Sunday , October 25 2020

8 Teh Ini Ternyata Lebih Efektif Bakar Kalori Ketimbang Nge-gym 1 Jam

Teh merupakan jenis minuman yang paling banyak dikonsumsi setelah air. Secara umum, teh memiliki beragam manfaat kesehatan mulai dari mencegah kerusakan sel darah merah hingga menurunkan risiko penyakit jantung.

Menariknya, beberapa hasil studi membuktikan kalau minuman tersebut juga dapat membantu program diet dan mengurangi lemak perut. Berikut adalah beberapa jenis teh yang digadang-gadang lebih efektif bakar kalori ketimbang nge-gym 1 jam.

1.Green tea

Sudah bukan rahasia lagi kalau green tea mampu membantu menurunkan berat badan. Penyebabnya karena ekstrak green tea sarat muatan katekin, jenis antioksidan alami yang dapat memperbaiki metabolisme dan meningkatkan proses pembakaran lemak, khususnya area perut.

Selain itu, teh hijau juga mengandung substansi bioaktif seperti kafein dan EGCG, yang efeknya sangat dahsyat terhadap metabolisme. Lebih dari itu, substansi dalam green tea mampu meningkatkan kadar hormon yang bertugas membakar lemak dan melepasnya menjadi sumber energi.

2.Black tea

Nutrisi yang terkandung dalam black tea agak berbeda dari green atau white tea. Tapi, black tea kaya antioksidan flavonoid atau polifenol yang efektif membantu penurunan berat badan. Polifenolnya membantu produksi asam lemak rantai pendek, yang terbukti mampu meningkatkan metabolisme.

Manfaat lainnya adalah minum sedikitnya 3 cangkir teh atau kopi setiap hari ampuh kurangi risiko diabetes tipe 2 hingga 42%.

3.Oolong tea

The oolong merupakan teh tradisional China yang sudah dioksidasi sebagian. Berbagai studi menunjukkan oolong tea mengandung polifenol yang beberapa di antaranya, ampuh mencegah perlambatan metabolisme ketika berat badan turun.

Tak hanya itu, oolong tea juga kaya katekin dan kafein, 2 substansi yang bila bekerja sama dapat meningkatkan metabolisme dan proses pembakaran lemak.

4.White tea

Tak cuma meningkatkan kesehatan atau membunuh sel kanker, white tea memuat katekin yang sama dengan green tea. Selain itu, white tea juga ampuh mencegah pembentukan sel lemak baru (adiposit). Nah bila pembentukan adiposit berkurang, otomatis pertambahan berat badan juga berkurang. Lebih dari itu, teh ini juga menstimulasi lipolisis, proses pembakaran lemak di tubuh.

5.Matcha tea

Matcha tea atau teh bubuk juga diambil dari tanaman yang sama seperti green tea. Namun soal urusan menurunkan berat badan, matcha lebih ampuh dari green tea karena diproses dengan cara berbeda. Matcha juga rendah kalori – 1 gramnya saja hanya memuat 3 kalori.

Sama seperti green tea, matcha tea mengandung banyak antioksidan seperti epigalokatekin galat yang membantu detoks tubuh, mendongkrak sistem imun, serta mengurangi radang.

Matcha tea juga bisa mempercepat sistem metabolisme yang sudah rusak. Katekin di dalamnya membantu memperbaiki tingkat metabolisme selama dan sesudah olahraga.

6.Cinnamon tea

Teh kayu manis tak cuma rendah kalori, namun juga membantu mengontrol kadar gula darah. Minum teh kayu manis teratur membuat sistem pencernaan berfungsi maksimal.

Kombinasi bubuk kayu manis dan madu bisa menghentikan timbunan lemak sekaligus mempercepat metabolisme. Sebagian besar manfaat positif teh kayu manis itu berkat substansi Cinnamaldehyde.

Dan dibanding rempah-rempah kaya antioksidan lainnya, kayu manis menduduki peringkat antioksidan terbanyak ke-3. Oleh karenanya, kayu manis efektif mencegah oksidasi lipid dalam makanan.

7.Turmeric tea

Antioksidan utama dalam teh kunyit, yaitu kurkumin, merupakan substansi antiradang yang mampu mengontrol berat badan, mencegah obesitas, serta merawat gangguan metabolisme.

Kurkumin bekerja dengan cara menahan pengiriman sinyal radang ke berbagai sel tubuh termasuk pankreas, lemak, dan otot. Aksi ini otomatis menahan resistensi insulin, gula darah tinggi, serta gangguan metabolisme lain yang terkait dengan obesitas.

Intinya, ketika tubuh tidak sibuk menangkal radang, maka lebih mudah baginya untuk berfokus pada upaya penurunan berat badan.

8.Teh lemon jahe

Teh yang terakhir ini juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, termasuk sistem metabolisme. Teh lemon jahe membuat seseorang berenergi 3 kali lipat dibanding ketika minum kopi dan gula.

Tak hanya kaya antioksidan, vitamin C dari lemon juga baik untuk imun tubuh. Selain itu, jahe memunyai kemampuan menyeimbangkan kadar gula darah (kondisi yang menyebabkan orang makan terus).

Selain itu, minuman ini juga memperbaiki penyerapan lemak dan mencegahnya tertimbun dalam tubuh. Satu lagi, lemon juga bagus untuk kesehatan organ hati.

Jadi dari sekian teh yang kita bahas tadi, mana nih yang merupakan favoritmu?!

About megsaroh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *