Monday , October 26 2020

7 Tips Memperoleh Penghasilan Dari Blog

Menjadi seorang blogger merupakan kegiatan yang cukup menyenangkan bagi sebagian orang. Selain bisa menyalurkan hobi nulis, ternyata nge-blog juga dapat menghasilkan uang loh! Eits, tapi untuk mendapatkan penghasilan dari blog tidak semudah membalikkan telapak tangan. Tentunya Anda harus tekun dan sabar.

Nah, berikut ini beberapa tips untuk memperoleh penghasilan dari blog. Simak yuk!

 

1. Memiliki Blog

Syarat pertama untuk mendapatkan penghasilan dari blog tentunya Anda perlu membuat blog. Tentukan jenis platform yang akan Anda gunakan, misalnya saja WordPress atau Blogspot. Kemudian buatlah nama domain yang unik, hosting, lalu lakukan desain yang bagus, konfigurasi blog, dan sebagainya.

Jika blog Anda sudah terlihat menarik, maka mulailah membuat konten. Sebaiknya isi blog dengan konten yang bermanfaat, informatif, orisinil, dan sesuai minat Anda. Misalnya saja membuat artikel seputar kesehatan, wisata, keagamaan, review produk, dan sebagainya. Itu akan membuat blog Anda mudah muncul di google dan mendapatkan banyak pengunjung.

 2. Sering-Seringlah Mempromosikan Blog

Langkah kedua yang harus Anda lakukan adalah mempromosikan blog. Caranya dengan menshare tulisan Anda ke sosial media, misalnya facebook, instagram, twitter, What shaap dan lainnya. Hal itu bisa meningkatkan traffic blog sehingga nantinya mudah diterima oleh Adsense.

Oiya sekedar saran, jika Anda ingin membuat blog yang bertujuan untuk e-commercial, sebaiknya batasi menulis tentang hal-hal pribadi seperti curhatan. Konten yang demikian itu bisa Anda tuliskan bila blog sudah cukup terkenal dan memiliki banyak pengikut.

3. Memasang Iklan PPC (Advertising Network)

Cara paling umum untuk mendapatkan pendapatan dari blog pasang iklan PPC (Pay Per Click).  Untuk mendapatkan iklan tersebut tentunya Anda perlu daftar terlebih dahulu. Apabila blog Anda berplatform Blogspot maka bisa mendaftarkan di Google Adsense. Namun bila WordPress daftarkan pada WordAds.

Untuk cara mendaftarnya, Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah di menu ‘setting’ yang tersedia di akun blog Anda. Jika pihak Adsense akan memberikan pemberitahuan lewat email apakah akun Anda diterima atau tidak. Proses approve-nya sendiri bisa memakan waktu berhari-hari hingga berminggu-minggu. Apabila diterima maka akan diberikan kode iklan. Nah, setelah Anda memasangnya di laman blog, nantinya jika ada pengunjung yang meng-klik iklan tersebut, maka Anda akan memperoleh bayaran.

Selain dari 2 advertising network diatas, terdapat juga iklan PPC lainnya seperti Bidvertiser, Infolinks, Chitika, Adversal, Media.net, dan sebagainya.

4. Mendaftar di Affiliate Network

Selain memasang iklan PPC, Anda juga bisa mengikuti affiliate network untuk mendapatkan penghasilan dari blog. Program affiliate ini berarti Anda memasarkan produk sebuah perusahaan di laman blog Anda dalam bentuk banner iklan atau link yang bertautan dengan situs perusahaan tersebut.

Nantinya bila Anda pengunjung yang membeli produk tersebut lewat iklan di blog Anda, maka Anda akan memperoleh komisi sesuai dengan perjanjian yang sudah disepakati. Beberapa situs yang menawarkan program affiliate seperti Lazada.co.id, Clickbank.co, Amazon.com, Blibli.com, dan Ratakan.com.

5. Menyediakan Membership Program

Jika blog Anda sudah memiliki traffic tinggi dan telah terdaftar adsense, maka tidak ada salahnya mencoba membuka membership program. Ini berarti Anda membuat konten spesial, pelatihan atau sebagainya khusus untuk anggota premium yakni pengikut yang mau membayar uang bulanan untuk mendapatkan fasi[itas yang Anda tawarkan tersebut.

 6. Menjual Jasa

Selain dijadikan sarana untuk menulis, blog juga bisa digunakan sebagai tempat untuk promosi. Misalnya saja mempromosikan keahlian Anda dalam menulis. Anda dapat menawarkan jasa sebagai content writer, design, review produk, les privat atau lainnya sesuai keahlian Anda.

 7. Menjual Produk

Keuntungan lain dari memiliki blog pribadi adalah dapat dijadikan lapak untuk menjual produk. Misalnya saja herbal, pakaian, e-book, software atau sebagainya. Ini akan menjadi bisnis yang sangat menguntungkan bila blog Anda sudah cukup terkenal. Tanpa harus repot-repot endorse ke orang lain, Anda bisa mendapatkan penghasilan secara mandiri.

Kira-kira itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memperoleh penghasilan dari blog. Sekilas memang terlihat sulit dan tidak menguntungkan. Tapi percayalah, bila Anda mampu menekuninya hingga blog Anda menjadi terkenal, maka uang yang Anda dapatkan dari Adsense bisa mencapai berpuluh-puluh juta rupiah. Belum lagi tawaran bekerja sama dengan perusahaan tertentu, pastinya menguntungkan deh!

About Bas