Thursday , October 22 2020

8 Tips Ampuh Meredakan Nyeri Haid Tanpa Obat-Obatan

Sebagian besar wanita ada yang mengalami nyeri ketika menjelang haid. Rasa nyeri ini bisa jadi tak terlalu menyakitkan. Namun ada pula yang mengalami nyeri berlebihan hingga menjalar ke punggung dan membuat tubuh terasa lemas. Biasanya nyeri ini berlangsung 2-3 hari, dari pra-haid (PMS) sampai saat haid berlangsung.

Dalam dunia kedokteran, nyeri haid dikenal sebagai dismenorea. Kondisi ini terjadi dikarenakan otot pada dinding rahim berkontraksi menekan pembuluh darah dan membuatnya sempit. Sehingga akibatnya suplai oksigen yang menuju rahim pun berkurang. Inilah kemudian yang menyebabkan munculnya kram perut.

Untuk mengatasi nyeri haid biasanya orang mengkonsumsi obat antinyeri, sebut saja parasetamol. Namun pengonsumsian obat-obatan berlebihan dapat menimbulkan efek samping. Terlebih lagi jika dikonsumsi dalam jangka panjang. Maka itu kamu harus mengerti cara mengatasi nyeri haid sendiri tanpa perlu obat.

 

Nah, berikut ini beberapa tips ampuh meredakan nyeri haid tanpa obat-obatan:

 

1. Kompres Perut dengan Air Hangat

Metode paling mudah untuk meringankan nyeri haid adalah mengkompres perut dengan air hangat.  Metode ini dapat membuat otot-otot perut menjadi lebih rileks. Selain itu juga memperlancar sirkulasi darah sehingga rasa nyeri dapat berkurang.

Untuk cara pengaplikasiannya, pertama siapkan air hangat dalam baskom. Lalu rendam handuk ke dalam air hangat tersebut, kemudian kompreskan handuk pada perut sembari dipijat-pijat. Ulangi berulang kali hingga sakitnya berkurang.

2. Minum Air Hangat

Selain mengkompres perut, coba juga mengonsumsi air hangat. Misalnya saja air putih hangat atau teh hangat. Ini akan membantu mengurangi rasa nyeri dan tubuh juga terasa hangat.

3. Rebahan di Tempat Tidur

Ketika nyeri haid datang melanda, sebaiknya hindari beraktivitas yang memberatkan. Akan lebih baik jika kamu beristirahat, rebahan di tempat tidur. Ambil nafas perlahan lalu hembuskan. Lakukan berulang kali agar gejala nyeri mereda.

 4. Memijat Perut

Apabila kamu merasakan nyeri haid berlebihan, kamu bisa mencoba melakukan pemijatan ringan di perut. Pijatan baiknya dilakukan secara perlahan. Jangan terlalu keras. Lakukan gerakan memutar pada perut dengan tangan. Kamu juga bisa menggunakan minyak agar proses pemijatan lebih mudah.

5. Olahraga

Nyeri saat PMS bukan alasan untuk bermalas-malasan. Kamu boleh saja beristirahat. Tapi jangan  berlebihan juga. Justru dengan berolahraga maka rasa nyeri bisa berkurang. Kamu dapat melakukan olahraga ringan, seperti yoga, berjalan, bersepeda, berenang dan sebagainya.

6. Meningkatkan Asupan Makanan Bergizi

Mengurangi rasa nyeri juga bisa dilakukan dengan meningkatkan asupan makanan bergizi. Misalnya saja buah-buahan, ikan, sayuran dan makanan lain kaya nutrisi. Menurut studi, terdapat beberapa sumber nutrisi yang bisa meredakan nyeri haid. Diantaranya:

  • Protein nabati: tempe, tahu, kacang almond, bayam, brokoli, kentang.
  • Asam lemak omega 3: ikan salmon, sarden, biji-bijian, telur, susu.
  • Vitamin B1: gandum, ikan tuna, sereal, daging sapi.
  • Vitamin B6: bayam, biji bunga matahari, pisang, alpukat, kacang-kacangan.
  • Vitamin E: telur, daging ayam, alpukat, kacang tanah.
  • Magnesium: susu, tomat, ikan, alpukat, labu.
  • Kalsium: susu, sarden, telur, brokoli.

 

7. Hindari Konsumsi Kafein

Apabila kamu sedang mengalami nyeri haid sebaiknya hindari konsumsi minuman yang mengandung kafein, misalnya kopi, teh atau coklat. Menurut studi mengkonsumsi kopi bisa memicu penyempitan pembuluh darah, sehingga efeknya nyeri haid akan semakin terasa sakit.

Bagi orang yang tidak sedang haid boleh saja mengkonsumsi kafein dengan batasan 2-3 gelas perhari. Tapi berlebihan dalam konsumsi kafein bisa memicu insomnia.

8. Hindari Alkohol dan Rokok

Agar nyeri tidak semakin parah maka hindarilah konsumsi alkohol ataupun rokok. Kedua hal tersebut adalah “racun” bagi tubuh yang akan memberikan dampak negatif untuk pengonsumsian jangka panjang.

Demikianlah tips ampuh meredakan nyeri haid tanpa obat-obatan. Apabila cara-cara diatas tidak memberikan hasil apapun maka sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter.

About Bas