Usaha cuci motor merupakan salah satu bisnis sampingan bermodal kecil tapi memiliki prospek menjanjikan. Bagaimana tidak, pengguna motor di jaman sekarang jumlahnya sangat banyak. Dari masyarakat pedesaan hingga perkotaan hampir semua punya kendaraan beroda dua tersebut.

Salah satu alasan mengapa motor sangat disukai karena transportasi ini harganya nggak terlalu mahal. Kemudian motor juga bersifat fleksibel. Dalam artian bisa nyelip-nyelip saat jalanan macet. Namun begitu, terkadang motor mudah banget kotor disebabkan tanah becek serta debu yang berterbangan.

Nah, kondisi demikianlah yang membuat peluang usaha cuci motor terbilang menguntungkan. Sebab gak semua orang sanggup mencuci motornya sendiri. Biasanya sih, masyarakat kota yang cenderung sibuk lebih memilih jasa cuci motor.

Bagi Anda yang berniat membuka usaha cuci motor, berikut tips-tips yang harus diperhatikan!

1. Siapkan Modal Untuk Membeli Perlengkapan

Tips pertama untuk membuka usaha cuci motor sudah pasti mempersiapkan modal. Paling tidak Anda harus menyediakan budget minimal sekitar Rp.5 jutaan. Nantinya gunakan uang tersebut untuk membeli segala macam perlengkapan, seperti kompresor angin, mesin jet cleaner, shampoo motor, mesin salju, sprayer, selang, dan sebagainya.

Untuk memudahkan dalam proses pembelian, sebaiknya pilih produk yang dijual per paket. Biasanya sih harganya lebih murah yakni sekitar Rp 400 ribuan. Kalaupun ada alat yang kurang, nantinya Anda bisa nambah-nambah sedikit. Dengan begitu persiapan jadi lebih mudah.

2. Pelajari Teknik Cuci Motor

Walaupun mencuci motor terlihat sangat gampang, namun Anda tetap harus mempelajari teknik-tekniknya. Tujuannya agar Anda bisa menjadi pekerja yang profesional serta mampu memuaskan pelanggan. Jangan sampai, saat mencuci Anda membuat motor jadi lecet atau malah masuk ke mesinnya.

Anda bisa belajar dari orang-orang yang sudah berpengalaman, membaca buku, atau menonton tutorial dari youtube.

 3. Lokasi Strategis

Tips selanjutnya agar bisnis cuci motor bisa menarik banyak pelanggan adalah memilih lokasi usaha yang strategis. Sebaiknya sewa tempat di wilayah ramai, seperti di pinggir jalan raya, dekat perkantoran, taman kota atau lainnya. Kemudian, akan semakin baik jika di wilayah tersebut sedikit kompetitor. Dengan begitu pesaing bisnis Anda juga semakin sedikit.

4. Pemasaran Secara Optimal

Ada banyak metode pemasaran yang bisa Anda lakukan untuk mempromosikan bisnis cuci motor. Pertama, Anda bisa membagi-bagikan brosur, memasang banner, serta dari mulut ke mulut. Selain itu, promosikan juga bisnis Anda lewat media online seperti instagram, whatsapp, LINE, facebook dan sebagainya.

5. Pasang Harga Wajar, Namun Bersaing

Untuk menetapkan harga, sebaiknya jangan memasang nominal yang terlalu tinggi. Pasang saja harga wajar namun tetap bersaing. Anda bisa melakukan survey di kawasan tersebut. Biasanya sih tarif cuci motor rata-rata Rp 8.000 sampai Rp 12.000’an bergantung lokasi dan fasilitas.

6. Buatlah Promo

Untuk awal pembukaan, Anda dapat menawarkan hadiah kepada pelanggan seperti buku note, minuman ringan atau diskon. Anda juga bisa membuat daftar keanggotaan dan menawarkan harga khusus untuk membernya. Misal gratis 1x cuci untuk 3x pencucian.

7. Atur Administrasi Secara Baik

Hal lain yang tak boleh dilupakan adalah pengaturan administrasi. Tentunya Anda harus menyediakan alat-alat kantor seperti laptop, buku catatan, buku invoice, pulpen, kalkulator dan sebagainya.

Buatlah pembukuan untuk mencatat setiap transaksi yang terjadi secara rinci, mulai dari pendapatan perhari, pengeluaran bulanan, serta gaji pegawai (jika ada).

8. Berikan Pelayanan dan Fasilitas Terbaik

Sebuah usaha yang bergerak dalam bidang jasa tentunya harus memberikan pelayanan terbaik. Buatlah desain ruangan yang nyaman untuk tempat tunggu, sediakan hiburan berupa koran, televisi atau akses internet gratis. Dan yang terpenting, usahakan beri service yang cepat serta jangan lupa untuk selalu bersikap ramah terhadap setiap pelanggan.

Perkiraan Keuntungan Dari Usaha Cuci Motor

Keuntungan yang didapat dari usaha cuci motor terbilang standar. Enggak terlalu besar ataupun kecil. Maka itu, bisnis ini lebih cocok dijadikan usaha sampingan.

Berikut perkiraan keuntungan dari usaha cuci motor:

  • Untuk biaya awal pembukaan, Anda membutuhkan modal sekitar Rp 5 jutaan.
  • Kemudian Anda juga harus mengeluarkan biaya bulanan, diantaranya untuk gaji pegawai, listrik, Shampoo mobil, Sabun colek, mesin salju, dan sebagainya. Kira-kira totalnya mencapai Rp 3 juta-Rp 4 jutaan.
  • Sedangkan tarif cuci motor diasumsikan Rp 10.000. Bila sehari Anda dapat 20 pelanggan, maka sehari dapat uang Rp 200.000. Dalam sebulan mencapai Rp.6.000.000.
  • Pendapatan sebulan – pengeluaran bulanan = 6.000.000-3.000.000 = Rp 3000.0000.

Jadi dengan demikian, keuntungan bersih sekitar Rp 3.000.000.

Demikianlah beberapa tips membuka usaha cuci motor untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Semoga bermanfaat.