Monday , October 19 2020

9 Barang Elektronik yang Paling Boros Listrik

Kamu tentunya sudah menyadari bahwa sekarang ini tarif listrik melonjak sangat tajam. Khususnya bagi pengguna daya 900 VA, harga kenaikan listrik bisa mencapai 2 kali lipat. Wow! Tentunya kondisi ini bikin stres ya! Pasalnya dengan adanya aturan tersebut, mau tak mau pengeluaran rumah tangga pun jadi ikutan meningkat. Nah, lalu apa yang harus dilakukan?

Daripada hanya mengomel nggak jelas, lebih baik Kamu melakukan upaya-upaya penghematan listrik. Salah satu caranya dengan memperhatikan pemakaian alat elektronik di rumahmu. Sebisa mungkin kurangi penggunaan alat elektronik yang boros listrik. Dengan begitu, tagihan PLN bisa diminimalisir.

Sebagai informasi, berikut ini barang-barang eletronik yang paling boros listrik. Lets check it out!

1. Kulkas

Kulkas atau lemari es merupakan salah satu peralatan elektronik yang cukup penting. Fungsinya untuk menjaga kondisi makanan atau minuman agar tidak cepat busuk. Pemakaian kulkas sendiri biasanya 24 jam. Atau dengan kata lain, listriknya nggak boleh dicabut. Sebab bila Anda mencabutnya maka bisa berisiko merusak makanan yang ada di dalamnya.

Nah, karena pemakaiannya yang terus-menerus maka itu kulkas menyedot daya listrik cukup tinggi. Umumnya untuk kulkas 1 pintu sekitar 80 watt, sedangkan kulkas 2 pintu sekitar 120 watt. Angka tersebut tidaklah tentu, sebab besar kecilnya daya bergantung pada spesifikasi kulkas.

2. Mesin Cuci

Peralatan elektronik yang boros listrik berikutnya adalah mesin cuci. Biasanya semakin banyak kapasitas mesin cuci maka dayanya akan semakin besar. Untuk daya listrik mesin cuci tipe top loading sekitar 250-300 watt.

Sedangkan mesin cuci front loading sekitar 300 watt. Namun bila Kamu menggunakan fitur water heater (air panas) untuk mencuci maka listriknya bisa melonjak tajam mencapai 2250 watt.

3. Rice Cooker

Di zaman sekarang ini, rasanya udah jarang banget orang masak nasi menggunakan kompor. Mayoritas masyarakat cenderung memilih menggunakan rice cooker karena memang lebih praktis dan bisa menjaga nasi tetap hangat.

Tapi tahukah Kamu, bahwa ternyata memasak nasi dengan rice cooker itu menghabiskan daya listrik cukup besar, loh! Terutama saat Kamu proses ‘cooking’, dayanya bisa mencapai 350-390 watt. Sedangkan ketika ‘warm (menghangatkan)’ dayanya sekitar 50-70 watt.

4. Pompa Air Listrik

Walaupun sekarang ini sudah banyak orang yang beralih ke PDAM, tapi tak sedikit pula yang masih menggunakan pompa air (jet pump) di rumahnya. Nah, ternyata pemakaian pompa air tersebut mengkonsumsi daya listrik cukup besar, loh! Maka itu, jika Kamu gunakan pompa air sebaiknya jangan dihidupkan terlalu sering.

Umumnya sih, besarnya daya listrik yang diperlukan pompa bergantung pada kedalaman tanah yang dibor. Untuk kedalaman 7 sampai 14 meter sekitar 120-150 watt. Sedangkan kedalaman 15 sampai 10 meter berkisar 250-380 watt. Lalu kedalaman diatas 20 meter biasanya daya sekitar 500 watt.

5. AC (Air Conditioner)

AC juga menjadi salah satu barang elektronik yang boros listrik. Untuk besarnya daya listriknya bergantung pada jenis PK-AC itu sendiri. Biasanya AC ½ PK memiliki daya sekitar 350 watt, AC 1 PK sekitar 700-800 watt, lalu AC 1,5PK sekitar 1100 watt, dan AC 2 PK sekitar 2000 watt. Sebaiknya perhatikan spesifikasi AC dengan benar sebelum membelinya.

6. Setrika

Benda elektronik berikutnya yang boros listrik adalah setrika. Besarnya daya listrik setrika berkisar 300 watt. Sebagai saran, jika Anda sedang menyetrika sebaiknya jangan berbarengan dengan pemakaian elektronik lain (misalnya mesin cuci atau rice cooker) sebab itu akan menyedot listrik sangat besar.

7. Blender

Blender merupakan barang elektronik yang sering digunakan oleh ibu-ibu rumah tangga. Bukan sekedar untuk membuat jus buah saja. Tapi juga menghaluskan bumbu dapur. Nah, ternyata blender juga cukup boros listrik loh. Untuk sekali pemakain biasanya memakan daya sekitar 250-500 watt. Itu bergantung pada kapasitas dan spesifikasi lainnya.

8. Dispenser

Dispenser adalah alat elektronik yang bisa menyediakan air dingin dan panas secara otomatis, tanpa perlu repot-repot memasak di kompor. Tentunya alat ini cukup digemari oleh masyarakat karena dinilai praktis. Namun konsumsi daya listrik yang dibutuhkan ternyata cukup besar. Umumnya berkisar 250-400 watt bergantung pada spesifikasinya.

9. Microwave

Microwave merupakan barang elektronik yang fungsinya untuk memanggang roti dan menghangatkan makanan. Selain itu, juga bisa digunakan buat memasak mie instan dan bikin popcorn. Hmm, sebenarnya microwave cukup bermanfaat sih. Namun sayangnya benda ini menyedot listrik sangat besar. Yakni berkisar 550-1500 watt untuk sekali pemakaian.

So, itulah beberapa barang elektronik yang paling boros listrik. Semoga info ini bisa bermanfaat dan membantu.

About Bas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *