Monday , October 19 2020

Agar Selamat, Ikuti 7 Tips Aman Naik Gunung

Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi saat naik gunung. Meski semudah apapun gunung yang didaki, jangan pernah menyepelekan. Untuk itu, kamu tak boleh menghiraukan keamanan agar selamat hingga pulang. Nah, berikut ini tips aman naik gunung yang wajib kamu tahu:

1. Sebaiknya tidak mendaki saat musim kemarau

Saat musim kemarau, kemungkinan diguyur hujan itu relatif kecil. Ini akan memudahkanmu mendaki karena tak perlu takut terpeleset. Cuacanya yang cerah dan panas ini juga akan menghindarkanmu terkena hipotermia. Meskipun kamu harus tetap hati-hati takutnya ada pasir dan batu-batu yang longsor.

2. Ikuti prosedur pendakian

Gunakan gear yang tepat untuk mendaki. Seperti misalnya menggunakan sepatu gunung bila medannya berupa bebatuan. Penggunaan sandal ditakutkan akan melukai kakimu. Selain itu, jangan pernah sekalipun memaksa naik kalau ada tanda peringatan. Tanda peringatan dibuat demi keamananmu. Kalau kamu melanggar bisa-bisa hal buruk terjadi padamu. Seperti misalnya di beberapa gunung biasanya ada tanda peringatan agar tidak mendaki sampai puncak. Jangan nekat menembus palang peringatan. Bisa-bisa ada longsor yang menyebabkan kamu tertimpa bebatuan.

3.Usahakan mendaki pada siang hari

Suhu di gunung akan lebih panas ketika siang hari dibanding malam hari. Meskipun kepanasan dan berkeringat, ini adalah salah satu cara agar menghindarkan kamu dari hipotermia. Hipotermia adalah kondisi dimana suhu tubuhmu menurun drastis sehingga akan mengganggu sistem saraf dan fungsi organ tubuhmu. Ini terjadi ketika kamu terpapar udara dingin dalam waktu lama. Selain itu, mendaki malam hari memiliki resiko tersesat dan bertemu hewan buas. Hewan-hewan buas yang nokturnal mencari makan saat malam hari.

4.Jangan sampai terpisah dari rombongan

Kekompakan penting sekali dijaga saat mendaki agar tidak ada yang terpisah dari rombongan. Hal ini karena banyak kasus kematian pendaki bermula dari terpisah dengan rombongan. Ada baiknya untuk memastikan kelengkapan anggota di setiap titik berhenti. Untuk pendaki pemula, letakkan mereka di tengah-tengah. Jangan sampai mereka tertinggal di belakang hingga akhirnya terpisah.

5.Bawa baju dengan bahan yang cepat kering atau anti air

Kondisi di gunung begitu tak menentu. Meskipun kamu naik gunung ketika musim kemarau, bisa saja terjadi hujan. Jadi sebaiknya bawa baju dengan bahan yang cepat kering. Untuk itu, kamu juga jangan sekali-sekali memakai baju atau celana berbahan jeans karena bisa merepotkan saat hujan. Atau kalau bisa pakailah pakaian yang sifatnya anti-air, sehingga tidak akan membasahimu dan menjaga suhu tubuhmu tetap stabil. Kalau bajumu basah, jangan lupa untuk segera mengganti baju agar tidak hipotermia.

6. Bawa cemilan manis untuk mengisi energi

Bawa jajanan manis seperti coklat atau permen untuk mengisi energi. Mendaki gunung membutuhkan energi yang tinggi, namun jika kamu kelelahan di tengah jalan ketika mendaki lalu memakan makanan berat seperti nasi, ini akan memberatkan tubuhmu saat mendaki dan kamu akan tambah kelelahan. Sebaiknya makan nasinya nanti ketika sudah mendirikan tenda saja.

7. Perhatikan cara packing yang benar

Selain membawa beban yang nggak lebih dari sepertiga berat badanmu, kamu harus mengikuti cara packing yang benar. Packing untuk naik gunung ini nggak sembarangan lho. Caranya dengan meletakkan barang yang paling berat di paling bawah lalu di bagian atas barang yang ringan atau yang kamu butuhkan dengan segera.

 

Itulah tadi 7 tips aman untukmu agar selamat saat mendaki gunung. Jangan lupa untuk tidak meninggalkan sampah di gunung ya! Ini untuk menjaga kelestariannya. Happy hiking!

About Bas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *