Thursday , October 29 2020

8 Benda Berbahaya yang Harus Dijauhkan Dari Anak Kecil

Memasuki usia  sekitar 1 tahun biasanya seorang anak kecil mulai nunjukin pergerakan yang lebih aktif. Mereka cenderung senang berputar-putar dalam rumah, serta memainkan segala macam benda di sekitarnya. Ya, hal itu memang bagus sih. Sebab bisa jadi pertanda bahwa si kecil sehat dan cerdas. Namun demikian, Bunda juga perlu meningkatkan pengawasan. Jangan sampai ada benda-benda berbahaya yang berserakan karena itu bisa meningkatkan risiko terjadinya kecelakaan tak terduga.

Nah, berikut ini beberapa benda berbahaya yang harus dijauhkan dari anak kecil. Simak yuk!

1. Benda berukuran mini

Jenis benda pertama yang wajib dijauhkan dari anak-anak adalah benda-benda berukuran mini. Misalnya saja kelereng, peluru mainan, kancing, paku, tutup pena, kapur barus, dan sejenisnya. Biasanya anak-anak suka memasukkan barang ke dalam mulut ataupun hidung. Maka itu, benda berukuran kecil tidak boleh didekatkan kepada anak karena bisa meningkatkan risiko tertelan.

2. Kabel listrik dan Stop-Kontak

Salah satu benda yang biasanya menarik perhatian anak kecil adalah stop kontak yang bergeletakan di lantai. Tentunya benda tersebut sangatlah berbahaya. Terlebih lagi jika si kecil mencoba memegang lubangnya, atau mungkin bermain kabel listrik dari charger handphone yang tertancap. Wah, hal itu bisa memicu kesetrum.

Bunda harus sangat berhati-hati. Sebisa mungkin jauhkan kabel listrik dan stop kontak dari jangkauan anak-anak. Dan tak lupa, awasi juga anak ketika bermain di dalam rumah. Dengan begitu keselamatan anak lebih terjamin.

3. Benda Tajam

Benda berbahaya berikutnya yang harus dihindarkan dari anak adalah benda-benda tajam. Misalnya pisau, garpu, gunting, dan sejenisnya. Jangan sekali-kali Bunda meletakkan benda tersebut secara sembarangan. Sebab bagaimanapun juga, seorang anak kecil enggak mengerti bahaya dari benda itu. Mereka bisa saja memainkannya sehingga berisiko melukai dirinya sendiri.

4. Make-up dan Skincare

Untuk para Bunda, jangan sembarangan meletakkan produk kecantikan di rumah, seperti make-up, parfum ataupun skincare. Benda-benda tersebut bila sampai tertelan oleh si kecil, maka efeknya memicu keracunan. Nah, untuk menghindari risiko buruk tersebut, sebaiknya simpan saja produk kecantikan di dalam almari. Dengan begitu, si kecil juga nggak bisa menjangkaunya.

5. Obat-Obatan dan Vitamin

Seorang anak kecil biasanya suka memainkan benda-benda yang ada disekitarnya, tak terkecuali dengan obat-obatan dan vitamin. Si anak bisa saja mengira obat itu permen, sehingga mengonsumsinya. Tentu saja, hal itu sangatlah berbahaya. Mungkin efeknya tidak langsung terlihat. Namun ketika si anak terus-menerus memakannya maka berisiko mengalami overdosis hingga keracunan.

Nah, agar anak tidak bisa menjangkau obat-obatan, sebaiknya simpan obat di tempat yang tinggi atau dalam almari terkunci. Dengan begitu, anak lebih bebas bermain dan Bunda akan merasa tenang.

6. Tanaman Hias

Apabila Bunda punya anak berusia dibawah 5 tahun, sebaiknya untuk sementara jangan meletakkan tanaman hias di dalam rumah. Misalnya tanaman anggrek, mawar atau lainnya. Sebab akan sangat berbahaya jika si kecil sampai menelan daun ataupun kelopak bunga tersebut.

Ada baiknya bila Bunda menjelaskan kepada si kecil bahwa tanaman bukanlah makanan. Informasikan hal itu berkali-kali, sehingga si kecil mengingatnya.

7. Cairan Pembersih

Cairan pembersih juga merupakan benda yang sangat berbahaya bagi si kecil. Benda ini bisa memicu keracunan bahkan kematian. Maka itu, Bunda harus menjauhkannya dari jangkauan anak-anak.

Adapun jenis-jenis cairan pembersih yang berbahaya bagi anak, diantaranya:

  • Sabun cuci piring.
  • Deterjen pakaian.
  • Cairan pembersih lantai.
  • Shampo.
  • Facial wash (sabun wajah).
  • Sabun cair untuk badan.
  • Pasta Gigi.
  • Dan sejenisnya.

8. Obat Nyamuk

Jika Bunda memiliki obat nyamuk di rumah, apapun jenisnya (baik itu obat nyamuk batangan, semprotan, lotion, gel, aerosol, atau lainnya) maka Bunda harus menjauhkannya dari si kecil. Benda ini berbahaya karena dapat memicu keracunan bila tertelan.

Nah, sekiranya itulah beberapa benda berbahaya yang harus dijauhkan dari anak kecil. Semoga info ini bermanfaat dan bisa membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *