Wednesday , October 28 2020

8 Cara Mengatasi dan Mencegah Rambut Tumbuh Uban di Usia Muda

Mencegah dan Mengatasi Rambut Tumbuh Uban

 

Uban adalah istilah penyebutan untuk rambut yang memutih. Normalnya, uban muncul di usia tua. Namun di jaman sekarang ini banyak orang yang mengalami masalah uban di usia remaja. Tentu saja kondisi tersebut cukup mengganggu penampilan.

Kamu harus tahu bahwa kemunculan uban tidak hanya dipengaruhi oleh faktor usia. Gaya hidup tak sehat, sering menggunakan bahan-bahan kimia di rambut, pencatokan dan kebiasaan merokok juga bisa membuat produksi pigmen rambut menurun sehingga memicu timbulnya uban.

Sebenarnya munculnya uban bisa dicegah lewat perawatan dengan bahan-bahan alami. Nah, berikut ini beberapa tips ampuh mencegah sekaligus mengatasi masalah uban di usia remaja. Cekidot!

 

1. Cukupi Asupan Air Putih

Mungkin Anda berpikir bahwa mengonsumsi air putih hanya berguna untuk menghilangkan dahaga. Jika pun banyak minum pasti ujung-ujungnya bakal sering buang air kecil.

Sebenarnya tak sesimpel itu. Air putih punya segudang manfaat bagi tubuh. Apabila kamu mengonsumsi air putih setidaknya 2 Liter sehari, maka proses metabolisme akan berjalan lancar. Air putih juga membantu proses detoksifikasi, membuat kulit lebih sehat dan mencegah pertumbuhan uban. Seseorang yang gemar mengonsumsi air putih cenderung lebih awet muda.

 

2. Hindari Stres

Stres tidak hanya membuat kepala Anda jadi pusing. Tapi stres juga memiliki kaitan erat dengan pertumbuhan uban. Seseorang yang banyak menghabiskan waktu untuk bekerja dan jarang beristirahat biasanya rentan beruban. Perasaan sedih dan depresi juga menghambat produksi melanin rambut.

Untuk menghindari hal tersebut, maka sempatkanlah waktu berelaksasi. Sesekali pergilah berlibur. Jangan menjadi seseorang yang terlalu sensitif. Tak ada masalah yang abadi. Toh, hidup cuma sementara. Jadi jangan mudah sedih ya. Yang terpenting tetap dekatkan diri pada Allah.

 

3. Waspada Penggunaan Produk Rambut

Dalam memilih produk-produk untuk rambut, baik itu sampo, conditioner, spray, vitamin, masker atau lainnya berhati-hatilah. Pastikan Anda membeli produk berkualitas yang bebas dari bahan-bahan berbahaya, misalnya amoniak. Zat ini biasanya terkandung pada obat rebonding rambut yang pada pemakaian jangka lama bisa memicu uban bahkan kanker.

Selain itu hindari juga produk yang mengandung klorin, sulfat dan fosfat. Ada baiknya jika Anda memilih produk rambut yang mengutamakan bahan-bahan herbal.

 

4. Tingkatkan Asupan Vitamin B12

Salah satu cara untuk mencegah munculnya uban dengan meningkatkan asupan vitamin B12. Vitamin ini bisa merangsang melanosit untuk memproduksi pigmen rambut lebih optimal serta mencegah kerusakan jaringan pada kulit kepala. Beberapa makanan sumber vitamin B12 seperti yogurt, telur, susu, madu dan masih banyak lainnya.

 

5. Tingkatkan Asupan Asam Lemak Omega-3

Di samping vitamin B12, asam lemak omega-3 juga turut membantu pembentukan pigmen rambut. Anda bisa menemukan sumber omega-3 pada ikan salmon, alpukat, sayuran, kenari dan sebagainya.

 

6. Batasi Konsumsi Makanan Tinggi Lemak

Sering mengkonsumsi makanan berlemak jenuh yang tak sehat, seperti junk food dan gorengan juga menjadi penyebab munculnya uban. Maka itu, jika Anda ingin punya rambut hitam dan sehat maka batasi konsumsi makanan berlemak ya.

 

7. Gunakan Minyak Kemiri

Minyak  Kemiri sudah dimanfaatkan sejak lama sebagai perawatan rambut. Kandungan dalam minyak ini bisa membantu merangsang pembentukan pigmen oleh melanosit, sehingga rambut jadi hitam berkilau.

Untuk cara pengaplikasiannya, Anda bisa membeli produk minyak kemiri di apotek. Atau dapat juga mengolahnya sendiri, caranya:

  • Siapkan beberapa butir kemiri
  • Cuci bersih
  • Setelah itu, sangrai hingga kering
  • Tumbuk kemiri hingga halus dan diperoleh minyak
  • Gunakan minyak tersebut untuk dioleskan pada rambut
  • Diamkan selama 60 menit
  • Keesokannya cuci rambut dengan shampo

 

8. Pijat Rambut dengan Minyak Kelapa

Di samping membantu pertumbuhan rambut,  minyak kelapa juga berkhasiat mencegah tumbuhnya uban, serta membuat folikel rambut bertambah kuat dan sehat. Untuk pemakaiannya cukup dioleskan pada kulit kepala dan rambut sembari dipijat-pijat. Diamkan selama 60 menit. Lalu bilas dengan shampo. Cara ini dapat kamu praktekkan 2-3 kali dalam seminggu.

Jadi itulah beberapa tips mencegah tumbuhnya uban di usia muda. Oiya, hindari juga mencatok, smoothing atau rebonding secara berlebihan karena itu bisa memicu uban, rambut jadi patah, kering serta kusam.

Semoga bermanfaat.