Wednesday , October 21 2020

7 Permainan Tradisional Anak Asal Sulawesi Utara

Salah satu Provinsi di Indonesia yang memiliki permainan tradisional unik dan mengasyikan untuk anak adalah Sulawesi Utara. Apa sajakah? Simak ulasannya berikut ini.

1. Ceklen

Permainan Ceklen (Bekel) biasa dimainkan oleh anak-anak perempuan di hampir seluruh wilayah Indonesia. Biasanya, permainan ini dimainkan oleh dua hingga lima orang anak dengan biji bia atau kerang laut. Anak-anak akan duduk bersila di lantai untuk memainkan permainan. Sebelum bermain, mereka harus melakukan suten (suit) untuk mencari siapa pemain pertama yang akan memulai permainan.

2. Tumbu-tumbu Blanga

Permainan Tumbu-Tumbu Blanga ini biasanya dimainkan secara berkelompok oleh anak perempuan yang terdiri dari lima sampai enam orang. Cara memainkan permainan ini cukup sederhana. Pertama-tama, peserta akan duduk melingkar sambil bersila. Kemudian, jari setiap peserta dikepalkan dan disilangkan di tengah lingkaran. Kepalan tangan tersebut diurutkan secara bertingkat dari bawah hingga ke atas.

Jika semua kepalan tangan sudah menyatu di tengah lingkaran, anak-anak akan mulai menyanyikan lagu Tumbu-tumbu Blanga. Kemudian, mereka akan membuka kepalan telapak tangan dari yang paling bawah secara berurutan.

3. Dodorobe

Permainan tembak-tembakan khas Sulawesi Utara ini biasanya dimainkan oleh anak-anak laki-laki. Dalam Dodorobe, dibutuhkan senjata atau alat tembak yang terbuat dari bambu cina. Peluru yang digunakan untuk senjata adalah kertas atau buah jambu air berukuran kecil.

Cara bermainnya adalah anak-anak akan dibagi menjadi dua kelompok yang memiliki benteng masing-masing. Kedua kelompok akan saling tembak dan bertindak seolah-olah sedang melakukan perang. Kelompok yang paling banyak terkena tembakan dianggap kalah dalam permainan.

4. Cenge-cenge

 

Permainan ini populer hampir di seluruh wilayah Indonesia dengan nama yang berbeda-beda. Di Sulawesi Utara, permainan ini dikenal nama Cenge-Cenge, sementara di Jawa memiliki sebutan Engklek.  Cara memainkan permainan ini adalah melompat dengan satu kaki dan tidak boleh menginjak garis petak-petak yang sudah dibuat di atas tanah. Jika garis terinjak oleh kaki, pemain giliran selanjutnya dipersilakan untuk bermain.

5. Baka-baka Sambunyi

Ini adalah permainan mencari lawan atau musuh, yang di daerah lain lebih dikenal dengan sebutan Petak Umpet. Sebelum bermain, anak-anak akan melakukan hompimpah sebanyak peserta yang turut bermain. Setelah tersisa dua anak, mereka akan melakukan suten (suit) dan yang kalah harus jaga sambil menutup mata. Kemudian, anak-anak lain harus mencari tempat untuk mengumpat dan anak yang ditutup matanya harus mencari mereka.

6. Slepdur

Dikenal dengan nama Ular Naga. Biasanya dimainkan oleh anak laki-laki ataupun perempuan secara bersama-sama. Semakin banyak jumlah pemain, semakin seru permainan Slepdur untuk dimainkan.

Cara memainkan permainan ini cukup mudah, di mana anak-anak berbaris bergandeng tangan yang diletakkan di bahu teman seperti ular naga panjang. Biasanya, anak dengan tubuh tertinggi akan ditunjuk sebagai kepala naga.
Selain itu, ada juga dua anak yang ditugaskan seolah-olah sebagai gerbang. Ketika ular sedang berjalan, anak-anak akan menyanyikan lagu slepdur untuk menentukan kapan ular naga berhenti bergerak.

7. Tali Koko

Tali Koko adalah permainan tradisional anak yang juga dikenal dengan nama Sodoran, Gobak sodor, atau Galah Asin. Permainan ini terdiri dari empat hingga enam orang. Cara bermainnya cukup mudah, yaitu dengan membagi dua tim, satu tim menjadi penjaga garis batas sementara tim lainnya sebagai penembus benteng.

Anggota tim penembus benteng berusaha untuk menembus garis belakang penjaga arena, sementara tim penjaga garis berupaya untuk mencegah para pemain tersebut. Tim penembus benteng harus berhati-hati saat melewati para penjaga garis agar badannya tidak tersentuh oleh tangan tim lawan. Jika tersentuh, permainan berganti. Begitu seterusnya hingga ada tim yang berhasil melewati garis batas tanpa tersentuh tangan para penjaga garis dan merebut benteng.

Itu dia 7 permainan tradisional anak di Sulawesi Utara yang menarik untuk dimainkan. Yuk, lestarikan permainan tradisional Indonesia supaya tidak punah!

About Bas