7 Tips Agar Kue Hasil Oven Matang Sempurna

7 Tips Agar Kue Hasil Oven Matang Sempurna –“Duh, gosong lagi deh kuenya. Jangan-jangan aku ini memang nggak bakat bikin kue”. Selama ini beberapa dari Anda mungkin selalu berpikir demikian. Padahal, sempurna-tidaknya tingkat kematangan kue tak hanya bergantung pada skill memasak saja, namun juga penggunaan ovennya. Untuk itu, jangan menyerah dulu! Kelak kalau ingin bikin kue lagi, coba praktekkan 7 tips berikut agar kue hasil oven matang sempurna.

 

1. Hindari membuka pintu ovennya

Ya inilah kesalahan pertama yang sering dilakukan. Memang sih tujuannya untuk memeriksa apakah kue sudah matang atau belum, namun tindakan ini bisa membuat suhu oven turun drastis. Nah kalau temperatur oven naik-turun, otomatis butuh waktu lebih lama bagi makanan untuk matang sehingga waktu memanggang tidak sesuai seperti yang tertera pada resep. Inilah alasannya kenapa tekstur kue jadi bantat saat dimakan.

2. Oven terlalu penuh

Kue Oven Matang

Sumber: https://www.cnet.com

Meski oven yang dimiliki berukuran besar, namun tak berarti Anda boleh menjejali banyak makanan sekaligus di dalamnya. Trik aji mumpung ini biasanya dilakukan oleh mereka yang ingin irit dan berjiwa praktis. Anda tetap harus memberikan jarak yang cukup antar-loyang supaya sirkulasi udara di setiap makanan lancar sehingga itu bisa matang dengan sempurna. Dan pastikan kalau sisi loyang tidak sampai bersentuhan dengan dinding oven.

3. Letak loyang  juga mesti tepat

Kalau ingin kue terpanggang sempurna setiap waktu, maka letakkan loyang di tengah rak agar matangnya merata. Kalau kue yang dibuat lebih dari 1, maka tempatkan itu di rak berbeda. Pastikan kalau loyang di rak bawah tidak sampai memblokir panas untuk loyang di atasnya.

4. Jangan lapisi oven dengan aluminium foil

Aluminium Foil Oven

Sumber: https://www.cnet.com

Anda mungkin pernah mendengar tips yang mengatakan kalau melapisi oven dengan aluminium foil dapat mencegahnya kotor. Sayangnya tindakan ini bisa merusak tingkat kematangan kue. Aluminium foil tak hanya membuat kue matang lebih cepat, namun juga bisa merusak oven.

Pernah terjadi kasus dimana aluminium foil-nya leleh dan panas yang dipantulkan foil membakar elemen pemanas oven. Karenanya lebih baik, gunakan produk silikon yang memang dikhususkan untuk dimasukkan dalam oven.

5. Jaga oven tetap bersih

Kalau Anda sering memakai oven, maka jaga kebersihannya. Jangan biarkan noda tetesan atau remah kue mengotori bagian dasar atau sisi oven karena itu bisa mengganggu proses memanggang. Remah kue di dalam oven bisa memicu api atau asap sehingga membuat oven lebih panas, atau paling tidak itu dapat menyebabkan citarasa kue jadi gosong.

6. Pahami bagaimana cara self-cleaning yang benar

Bila oven dilengkapi dengan fasilitas ‘self-cleaning’, maka ketahuilah kalau hasil pembersihannya terbatas saja. Setelah oven dingin, Anda tetap harus menyeka bagian dalamnya dengan kain basah untuk menghapus sisa noda. Dan biarkan pintu oven terbuka selama beberapa jam agar sirkulasi udara di dalamnya lancar. Kalau Anda lalai melakukan ini, maka jangan heran bila hasil panggangan kue berikutnya tetap bercitarasa gosong.

7. Kenali area dalam oven Anda

Oven umumnya memiliki area tertentu yang mudah panas. Mengetahui area mana yang mudah panas, atau sebaliknya, bisa membuat proses memanggang lebih maksimal karena Anda jadi tahu harus meletakkan loyang di titik mana.

Nah buat Anda yang belum menemukan titik panas tersebut, coba taburi loyang dengan parutan kelapa dan panaskan itu pada suhu 176,6’C. Amatilah parutan kelapa di sisi mana yang lebih cepat matang. Bila sudah menemukannya, maka itulah titik panas dari oven Anda.

Ya itulah tadi 7 tips agar kue hasil oven matang sempurna. Selamat mencoba!

***

Penulis: Megsaroh

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *