Sunday , October 25 2020

8 Strategi Agar Sukses Memulai Bisnis Rental Mobil

Bisnis rental mobil merupakan bisnis dengan profit menjanjikan. Ini dikarenakan mobil menjadi transportasi favorit banyak orang. Selain  nyaman dan daya tampungnya luas, berkendara dengan mobil juga bisa menghemat waktu tempuh. Itulah yang kemudian membuat masyarakat lebih memilih menggunakan mobil daripada harus naik transportasi umum.

Namun demikian, fakta yang menunjukan bahwa tidak setiap orang punya mobil sebab harganya yang mahal, hal ini dimanfaatkan oleh beberapa pebisnis untuk membuka usaha rental mobil. Yaitu menyewakan mobil dengan harga tertentu.

Untuk memulai bisnis tersebut, Anda gak perlu menyediakan banyak mobil. Cukup 1-2 buah mobil aja sudah cukup kok. Tapi Anda juga harus berhati-hati, sebab untuk menjalankan bisnis ini butuh strategi dan persiapan matang.

Nah, berikut ini tips mendapatkan penghasilan lewat bisnis rental mobil.

1. Sediakan Mobil Baru yang Nyaman

Poin pertama yang sangat penting untuk membuka bisnis ini adalah ketersediaan mobil. Usahakan Anda menyediakan mobil yang nyaman, luas, dan diminati masyarakat. Selain itu, hindari membeli mobil bekas. Biasanya kualitas mesin dari mobil bekas enggak cukup baik. Belum lagi jika ada kerusakan, maka Anda harus mengeluarkan biaya tambahan untuk perbaikan.

Maka itu, lebih baik membeli mobil baru saja. Apabila modal minim, Anda bisa membeli dengan metode kredit atau cicilan.

2. Pilih Mobil yang Irit BBM dan Biaya Perawatannya Murah

Membeli mobil baru bukan berarti Anda harus memilih yang mahal. Beli saja mobil yang harganya standar, namun irit BBM dan biaya perawatannya nggak terlalu mahal. Umumnya sih, untuk tahun ini harga mobil rata-rata diatas Rp.100 juta.

Beberapa referensi mobil berharga terjangkau dan irit BBM:

  • Daihatsu Ayla : sekitar Rp.87 juta – Rp.123 juta
  • Datsun Go+ : Rp.94 juta – Rp.118 juta
  • Honda Brio : Rp.119 juta- Rp.158 juta
  • Toyota Avanza : sekitar Rp.180 juta – Rp.200 juta
  • Honda HR-V : Rp.250 juta – Rp.350 juta

3. Pemasaran Online dan Offline

Pemasaran menjadi bagian penting dari setiap keberhasilan bisnis. Begitupun dalam melakukan usaha rental mobil, Anda juga perlu merencanakan strategi pemasaran dengan matang. Usahakan untuk mempromosikan secara maksimal lewat offline ataupun online.

Anda bisa promosi lewat brosur, dari mulut ke mulut, atau juga dapat melalui via online seperti instagram, facebook, website, broadcast message di LINE, Whatsapp dan sebagainya.

4. Bangun Relasi Sebanyak Mungkin

Sebuah bisnis enggak akan berkembang dan sukses jika Anda hanya mengandalkan diri sendiri. Apapun jenis bisnisnya pasti perlu kerjasama. Maka itu, usahakan Anda membangun relasi sebanyak mungkin dengan mitra-mitra bisnis lainnya.

Anda bisa bekerjasama dengan pebisnis travel, hotel atau perusahaan lain, ya supaya nanti mereka bisa merekomendasikan rental Anda kepada pelanggan serta karyawannya. Perluas juga pergaulan Anda. Dengan demikian Anda bisa lebih mudah dapat pelanggan.

5. Buatlah Manajemen Administrasi yang Matang

Agar bisnis Anda bisa berjalan lancar tentunya perlu dibuat manajemen administrasi yang lengkap. Pastikan Anda membuat surat perjanjian penyewaan mobil sesuai aturan hukum. Buat juga syarat-syarat peminjaman mobil, seperti harus menyerahkan kartu identitas, pembayaran DP, atau pembayaran denda bila mobil rusak. Untuk lebih jelasnya, sebaiknya Anda bertanya kepada orang yang telah berpengalaman.

6. Daftarkan Mobil Pada Jasa Asuransi

Poin yang satu ini memang nggak wajib. Tapi bila Anda ingin melindungi mobil dari risiko-risiko yang membahayakan, lebih baik daftarkan mobil pada jasa asuransi. Dengan begitu, nantinya bila mobil Anda mengalami kerusakan Anda tidak perlu mengeluarkan biaya besar.

7. Pelayanan Ramah dan Jujur

Terakhir, Anda wajib banget untuk memberikan pelayanan yang ramah dan jujur kepada setiap pelanggan. Kedua poin itu (ramah dan jujur) akan menjadikan bisnis Anda lebih berkah dan insya Allah bisa sukses. Apapun kondisi Anda, jangan sampai menipu pelanggan hanya demi mendapatkan keuntungan semata.

8. Kembangkan Bisnis Anda

Apabila bisnis Anda telah berhasil mendapatkan profit tinggi dalam 1-2 tahun, maka coba deh kembangkan bisnis Anda secara pelan-pelan. Tambahkan ketersediaan unit mobil, Anda bisa merekrut sopir yang terpercaya, dan memperbagus pelayanan.

Demikianlah beberapa strategi untuk mendapatkan penghasilan dari bisnis rental mobil. Semoga bermanfaat dan bisa membantu. Good Luck!

About Bas