7 Pemandangan Indah di Kabupaten Landak Kalimantan Barat

Jadi saat ini Anda sedang di Kalimantan dan bingung mau kemana? Mumpung sedang berada di Kalimantan jangan pulang dulu sebelum mengecek berbagai pemandangan indah yang ada di Kabupaten Landak, Kalimantan Barat. Memiliki ibukota di Ngabang, ada air terjun, goa, dan tempat wisata lain yang jelas memiliki pemandangan indah.

1. Riam Dait

Riam Dait adalah sebuah air terjun yang juga biasa dipanggil dengan sebutan Air Terjun Dait. Disana mata Anda akan dimanjakan dengan pemandangan air terjun yang memiliki tujuh tingkatan sekaligus. Mungkin di tempat asal Anda juga ada air terjun, namun apakah air terjunnya juga memiliki tujuh tingkatan?

Wisata Riam Dait kalbar
Riam Dait (2.bp.blogspot.com)

Selain memiliki tingkatan air terjun sebanyak tujuh, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan air terjun yang dibawahnya dihiasi pasir putih. Pasir putih di kawasan air terjun sangat jarang ada di Indonesia ini maka jangan lewatkan kesempatan mengunjungi air terjun ini saat di Kabupaten Landak.

Jika Anda sudah mantap mengunjungi Air Terjun Dait ini maka datanglah ke Desa Skendal yang terletak di Kecamatan Air Besar.

2. Air Terjun Ampar Jawa

Saat menuju wisata ini mungkin akan ada rasa emosi karena jalannya yang sulit dilalui, namun tahan emosi Anda karena akan ada hadiah yang menunggu Anda. Adapun hadiah yang akan Anda dapatkan adalah sebuah pemandangan indah dari Air Terjun Ampar Jawa yang sekilas tampak seperti tikar yang dijemur.

Wisata Air Terjun Ampar Jawa Kalbar
Air Terjun Ampar Jawa (blog.traveloka.com)

Fantastis bukan? Bahkan air terjun ini juga sering disebut sebagai Air Terjun Ampar Bide yang mana kata Bide sendiri diartikan sebagai tikar. Ingin segera membuktikan pemandangannya yang indah? Datang saja ke Dusun Perbuak, dusun ini juga terletak di kecamatan yang sama dengan Air Terjun Dait.

3. Air Terjun Ringin

Bedanya air terjun ini dengan dua air terjun sebelumnya adalah air terjun ini sifatnya seperti harta tersembunyi. Ya, Air Terjun Ringin terletak di tengah hutan yang mana disekeliling terjunan airnya ada banyak pohon-pohon besar.

Anda tidak akan melihat keindahannya akan tertutup pohon-pohon tersebut, justru pohon yang ada di sekitarnya malah menambah kecantikan dan keunikannya. Air Terjun Ringin terletak di Dusun Tejo, Desa Sepangah yang juga ada di Kabupaten Landak.

4. Rumah Panjang Saham

Selain wisata air terjun, daftar wisata dengan pemandangan indah kali ini juga diisi dengan wisata budaya yang sayang untuk dilewatkan. Datanglah ke Rumah Panjang Saham untuk menyaksikan sendiri bagaimana budaya tetap ada pada bangunan sepanjang 180 meter dengan 30 an pintu didalamnya.

Di dalam Rumah Panjang Saham Anda akan menemukan warga suku Dayak yang masih kental akan kebudayaan. Mereka memiliki kesibukan berupa memahat kayu ulin yang mana merupakan kayu khas di daerah tersebut.

5. Keraton Ismahayana

Masih berupa bangunan, kunjungi juga Keraton Ismahayana Landak saat berada di Kabupaten Landak. Memiliki eksterior sekaligus interior yang khas, Keraton Ismahayana ini terletak di pinggir sekaligus menghadap sungai Landak. Jangan lupa untuk mengambil gambar Keraton ini untuk koleksi atau update.

6. Riam Bedawan

Air terjun memang mengumpul di Kecamatan Air Besar. Saat Anda masih asyik di Kecamatan Air Besar Anda bisa jadikan Riam Bedawan untuk destinasi wisata andalan. Juga memiliki tujuh tingkatan seperti air terjun sebelumnya, ada hal lain dari air terjun ini yang tak Anda dapatkan di air terjun lain.

Wisata Riam Bedawan Kalbar
Riam Bedawan (s.kaskus.id)

Di Riam Bedawan Anda bisa memancing ikan kapanpun, terdengar seru bukan? Datang saja ke Desa Sempatung Lawek untuk mengunjungi Air Terjun Riam Bedawan.

7. Gua Sanjan

Gua yang besar dan penuh akan petualangan di dalamnya tak hanya akan Anda temukan di film saja. Datanglah ke Goa Sanjan untuk merasakan petualangan yang super seru dan mungkin menegangkan bagi Anda. Dari atas kita akan melihat hamparan alam berwarna hijau yang sebenarnya bentangan alam tersebut adalah sebuah gua.

Gua Sanjan merupakan gua yang sangat besar serta memiliki lorong yang banyak. Bahkan untuk memasukinya saja Anda tidak akan berjalan dengan normal, melainkan Anda akan tiarap untuk bisa masuk, kemudian berjalan jongkok, lalu baru bisa berjalan normal.

Supaya lebih aman, pengunjung yang masuk ke gua ini kakinya akan diikat dulu dengan tali yang panjang supaya tidak hilang. Tali yang panjang untuk mengikat kaki pengunjung akan diikatkan di pohon. Dengan hal ini pengunjung akan mudah menemukan jalan keluar dan tidak akan tersesat. Berani coba? Rasakan sendiri petualangan seru di Desa Engkangin yang terletak di Kecamatan Air Besar.

Itulah tujuh wisata dengan pemandangan yang indah di Kabupaten Landak. Baik berupa bangunan buatan manusia maupun wisata yang berupa bentangan alam, semuanya sama-sama indah dan direkomendasikan untuk Anda. Jadi, apakah Anda ingin mencoba masuk ke Gua Sanjan dulu atau ke air terjun? Atau justru ke Keraton Ismahayana?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *