Tuesday , October 27 2020

8 Obyek Wisata di Pulau Weh

Dilepas pantai utara Banda Aceh terdapat sebuah pulau cantik bernama Pulau Weh. Kota Sabang berada di dalam Pulau Weh. Di pulau ini terdapat berbagai tempat wisata pantai yang wajib Anda kunjungi.

Tanggal 24 Juni 2015 ini bertepatan dengan ditetapkannya kota tersebut sebagai kota praja berdasarkan UU No. 10 tahun 1965, Pulau Sabang berulang tahun yang ke ke 50. Pemerintah daerah pun semakin bersemangat untuk menjadikan Kota Sabang sebagai tujuan wisata nasional dan internasional. Langkah ini dimulai dengan memperbaiki Bandara Maimun Saleh pada akhir 2014 hingga awal Januari 2015.

Maskapai penerbangan Garuda Indonesia pun membuka rute penerbangan Medan – Sabang. Sekolah favorit pemerintah yaitu IPDN (Institut Pemerintahan Dalam Negeri) pun akan dibangun di Pulau Sabang. Lokasinya disediakan seluas 26 hektar di Lhok Igeuh, Gampong Ujung Kareung, Suka Jaya. Lokasi tersebut dipilih karena dekat dengan Bandara Maimun Saleh, dan dekat juga dengan Pelabuhan Balohan. Presiden Joko Widodo pun telah menegaskan bahwa pembangunan kampus tersebut akan dimulai pada awal tahun 2016 mendatang.

1. Pantai Gapang

Dua  pantai indah di pulau ini dapat memuaskan bagi Anda yang suka menyelam dan snorkeling. Jangan khawatir, di sekitar pulau ini terdapat banyak tempat penyewaan Selamat bersenang-senang. Ingat kembali ke darat ya.

2. Pantai Iboih

Terletak di ujung barat Pulau Weh. Selain pantainya yang bagus, di sini juga terdapat banyak penginapan murah agar wisatawan dapat menikmati Pantai Iboih lebih lama lagi. Pantai Iboih juga sering dikenal dengan Teupin Layeu. Pantai ini merupakan sebuah pelabuhan yang digunakan untuk menuju ke Pulau Rubiah.

3. Pulau Rubiah

Lokasinya sekitar 100 meter dari Pantai Iboih. Pulau ini ditumbuhi hutan lebat dan kaya dengan pantainya yang memiliki tanaman laut yang indah. Jika ingin melihat kebun laut seperti akuarium besar di Sea World Ancol, merapatlah ke Pulau Rubiah beberapa jam saja. Anda akan menyaksikan pengalaman yang tak terlupakan.

4. Pantai Paradiso

Tidak jauh dari pusat kota , atau 10 menit berjalan kaki ke arah selatan, terdapat Pantai Paradiso, di sini pasir di pantainya berwarna putih, suasananya teduh karena pantai ini dipenuhi banyak pohon kelapa yang melindungi Anda panasnya cakar sinar matahari.

5. Danau Aneuk Laot ( Danau Anak Laut )

Sekitar 2 km dari Kota Sabang, terdapat Danau Aneuk Laot (Danau Anak Laut) yang menjadi danau yang untuk memenuhi kebutuhan air tawar bagi masyarakat Kota Sabang. Di dekat danau ini terdapat sebuah bukit, dari puncak bukit ini Anda dapat melihat pemandangan ke arah pelabuhan dan Teluk Sabang.

6. Pantai Kasih dan Pantai Sumur Tiga

Pantai lainnya yang berlokasi di dekat kota adalah Pantai Kasih dan Pantai Sumur Tiga. Lokasi dua pantai ini  bisa ditempuh dengan berjalan kaki 30 menit dari Kota Sabang. Kuatkan kaki Anda melangkah, dan nikmati keindahan pantainya.

7. Tugu Kilometer 0

Tugu ini merupakan titik awal wilayah Indonesia, 0 kilometer pertama dihitung dari dari Pulau Weh, Kota Sabang. Anda sering dengar lirik lagunya ini di sekolah dasar kan: “Dari Sabang sampai Merauke, berjajar pulau-pulau, sambung menyambung menjadi satu, itulah Indonesia.

8. Pulau Rondo (Janda)

Pulau Rondo adalah salah satu pulau terluar di ujung barat Nusantara. Pulau seluas 42 hektare ini berada di wilayah administratif Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang. Pulau ini berjarak 15 mil dari Pulau Weh dan dan berbatasan dengan Pulau Nikobar, India. Pulau ini menjadi titik terakhir teritorial darat Indonesia yang langsung berbatasan dengan Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) yang setiap jengkalnya dijaga TNI. Pada bulan Mei 2015 yang lalu, Jenderal TNI Dr Moeldoko dan Muspika Sabang, beserta pasukannya  meresmikan monumen Teuku Umar, patung sang pahlawan tersebut dibangun sebagai pengingat bagi seluruh elemen masyarakat Indonesia bahwa kedaulatan negara harus tetap ditegakkan, terutama di pulau-pulau terluar Indonesia. Pulau terluar Indonesia di bagian barat ini juga dihuni puluhan ular piton, teman setia pasukan TNI yang mengawal pulau ini.

About Bas