurkan cuka putih, garam meja, dan sabun cuci piring (perbandingan sama) ke dalam botol semprot. Langkah selanjutnya, kamu tinggal semprotkan saja larutan itu ke rumput liarnya.

7.Mulch (jerami setengah busuk)

Metode selanjutnya cocok untuk kamu yang malas mencabuti rumput liarnya. Tinggal beli mulch, lalu tutupi lahan di taman menggunakan jerami/ rumput busuk itu. Tak hanya sanggup menutupi serta membunuh rumput liarnya, jerami setengah busuk ini juga efektif menyembunyikannya. Praktis kan?!

8.Vodka

Wah cara satu ini memang agak mahal. Tapi boleh dipraktekkan tuh, khususnya jika kamu baru dapat hadiah sebotol vodka, namun enggan menenggaknya.

Cukup tambahkan 30ml vodka dan beberapa tetes sabun cuci piring ke dalam 2 cangkir air. Semprotkan larutan tersebut ke atas rumput liar. Biarkan kandungan alkohol dalam vodka menghalangi pertumbuhannya. Kalau konsentrasi vodkanya cukup tinggi, langkah ini bahkan bisa langsung membasmi hamanya langsung.

9.Air mendidih

Solusi terakhir ini mungkin yang paling murah di antara semua bahan alami tadi. Ya jika malas membeli bahan alami di atas, gunakan saja air mendidih untuk menyirami rumput liarnya.

Jadi itulah tadi beberapa cara membasmi rumput liar yang bisa kamu coba. Ingat, metode di atas hanya untuk rumput liar di pekarangan saja (yang terkena paparan sinar matahari saja), jadi bukan untuk yang di dalam rumah ya. Selamat mencoba dan semoga berhasil ya kawan!

About Bas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *