Wednesday , October 28 2020

8 Jenis Makanan untuk Mencegah dan Mengembalikan Kesehatan Rambut Rontok

Masalah rambut rontok terkadang tidak hanya menjengkelkan, tetapi juga menakutkan. Terlebih jika jumlah rambut yang rontok tak terkendali tanpa kita tahu sebabnya. Kebanyakan orang mengatasinya dengan melakukan perawatan. Ya, perawatan rambut adalah salah satu cara. Tapi, tidak cukup sampai di situ saja.

Tahukah kamu, untuk mendapatkan rambut indah dan sehat tidak hanya butuh usaha dari luar saja, tetapi juga perlu diimbangi dengan usaha dari dalam. Caranya bagaimana? Tentu saja dengan konsumsi makanan yang bergizi. Oleh karena itu, di sini halokawan akan membagikan 8 jenis makanan yang dapat mencegah rambut rontok dan mengembalikan kesehatan rambutmu. Simak terus ya.

1. Telur

Telur memiliki kandungan yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut, yaitu protein dan biotin. Konsumsi protein sangat penting karena sebagian besar folikel terbuat dari protein. Kekurangan protein sendiri dapat memicu kerontokan rambut.

Sedangkan biotin berperan untuk memproduksi keratin atau protein rambut untuk meningkatkan pertumbuhan rambut. Selain menjadi sumber protein dan biotin, telur juga memiliki kandungan lain seperti seng yang baik untuk menutrisi rambut.

2. Bayam

Bayam adalah jenis sayuran yang kaya akan berbagai nutrisi, yaitu zat besi, vitamin A, dan vitamin C. Vitamin A akan membantu kelenjar kulit dalam memproduksi sebum, yang mana zat ini akan melembabkan kulit kepala agar rambut tetap sehat.

Salah satu penyebab rambut rontok adalah kekurangan zat besi. Oleh karena itu, dengan mengkonsumsi bayam risiko rambut rontok dapat diturunkan.

3. Ikan Berlemak

Ikan berlemak seperti salmon, herring, dan mackerel mengandung nutrisi yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Jenis ikan tersebut merupakan sumber asam lemak omega-3 yang sangat baik untuk pertumbuhan rambut.

Sebuah studi yang dilakukan pada 120 wanita menghasilkan kesimpulan bahwa mengkonsumsi suplemen yang mengandung asam lemak omega-3 dan omega-6 serta anti-oksidan dapat mengurangi kerontokan rambut dan meningkatkan kekuatan rambut.

Selain itu, studi lain juga menemukan bahwa mengkonsumsi suplemen minyak ikan secara signifikan dapat mengurangi kerontokan rambut dan meningkatkan pertumbuhan rambut pada wanita yang memiliki masalah penipisan rambut.

4. Tiram

Tiram adalah salah satu makanan yang menjadi sumber seng, dimana seng sendiri merupakan mineral yang membantu mendukung siklus pertumbuhan dan perbaikan rambut. Kekurangan seng dalam tubuh dapat menyebabkan kondisi telogen effluvium, suatu bentuk kerontokan rambut yang umum namun masih dapat dikembalikan dengan perbaikan nutrisi.

Sebuah studi telah menunjukkan bahwa konsumsi suplemen seng dapat memperbaiki masalah rambut rontok. Namun, bukan berarti kamu boleh berlebihan dalam mengkonsumi seng, sebab konsumsi dalam jumlah besar justru akan menyebabkan kerontokan. Maka dari itu, lebih baik mengkonsumsi seng dari tiram daripada suplemen, sebab dosisnya lebih kecil dan sehat.

5. Kedelai

Menurut penelitian, kedelai memiliki senyawa yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Senyawa ini bernama spermidine yang keberadaannya melimpah di dalam kedelai.

Pernyataan tersebut dikuatkan oleh penelitian yang dilakukan terhadap 100 orang. Penelitian ini menemukan bahwa  nutrisi berbasis spermadine dapat memperpanjang fase anagen atau fase pertumbuhan rambut aktif. Dengan kata lain, semakin lama folikel rambut berada dalam fase anagen, maka semakin lama pula rambut akan tumbuh. Selain itu, studi lain juga menunjukkan bahwa spermidine meningkatkan pertumbuhan rambut manusia.

Namun, karena penelitian ini masih terbilang baru, maka perlu penelitian lanjutan untuk memastikan keterkaitan antara rambut dan spermadine.

6. Alpukat

Alpukat merupakan buah yang menjadi sumber vitamin E. Vitamin E sendiri merupakan vitamin yang baik untuk meningkatkan pertumbuhan rambut. Dalam sebuah alpukat berukuran sedang , terkandung 21% dari kebutuhan vitamin E harian kamu. Selain itu, vitamin E juga merupakan anti-oksidan yang dapat menetralkan radikal bebas.

Dalam sebuah penelitian, orang-orang yang mengalami kerontokan rambut mengalami pertumbuhan rambut 34,5% lebih banyak setelah mengkonsumsi suplemen vitamin E selama delapan bulan. Vitamin E juga dapat melindungi area kulit kepala, sehingga folikel rambut tetap terjaga kualitasnya.

7. Buah Beri

Beri adalah salah satu jenis buah yang kaya akan senyawa dan vitamin yang bermanfaat untuk meningkatkan pertumbuhan rambut. Salah satunya adalah vitamin C yang memiliki sifat anti-oksidan yang kuat. Anti-oksidan ini akan melindungi folikel rambutmu dari radikal bebas dan zat berbahaya, sehingga dapat menjaga rambut dari kerusakan.

Selain itu, tubuh juga memanfaatkan vitamin C untuk menghasilkan kolagen. Kolagen adalah jenis protein yang membantu memperkuat rambut agar tidak rapuh dan patah.

8. Wortel

Tidak hanya berguna untuk kesehatan mata, wortel juga baik untuk kesehatan rambut. Kandungan vitamin dan beta karoten dalam wortel dapat merangsang pertumbuhan rambut yang sehat. Selain itu, vitamin A dan vitamin E dalam wortel juga dapat membantu meningkatkan pertumbuhan folikel rambut.

Mungkin sekian untuk artikel kali ini mengenai makanan untuk mencegah rambut rontok. Semoga artikel ini bermanfaat.

Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *