Wednesday , October 28 2020

8 Tradisi Perayaan Tahun Baru Aneh dan Unik Berbagai Negara di Dunia

Malam tahun baru menjadi malam yang ditunggu-tunggu banyak orang. Biasanya masyarakat di dunia menggelar beragam perayaan untuk menyambut malam pergantian tahun. Bila di Indonesia umum dengan acara konser serta pertunjukan kembang api, namun ada juga yang cukup meniup terompet.

Nah, ternyata perayaan tahun baru tak sebatas pada hal-hal tersebut saja. Di beberapa negara justru ada yang melakukan tradisi aneh dan unik. Mau tau seperti apa? Berikut list lengkapnya!

 

1. Makan 12 Anggur Tengah Malam, Spanyol

Jika Kamu menunggu detik-detik pergantian tahun baru dengan meniup terompet, bikin barbekyu atau nonton konser, masyarakat Spanyol justru makan buah anggur. Gak Cuma sebiji, tapi harus 12 biji dan dikonsumsi di tengah malam. Menurut kepercayaan mereka, tradisi ini bisa membantu mendatangkan keberuntungan untuk tahun depan.

 2. Memecahkan Piring di Rumah Tetangga, Denmark

Masyarakat Denmark juga memiliki tradisi tahun baru yang nggak kalah aneh dari Spanyol, yakni memecahkan piring. Tradisi ini dipercaya dapat mendatangkan keberuntungan dan kehidupan lebih baik untuk setahun kedepannya.

Jadi sebelumnya, mereka harus menyimpan beberapa piring selama setahun dan tidak boleh digunakan. Ketika akhir bulan Desember, tepatnya di malam tahun baru, mereka harus mengeluarkan piring tersebut. Lalu memecahkannya dengan melemparkan pada pintu tentangga. Semakin banyak piring yang dipecahkan maka keberuntungan semakin besar.

 3. Mengenakan Pakaian Dalam Berwarna, Amerika Selatan

Di beberapa negara di kawasan Amerika Selatan, seperti Brazil, Bolivia dan Meksiko memiliki kepercayaan bahwa warna pakaian dalam yang dikenakan saat malam tahun baru bakal menentukan nasi di setahun kedepan. Pakaian dalam berwarna putih menandakan kedamaian, warna merah berarti akan ada cinta yang muncul, warna kuning pertanda kemakmuran, sedangkan warna emas mendefiniskan bahwa kekayaan semakin bertambah.

4. Berbicara dengan Roh, Meksiko

Bukannya bersenang-senang, penduduk meksiko justru memiliki tradisi yang sedikit mistis untuk menyambut malam tahun baru. Biasanya mereka bermain permainan pemanggil roh (semacam jelangkung atau ouija) atau berkunjung ke peramal untuk memperoleh petunjuk tentang nasib mereka di tahun depan.

Jadi kalau Kamu berkunjung ke Meksiko saat malam tahun baru, jangan heran jika melihat stand-stand peramal di sepanjang jalanan.

5. Membunyikan Lonceng Hingga 108 Kali, Jepang

Sebagai masyarakat yang masih memegang teguh keyakinan Buddhis, orang-orang di Jepang biasanya memiliki tradisi membunyikan lonceng di kuil pada malam tahun baru. Uniknya, lonceng yang dibunyikan tidak cukup hanya sekali. Melainkan harus 108 kali. Wah, kebanyang capeknya ya? Katanya sih tradisi ini bisa membuang keburukan dan membawa keberuntungan untuk kehidupan selanjutnya.

6. Membakar Orang-Orangan Sawah dari Kertas, Equador

Negara yang terletak di Amerika Latin ini juga punya kebiasaan unik saat malam tahun baru. Yakni membakar orang-orangan sawah yang terbuat dari kertas koran. Proses bakar-bakaran ini harus dilakukan tepat pukul 12 malam. Tradisi ini dianggap bisa membuang nasib sial dan mendatangkan kebahagiaan untuk setahun kedepan.

7. Menjatuhkan Es Krim, Swiss

Jika umumnya orang menggelar makan besar di tahun baru, masyarakat Swiss justru sebaliknya. Mereka sengaja membeli atau membuat es krim bukan untuk dimakan, tapi untuk dijatuhkan ke lantai. Terdengar aneh ya? Tapi katanya tradisi itu bisa menghadirkan kesejahteraan di kehidupan berikutnya. Entalah.

 8. Segalanya Harus Bulat, Filiphina

Masyarakat Filiphina punya kebiasaan unik yang dilakukan pada malam tahun baru, yakni menyiapkan segala hal yang berbentuk bulat. Mulai dari makanan yang disiapkan harus bulat, pakaian juga bermodel bulat, benda-benda yang digunain pun juga sebaiknya bulat. Ini dikarenakan penduduk disana percaya bahwa simbol bulat adalah pembawa kemakmuran dan kekayaan.

Wah, ternyata unik juga ya perayaan-perayaan tahun baru di beberapa negara di dunia. Menurutmu mana nih tradisi yang paling aneh?