Bisnis toko online merupakan salah satu usaha yang cukup banyak diminati saat ini. Mulai dari pelajar, mahasiswa hingga ibu rumah tangga. Semua berbondong-bondong mencoba keberuntungan dengan membuka toko online. Baik itu yang berkaitan dengan clothing, kuliner, makeup ataupun lainnya.

Sebenarnya hal itu cukup wajar sih, mengingat gaya hidup generasi milenial sekarang yang sangat mengandalkan gadget. Mereka menggunakan ponsel bukan sekedar untuk berkomunikasi saja. Tapi juga untuk nge-game, baca berita, sampai berbelanja. Jadi nggak heran jika bisnis toko online cenderung laris-manis.

Namun demikian, membuka usaha toko online juga nggak semudah membalikkan telapak tangan. Tentunya Anda perlu taktik dan jiwa sabar. Nah, berikut ini beberapa tips untuk memperoleh penghasilan dari bisnis online untuk pemula:

1. Survey Pasar: Menentukan Produk yang Akan Dijual

Untuk memulai bisnis toko online, pertama Anda harus menentukan produk yang akan dijual. Caranya dengan melakukan survey pasar. Lakukan penelitian secara online untuk mencari produk apa yang paling diminati masyarakat.

Anda bisa mensurvey kolom pencarian produk populer di situs-situs marketplace seperti Lazada, Tokopedia, Shoppe, Blibli, ataupun olshop instagram. Usahakan juga untuk menjual produk yang nggak terlalu pasaran. Sehingga daya saingnya pun berkurang.

 2. Pilih Media untuk Membuka Toko Online

Langkah kedua, tentukan dimana Anda akan berjualan. Pilih media yang bakal digunakan untuk membuka toko online. Enggak harus satu media aja kok! Anda bisa berjualan di beberapa media. Sehingga peluang mendapatkan customer juga semakin tinggi.

Salah satu media yang cukup banyak peminatnya yakni instragam dan facebook. Anda juga dapat mempromosikan produk di situs marketplace seperti Shoope, Tokopedia atau Lazada.

3. Carilah Supplier Terpercaya

Salah satu poin penting yang berpengaruh terhadap kesuksesan bisnis online adalah supplier atau agen. Apabila Anda bisa mendapatkan supplier yang terpercaya, ramah dan produk-produknya juga berkualitas, maka usaha Anda juga bakalan lancar. Sebaliknya jika supplier Anda buruk maka bisnis bakal berantakan.

Maka itu, usahakan mencari info terlebih dahulu sebelum memutuskan bergabung dengan suatu supplier. Dengan demikian Anda tidak akan tertipu. Oiya, aturan ini juga berlaku bagi Anda yang menjalani bisnis toko online dengan sistem reseller ataupun dropship.

4. Tentukan Metode Pengiriman

Poin yang satu ini juga nggak boleh dilupakan. Saat Anda membuka toko online, maka Anda perlu memikirkan metode pengirimannya. Apakah Anda akan menggunakan jasa ekspedisi dari JNE, Tiki, Pos Indonesia, Wahana Logistik atau lainnya.

Anda perlu melakukan perbandingan dari seluruh agen pengiriman populer di Indonesia. Carilah agen yang menawarkan harga terjangkau, pengiriman cepat, pelayanan bagus. Yang terpenting berkualitas. Dengan demikian, nantinya paket bisa dikirimkan ke customer dengan aman.

5. Tentukan Harga

Penentuan harga produk untuk toko online juga perlu diperhatikan. Sebaiknya Anda tidak membandrol harga terlalu tinggi, mengingat saingan pebisnis online sangat ketat. Selain itu juga jangan terlalu murah karena Anda enggak akan dapat keuntungan apapun. Usahakan mengambil laba yang masuk akal. Dan akan lebih baik jika Anda mempelajari manajemen pemasaran terlebih dahulu.

6. Unggah Foto yang Berkualitas

Laris atau enggaknya toko online sangat dipengaruhi oleh foto-foto yang dipublikasikan di sosial media. Apabila kualitas fotonya jelek maka orang jadi malas membelinya sebab mengira produk tersebut jelek, walaupun sebenarnya bagus.

Sebaliknya apabila foto produk yang diunggah berkualitas tinggi, maka orang juga akan tertarik. Yang terpenting jangan sampai Anda mencuri foto! Gunakan real pict dan jangan terlalu banyak filter.

7. Tuliskan Deskripsi Produk Secara Jelas

Dalam menjual produk online, Anda perlu menuliskan deskripsi secara jelas. Mulai dari ukuran, metode pembayaran, harga, warna, bahan dan sebagainya tuliskan dengan rinci. Dengan demikian, customer akan lebih mudah memahami produk Anda tanpa harus bertanya terus-menerus.

8. Unggah Testimoni dari Customer

Agar lebih meyakinkan lagi, Anda perlu mengunggah testimoni dari para customer yang telah berbelanja di olshop Anda. Hal ini menunjukkan bahwa toko Anda terpercaya dan termasuk toko yang laris. Anda bisa mengupload testimoni tersebut di lapak olshop Anda atau membuat akun khusus testimoni.

Jadi itulah beberapa tips membuka bisnis toko online untuk pemula, semoga bermanfaat.