Tuesday , October 27 2020

7 Situs Memperoleh Penghasilan Bagi yang Hobi Fotografi

Di zaman serba canggih saat ini, dimana perkembangan teknologi juga semakin pesat tentunya menjadi fotografer bukanlah hal sulit. Anda bisa membeli kamera digital dengan harga lumayan terjangkau. Selain itu pilihannya juga banyak, mulai dari kamera SLR, DSLR, rangefinder dan sebagainya. Alternatif lain, bisapula memanfaatkan ponsel. Tentunya ponsel yang memiliki fitur kamera dan editing foto berkualitas, baik itu smartphone ataupun IPhone.

Sedangkan untuk mempelajari teknik fotografi, Anda dapat melakukannya secara otodidak dari internet. Misalnya saja dengan menonton tutorial di youtube, membaca artikel, atau melihat foto-foto yang ada di instagram serta tumblr.

Anda harus tahu bahwa punya bakat fotografi itu bisa mendatangkan banyak keuntungan. Nggak sekedar buat hobi semata. Tapi juga dapat menghasilkan uang loh. Nah, berikut ini beberapa tips memperoleh penghasilan lewat fotografi.

Simak yuk!

  1. Freelance Fotografer

Tips pertama untuk mendapatkan uang lewat hobi fotografi adalah menjadi freelancer. Anda bisa membuka jasa fotografer untuk acara-acara tertentu, misalnya saja pernikahan, wisuda, seminar dan sejenisnya. Agar usaha Anda lancar maka lakukan promosi secara optimal. Anda bisa memasarkannya lewat sosial media atau dari mulut ke mulut.

Selain itu, untuk langkah awal cobalah memberikan jasa secara gratis atau diskon. Ini sangat penting bagi pemula, tujuannya untuk menarik perhatian. Nantinya bila karya Anda bagus, pasti Anda bakal dikontrak kembali dan tentunya akan semakin banyak orang yang tahu kemampuan Anda. Oiya, Anda juga bisa mencari lowongan jadi freelance fotografer di situs freelancer.com 

  1. Menjual foto di Fotolia.com

Tips kedua Anda bisa menjual karya-karya Anda di situs fotolia.com. Tentunya foto yang Anda jual harus memiliki komposisi yang bagus dan nilai seninya juga tinggi.  Pendaftaran ke situs ini gratis. Anda hanya perlu mengupload foto sebanyak mungkin. Nantinya bila ada pengunjung yang membeli karya Anda maka situs ini bakal memberikan komisi sebesar 20-60% bergantung pada seberapa banyak netizen yang menyukai foto Anda. Oiya, pembayaran dilakukan lewat rekening paypal.

  1. Menjual foto di Shutterstock.com

Shutterstock merupakan salah satu situs penjualan foto yang cukup populer. Biasanya foto yang dijual di situs tersebut diberikan watermark sehingga nggak bisa dicuri. Nah, Anda juga bisa loh menjual karya Anda di situs shutterstock.com. Komisi yang diberikan per fotonya sekitar 20-30%. Nantinya uang bakal dicairkan ke rekening paypal bila mencapai batas minimum yakni $75.

  1. Menjual foto di 123rf.com

Menjadi kontributor di situs 123rf.com juga terbilang menguntungkan. Sebab Anda bakal mendapatkan komisi cukup besar dari hasil penjualan foto, yakni sekitar 60%. Nilai itu akan bertambah 0.43% apabila ada user yang berlangganan membeli foto Anda. Dan keuntungan lainnya, bila Anda mereferensikan pembeli atau penjual ke orang lain yang mana apabila sukses Anda akan memperoleh komisi bagi hasil sebesar 10-15%.

  1. Menjual foto di Istockphoto.com

Apabila Anda memiliki banyak stok foto-foto yang terbilang berkualitas, maka Anda wajib banget bergabung di situs Istockphoto.com. Untuk pemula biasanya akan mendapatkan komisi sebesar 15% setiap penjualan foto. Sedangkan bagi kontributor eksklusif, komisinya meningkat menjadi 45%. Biasanya komisi akan dikirim ke akun paypal apabila telah mencapai batas $100.

  1. Menjual foto di Bigstock.com

Menjual foto di situs bigstock.com, Anda bisa mendapatkan komisi sebesar 30% dari setiap pembelian yang dilakukan dengan extended license. Besarnya komisi bisa berbeda bila buyer menggunakan kartu kredit untuk pembeliannya. Anda bisa menggunakan akun Moneybookers atau Paypal untuk menerima fee Anda.

  1. Menjual foto di Dreamstime.com

Situs lain yang juga menjanjikan bayaran cukup besar bagi fotografer adalah dreamstime.com. Dari setiap penjualan, Anda bisa mendapatkan komisi sebesar 20-60%. Biasanya pembayaran dilakukan lewat akun paypal..

Selain dari situs-situs diatas, masih ada beberapa situs lain yang juga membayar foto Anda. Seperti Freedigitalphotos.com, DemandMedia.com, Etsy.com, dan Shutterfly.com. Demikian info tentang tips memperoleh penghasilan lewat fotografi.

Semoga bermanfaat…

About Bas