Saturday , October 24 2020

8 ‘Kerikil’ Penghalang Diet Yang Mungkin Tak Pernah Kamu Duga Sebelumnya

Seringkali yang menghambat kemajuan seseorang bukanlah hal besar, melainkan perkara sepele. Soal diet misalnya, selama ini, kamu mungkin sudah berjuang mati-matian. Tapi kok angka di timbangan bukannya bergerak turun, malah tambah naik. What’s wrong?!

Well, penyebabnya bisa jadi bukan kesalahan di program dietnya, tapi gaya hidup sehari-hari. Contohnya beberapa ‘kerikil’ kecil berikut ini yang ternyata tak cuma menghalangi menyusutnya berat badan, beberapa di antaranya malah terbukti meningkatkannya.

Lantas, apa saja gaya hidup menggemukkan yang dimaksud itu? Berikut detilnya.

1.Tidak sarapan

Secara logika, tidak sarapan harusnya membantu menurunkan badan. Tapi nyatanya tidak demikian.

Hasil riset menunjukkan seseorang yang rutin sarapan, berat badannya naik lebih sedikit dan lingkar pinggangnya lebih kecil, jika dibanding mereka yang melewatkannya. Alasannya karena tidak sarapan memicu seseorang makan lebih banyak ketika siang harinya.

2.Kurang minum air putih

Air putih bisa membantu membakar lebih banyak kalori sehingga efektif melancarkan program diet. Penelitian yang dilakukan terhadap partisipan obesitas menunjukkan bahwa meningkatnya konsumsi air (lebih dari 1 liter per hari) menyebabkan berat badan turun 2kg/ tahun.

3.Makan terlalu malam

Berbagai hasil studi sepakat bahwa lebih baik menghindari makan terlalu malam karena ini bisa menambah bobot tubuh. Alasannya karena makanan yang masuk dalam tubuh terlalu malam hanya akan disimpan sebagai lemak dan bukannya dibakar menjadi energi. Bagaimana kalau merasa lapar? Pilih snack yang kalorinya rendah saja.

4.Kurang tidur

Saat kelelahan, biasanya seseorang malas berolahraga dan cenderung mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat serta kopi dalam jumlah banyak untuk meningkatkan energi tubuhnya. Selain itu, kurang tidur juga memperlambat metabolisme. Karenanya, usahakan untuk tidur minimal 7 jam setiap harinya.

5.Menghindari lemak

Walau tampak paradoks, namun diet bebas lemak ternyata mampu memicu kenaikan berat badan. Ya, menyisihkan makanan berlemak justru membuat kita makan lebih banyak. Lebih dari itu, memilih produk susu tanpa lemak juga mencegah tubuh memeroleh kalsium dan vitamin A serta D yang diperlukannya.

6.Tidak fokus saat makan

Ketika makan, hindari menonton TV, main HP, membaca, menghitung tagihan, atau melakukan hal yang dapat membuyarkan konsentrasi (ke makanan). Kondisi tidak fokus seperti itu dapat membuat kamu makan lebih banyak lagi. Sebaliknya, fokus saat makan mencegah makan berlebih. Kamu juga lebih dapat mengontrol apa yang perlu masuk dan tidak ke dalam mulut.

7.Minum alkohol

Sebelum menenggak segelas bir, ketahuilah bahwa minuman tersebut akan menyebabkan timbunan lemak berlebih di area perut. Selain itu, minum terlalu banyak alkohol (semua jenis) juga dapat menambah bobot tubuh. Kamu yang sudah prihatin dengan kondisi tubuh atau perut bergelambir, sebaiknya tidak menyentuh minuman memabukkan ini sama sekali.

8.Duduk sepanjang hari

Yang namanya tuntutan pekerjaan memang sulit dikompromikan. Namun walau profesi mengharuskan kamu duduk seharian di balik meja kantor, bukan berarti kalau kamu tidak bisa melakukan sesuatu.

Berdirilah setiap 1-1½ jam sekali. Lakukan stretching atau jalan-jalan sebentar – apakah sewaktu pergi ke kamar mandi, mengambil minum, melakukan panggilan, bicara dengan rekan kerja, atau lainnya. Jika takut lupa, pasang reminder. Intinya, lebih banyaklah bergerak setiap harinya, dan ketika pulang kantor, minimalisir nonton TV karena aktivitas ini biasanya memaksa kita duduk lagi selama berjam-jam.

So, itulah tadi 8 kerikil kecil yang dijumpai para ahli mampu menghalangi program penurunan berat badanmu. Mana nih yang masih kamu lakuin?! Ayo..ayo..segera berubah ya!

About megsaroh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *