Bekerja tidak harus menjadi karyawan. Walaupun Anda seorang ibu rumah tangga, tentunya Anda bisa mendapatkan penghasilan tanpa harus pergi ke kantor. Tak perlu bingung, sebab di jaman modern saat ini ada banyak peluang usaha yang bisa dikerjakan di rumah. Anda hanya perlu meluangkan waktu atau mungkin sedikit modal untuk memulai bisnis tersebut.

Nah, langsung saja yuk simak cara mendapatkan penghasilan bagi ibu rumah tangga yang mudah dan efektif!

1. Bisnis Kuliner

Pada umumnya seorang ibu rumah tangga suka mengolah makanan dan jago memasak. Nah, apabila Anda juga memiliki bakat tersebut maka coba deh buka bisnis kuliner. Yaitu bisnis yang berkaitan dengan makanan.

Anda bisa membuka usaha kecil-kecilan. Misalnya berjualan martabak, nasi goreng, kebab, pangsit, bakso atau lainnya. Usahakan untuk memberikan ‘sentuhan spesial’ pada masakan Anda sehingga kesannya unik dan nggak pasaran. Dengan begitu bisa memancing ketertarikan masyarakat.

Untuk sistem penjualannya sendiri, Anda bisa memulai dengan menawarkan ke kalangan teman dan tetangga terdekat. Tak ada salahnya juga mempromosikannya lewat instagram dengan membuka jasa delivery untuk wilayah sekitar.

2. Pekerja Lepas Online

Cara lain untuk mendapatkan penghasilan bagi ibu rumah tangga adalah menjadi pekerja lepas online . Saat ini ada banyak banget situs-situs yang menyediakan job bagi para freelancer. Misalnya saja project.co.id dan sribulancer. Anda bisa bergabung di situs tersebut tanpa harus mengeluarkan modal apapun. Selanjutnya Anda bisa mencari project yang sekiranya cocok dengan kemampuan Anda.

Tak hanya itu saja, jika Anda berbakat dalam dunia kepenulisan, Anda juga bisa mendaftar sebagai kontributor di situs-situs hiburan lokal. Seperti Indtimes.com, Babe.news, Nulis.co.id, Jalantikus.com, dan masih banyak lainnya.

3. Bisnis Kerajinan Tangan

Apabila Anda menyukai hal-hal yang berkaitan dengan seni, Anda bisa membuka bisnis kerajinan tangan. Coba deh di sela-sela waktu senggang Anda buatlah sesuatu yang menarik. Misalnya saja tas rajut, bikin bandana, gantungan kunci, jepit rambut, bingkai foto atau lainnya. Tawarkan hasil karya Anda kepada orang-orang terdekat dan promosikan secara online.

4. Membuka Jasa Les Privat

Jika Anda punya background studi di bidang pendidikan atau mungkin Anda berbakat dalam hal akademik, Anda bisa mencoba mencoba bisnis les privat. Biar nggak terlalu sulit, buka saja les privat untuk anak SD. Bidang pelajaran sebaiknya menyeluruh. Jadi bisa matematika, bahasa Indonesia, IPA, IPS dan sebagainya. Dengan demikian peserta yang berminat juga banyak.

Oh iya supaya tidak memberatkan, lebih baik bukalah les di rumah Anda sendiri. Jika usaha Anda ini sukses, untuk kedepannya Anda bisa mengembangkannya menjadi lebih besar.

5. Bisnis Warung Kelontong

Bagi Anda yang punya modal, tak ada salahnya mencoba buka usaha warung kelontong kecil-kecilan. Anda bisa menjual berbagai kebutuhan sehari-hari, sembako,makanan ringan, dan jika memungkinkan isi pulsa.

Bisnis ini akan sangat menguntungkan bila dibuka di kawasan dekat jalan raya atau area sekolahan. Dengan begitu Anda bisa mudah mendapatkan pembeli. Namun jikapun rumah Anda berlokasi di kampung, tidak mengapa. Cobalah bersabar, berikan harga terjangkau dan teruslah melakukan promosi.

6. Bisnis Menjahit

Bisnis yang satu ini cocok dilakukan oleh Anda yang punya bakat menjahit. Anda bisa membuka jasa orderan jahitan atau jadi freelancer dari penjahit yang sudah terkenal di kompleks Anda. Walaupun hasilnya tidak terlalu banyak, tapi lumayan loh. Bayaran dari hasil menjahit bisa Anda gunakan untuk membeli kebutuhan sehari-hari atau ngasih uang jajan anak.

7. Jasa MUA

Di zaman sekarang ini ada banyak sekali orang yang berprofesi sebagai MUA (jasa mendandani orang) walaupun nggak kuliah di bidang kecantikan. Hal tersebut cukup wajar sih. Pasalnya teknik dalam bermake-up memang bisa dipelajari secara otodidak. Apalagi di era digital sekarang, Anda bisa menyaksikan tutorial-tutorial make up dari youtube ataupun instagram.  Dengan demikian, siapapun dapat menjadi seorang MUA. Termasuk Anda. Kuncinya hanya perlu terus belajar dan latihan.

Nantinya jika Anda sudah menjadi MUA professional, bayarannya bisa sangat tinggi untuk sekali dandan loh. Biasanya untuk make-up wisuda berkisar Rp.400.000-Rp.800.000. Sedangkan make-up pengantin bisa mencapai Rp.5.000.0000. Lumayan kan?

8. Membuka Jasa Pembayaran

Bisnis terakhir yang bisa dicoba ibu rumah tangga dengan modal lumayan kecil adalah membuka jasa pembayaran. Misalnya bayar listrik, BPJS, telepon, pulsa, serta tiket kendaraan (bus, kereta api, dan pesawat).

Untuk memulai bisnis ini, Anda cukup bergabung di aplikasi yang menyediakan jasa tersebut. Biasanya sih nggak gratis. Anda harus membayar sejumlah uang sebagai pendaftaran. Kemudian Anda juga harus mengisi deposit. Dengan demikian, nantinya akun bisa digunakan untuk membayar segala tagihan. Oiya, beberapa contoh aplikasi yang menyediakan jasa tersebut seperti Paytren, Beone, dan sebagainya.

Jadi itulah beberapa cara mendapatkan penghasilan bagi ibu rumah. Selain yang disebutkan di atas, tentunya masih banyak usaha lain yang bisa dilakoni dari rumah. Misalnya saja bisnis spa, salon, dan lainnya. Btw, semoga info ini bermanfaat ya!