Wednesday , October 21 2020

7 Makanan Yang Bisa Membuat Anda Tidur Lelap

Gelaja sulit tidur bisa diatasi dengan beberapa cara, salah satunya adalah makanan yang Anda konsumsi. Melalui beberapa penelitian ada beberapa jenis makanan yang ternyata bisa membantu menghilangkan gejala kesulitan tidur di malam hari. Berikut ini ada beberapa jenis makanan yang perlu Anda konsumsi apabila Anda mulai mengalami gejala susah tidur. Yuk, mari simak ulasannya berikut ini!

1. Ayam

Ternyata ayam memiliki kandungan vitamin B6 yang mampu memproduksi asam amino, seperti tryptophan. Nah, tryptophan ini dapat membantu didorongnya sekresi serotonin. Dalam hal ini, hormon serotonin yang dikenal sebagai hormon bahagia dapat mendorong manusia menjadi cepat lelah hingga tertidur pulas.

2. Ikan Salmon

Kandungan vitamin B12 ternyata juga terdapat pada ikan salmon. Vitamin B12 ini memiliki pengaruh pada melatonin, yaitu hormon yang mengatur siklus tidur manusia. Jika Anda kesulitan tidur cobalah sering-sering mengkonsumsi ikan salmon agar hasrat Anda untuk tidur semakin meningkat. Selain memudahkan Anda terlelap di malam hari, ikan salmon dapat membantu Anda terhindar dari berbagai macam jenis penyakit. Kandungan asam lemak omega-3-nya ternyata dapat meningkatkan asupan nutrisi dalam tubuh Anda sehingga kesehatan fungsi otak pun lebih terjaga.

3. Ikan Tuna

Di dalam tubuh ikan tuna terkandung nicotinamide (niacin) yang dapat mendorong seseorang tidur dengan kualitas yang lebih tinggi. Selain dapat mempercepat tidur seseorang, ikan tuna merupakan sumber selenium, yaitu antioksidan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh manusia. Sistem kekebalan tubuh ini merupakan bagian penting yang dapat melawan terjadinya penyakit ataupun infeksi.

4. Jamur

Jamur merupakan salah satu jenis makanan yang kaya akan vitamin D. Jamur sama seperti manusia yang selalu memproduksi vitamin D ketika terkena sinar matahari. Dalam hal ini, vitamin D dipercaya dapat mempengaruhi diencephalon, yaitu salah satu wilayah otak manusia yang mengatur siklus tidur setiap harinya. Gangguan tidur biasanya disebabkan oleh kurangnya vitamin D dalam tubuh manusia. Selain itu, jamur juga berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan dalam tubuh. Caranya dengan meningkatkan produksi protein dan antivirus yang dapat melindungi sel-sel dan memperbaiki jaringan dalam tubuh manusia.

5. Bayam

Bayam yang mengandung magnesium ternyata dapat mempengaruhi durasi tidur seseorang. Pasalnya, magnesium sangat berpengaruh pada produksi melatonin dalam tubuh. Selain memudahkan tidur seseorang, bayam juga dapat membantu kesehatan mata, tulang, jantung, mencegah terjadinya kanker, penuaan dini, meningkatkan efisiensi otot, melancarkan pencernaan, serta baik untuk seseorang yang mengidap anemia.

6. Pisang

Pisang memiliki banyak kandungan kalium yang dapat meningkatkan relaksasi otot. Relaksasi otot ini bisa membantu manusia untuk beristirahat dengan lebih berkualitas. Selain dapat membantu tidur menjadi lebih cepat, pisang dapat meningkatkan konsentrasi otak. Kandungan kalium yang terdapat pada pisang bisa memberikan stimulasi pada otak.

7. Putih Telur

Ternyata di dalam putih telur terdapat L-Serine, yaitu asam amino yang bisa memberikan efek pada seseorang agar cepat mengantuk. Efek inilah yang membuat seseorang menjadi mudah lelah dan terdorong untuk cepat tidur. Selain dapat merangsang keinginan seseorang untuk cepat tidur, ternyata putih telur juga sangat baik untuk kulit wajah, seperti mengatasi kulit berjerawat.

About Bas