Setiap wanita pasti mendambakan memiliki wajah lembut, flawless dan glowing. Namun sayangnya, satu masalah yang kerap muncul adalah pori-pori besar! Umumnya pori-pori besar disebabkan oleh beragam faktor, seperti paparan sinar matahari, malas membersihkan wajah, produksi sebum atau minyak yang berlebihan, atau bisa pula dikarenakan faktor genetik.

Pori-pori yang membesar tentunya cukup mengganggu penampilan. Selain itu, kondisi ini juga bisa menjadi penyebab timbulnya beragam masalah, seperti jerawat, komedo dan flek hitam.

Nah, buat kamu yang sedang galau menghadapi pori-pori besar, berikut cara-cara atasi pori-pori besar dengan bahan alami yang bisa kamu praktekkan di rumah. Read on!

1. Cuka Sari Apel

Tips pertama untuk mengatasi pori-pori besar adalah menggunakan cuka sari apel. Cuka apel bisa membantu mengurangi produksi minyak berlebihan dan membersihkan kotoran sekaligus komedo berkat sifat astringent yang dimilikinya. Di samping itu, cuka apel juga dapat mengembalikan keseimbangan pH kulit dan mengobati jerawat.

Untuk cara pakainya, campurkan 1 sdm cuka apel dengan 2 sdm air putih. Oleskan pada wajah menggunakan kapas dan tunggu sampai mongering. Selang 20 menit, bilas dengan air.

2. Oatmeal

Kamu penggemar oatmeal? Sesekali coba deh manfaatkan oatmeal yang kamu punya sebagai masker wajah untuk mengatasi pori-pori yang membesar. Oatmeal dapat bertindak sebagai eksfoliator yang mampu mengangkat sel kulit mati sekaligus melembutkan wajahmu. Oatmeal juga cocok digunakan buat segala tipe kulit karena tidak memicu iritasi.

Untuk penerapannya, campurkan 1 sdm oatmeal dengan 1 sdm susu. Balurkan pada wajah dan diamkan selama 30 menit. Setelah itu, cuci bersih menggunakan air. Metode ini bisa kamu ulangi setiap hari.

3. Lemon atau Jeruk Nipis

Lemon atau jeruk nipis, keduanya mengandung tinggi vitamin C yang bertindak sebagai zat antioksidan. Vitamin C ini bisa membantu mengecilkan pori-pori, mengencangkan kulit serta mengoptimalkan proses regenerasi kulit. Selain itu, manfaat lainnya dari pemakaian lemon atau jeruk nipis, wajahmu juga bisa menjadi lebih cerah, loh!

Cara penerapannya sangat mudah. Kamu cukup mencelupkan kapas ke dalam air perasan lemon atau jeruk nipis. Kemudian oleskan pada wajah sambil dipijat-pijat. Diamkan kira-kira 20 menit, lalu cuci bersih menggunakan air.

Metode ini bisa kamu aplikasikan 2 kali seminggu. Jangan terlalu sering ya, karena sifat asam dari kedua buah tersebut bisa meningkatkan risiko iritasi kulit.

4. Putih Telur

Bahan alami ini juga enggak kalah ampuh untuk mengatasi masalah pori-pori besar. Putih telur mengandung tinggi protein yang dapat membantu mengencangkan kulit dan membuat pori-pori terlihat lebih mengecil. Pemakaian masker putih telur secara teratur juga bisa membuat wajahmu jadi makin cerah dan bersih, karena putih telur bisa membantu mengangkat komedo dan menyamarkan flek hitam yang mengganggu.

Untuk cara pakainya, campurkan 1 sdm air perasan jeruk nipis dalam 1 butir putih telur. Balurkan pada wajah dan tunggu sampai mongering. Kira-kira setelah 30 menit, cuci wajah dengan air sampai bersih. Percaya deh, wajahmu akan tampak lebih glowing!

5. Gula dan minyak zaitun

Gula dikenal sebagai eksfoliator alami yang mampu mengangkat sel kulit mati dan membersihkan kotoran pada permukaan kulit. Sementara minyak zaitun mengandung vitamin E yang berperan dalam menutrisi wajah, menjadikan kulit lebih sehat, kencang dan terjaga keremajaannya.

Untuk cara pakainya, campurkan 1 sdm minyak zaitun dengan 2 sdm gula. Scrub pada wajah secara lembut. Diamkan sekitar 15 menit. Terakhir basuh menggunakan air. Ulangi pemakainnya 2 kali dalam seminggu.

6. Lidah buaya

Lidah buaya memiliki segudang khasiat bagi kecantikan kulit wajah. Satu diantaranya yakni membantu mengecilkan pori-pori. Lidah buaya juga mengandung vitamin A, vitamin B1, dan vitamin C yang berguna dalam menutrisi kulit menjadikannya lebih sehat, cerah dan terhidrasi secara optimal.

Kamu cukup oleskan gel lidah buaya pada seluruh area wajahmu secara merata. Tunggu mengering dan cuci dengan air. Pengaplikasian lidah buaya pada wajah umumnya tidak menimbulkan efek samping. Namun apabila kamu mengalami iritasi baiknya hentikan pemakaian.

7. Gunakan Clay Mask

Masker berbahan dasar lumpur atau clay mask, saat ini tengah booming dan banyak dicari oleh para perempuan. Pasalnya, clay mask memang terbukti ampuh dalam membersihkan wajah hingga ke dalam pori-pori. Masker ini juga membantu mengangkat sel kulit mati dan mengencangkan kulit sehingga pori-pori pun terlihat makin mengecil.

Kamu bisa mencari produk skincare clay mask ini di berbagai online shop. Pastikan kamu membeli produk yang bermutu dan telah terjamin kualitasnya.

8. Coba Masker Charcoal

Selain clay mask, masker lain yang juga sedang naik daun dalam dunia kecantikan adalah charcoal. Masker charcoal ini mengandung arang aktif yang diperoleh dari proses pembakaran tempurung kelapa sawit atau kayu bambu.

Masker charcoal dikatakan bisa bekerja layaknya magnet yang mampu menarik segala kotoran, bakteri dan minyak yang menumpuk dalam pori-pori kulit. Penggunaan masker ini secara rutin membantu wajahmu terlihat lebih bersih, cerah dan kencang. Untuk pemakaiannya, cukup 2 kali dalam seminggu.

Nah, demikianlah cara mengatasi pori-pori besar secara mudah dan pastinya ampuh, cukup dari rumah dan gak perlu biaya mahal! Semoga bermanfaat ya, ladies!

feature image: parshindia.com