Thursday , October 22 2020

8 Cara Menaikkan Berat Badan Tanpa Obat-Obatan

Kebanyakan orang, khususnya perempuan nih, lebih suka dibilang kurus ketimbang gemuk. Padahal kondisi underweight (berat badan di bawah normal) meningkatkan risiko kematian dini sebanyak 100% pada wanita dan 140% pada pria.

Lantas sekarang, bagaimana caranya tahu kamu termasuk underweight atau tidak?! Dan bagaimana pula strategi menaikkan berat badan secara alami? Guna menjawab kedua pertanyaan tadi, yuk kita simak beberapa tips berikut:

1. Periksa dulu indeks massa tubuh (IMT)

IMT terbagi menjadi 4 jenis:

  • Underweight (< 18,5)
  • Sehat/ ideal (18,5-24,9)
  • Overweight/ gemuk (25-29,9)
  • Obesitas (>30)

Rumus menghitung IMT adalah berat badan (kg): (tinggi badan (m) x tinggi badan (m)). Jadi misalnya tinggi badan 1,55m, berat badan 48kg, maka 48: (1,55×1,55)= 19,97 (ideal).

Nah bila sudah menghitung, dan ternyata IMT < 18,5, maka silakan lanjut ke tips ke-2.

2. Makan lebih banyak

Ya, tentu saja makan lebih banyak merupakan salah satu solusinya. Dalam prakteknya, kamu tak perlu memaksakan menambah porsi bila memang tak mampu. Cukup tambahkan ekstra keju, saus, dan rempah-rempah dalam makanan, atau produk susu tinggi lemak dalam kopi, sup, maupun dessert.

Di lain sisi, jangan tahan diri bila memang ingin menambah lagi 1 porsi pasta, roti, kacang-kacangan, kentang, selai kacang, atau buah kering. Intinya, tingkatkan asupan kalori ketika makan.

3. Makan lebih dari 3 kali sehari

Nah buat yang kesulitan menambah porsi makan, coba deh makan lebih dari 3 kali sehari. Setiap harinya, santaplah sedikitnya 3 porsi besar makanan bernutrisi dan jangan lupa ngemil snack berkalori tinggi di antara jam makan utama tersebut. Pastikan menu makan sehari-hari padat karbohidrat, protein, serta lemak.

4. Gunakan piring yang lebih besar

Saking kompleksnya otak manusia, sampai-sampai kita bisa memperdaya itu untuk meraih tujuan. Jika tips diet mengatakan “makanlah dengan piring kecil guna menurunkan berat badan”, maka hal sebaliknya juga berlaku. Kamu yang underweight, ayo gunakan piring yang lebih besar untuk menaikkan bobot tubuh. Alasannya karena piring yang lebih besar membuat makanan tampak lebih sedikit, jadi bikin pengen nambah lagi.

5. Pilih jenis protein yang tepat

Protein merupakan nutrisi paling penting jika ingin menaikkan berat badan. Karenanya, konsumsilah sumber protein seperti ayam, hati ayam dan sapi, telur, salmon, tuna, cumi-cumi, kepiting, udang, susu, keju (termasuk keju Cottage), polong-polongan, kacang arab, biji-bijian, lentil, hazelnut, almond, serta walnut.

6. Tidur cukup

Faktanya, kualitas tidur menentukan berat badan dan perkembangan otot. Tidur memiliki efek anabolik karena saat terlelap, ketik itulah itulah hormon adrenalin, dopamin, serotonin, dan melatonin paling aktif-aktifnya diproduksi. Karenanya, usahakan sudah terlelap sebelum tengah malam dan pejamkan mata minimal 7-8 jam.

7. Pilih olahraga yang tepat

Sesudah berlebihan dalam mengonsumsi kalori, pertanyaannya sekarang: apakah kamu ingin mengubah kalori menjadi lemak perut atau otot?

Jika otot adalah jawabannya, maka fitness atau jenis latihan power sport lainnya merupakan olahraga yang disarankan (jadi bukan kardio ya).

Selain itu, tak perlu berolahraga lebih dari 3 kali seminggu karena otot justru berkembang saat istirahat (tidak olahraga).

8. Jauhi stres

Cara menaikkan berat badan yang terakhir ini juga penting. Jika kamu terlalu khawatir ini-itu, sistem saraf akan bereaksi sehingga detak jantung semakin cepat, dan efek tersebut sama dengan yang dialami setelah latihan kardio. Oleh sebab itu, redakan stres entah dengan yoga, meditasi, berdoa, atau melakukan teknik pernafasan.

Ya begitulah tadi kira-kira beberapa cara alami menaikkan berat badan. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

About megsaroh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *