Wednesday , October 28 2020

Patut Dicoba, Ini 7 Makanan Khas Korea Selain Kimchi

Popularitas Kimchi yang merupakan makanan khas Korea menyebar hingga ke mancanegara. Kimchi atau sayur yang difermentasikan ini bahkan dinobatkan sebagai makanan paling sehat di dunia karena manfaatnya baik bagi pencernaan dan mencegah kanker. Sebenarnya, makanan khas dari negeri ginseng ini nggak hanya kimchi saja, ada banyak makanan lain yang patut kamu coba. Nah, apa saja itu? Simak ulasan berikut ini tentang 7 makanan khas Korea selain kimchi!

1.Bibimbap

Penyajian bibimbap ini sebenarnya seperti rice bowl dimana nasi yang di atasnya terdapat berbagai lauk-pauk. Lauk pauk itu adalah sayuran, daging sapi, dan telur yang kemudian dilengkapi dengan saus khas korea atau gochujang. Cara memakannya dengan mencampurkan nasi ini dengan seluruh toppingnya. Mirip nasi campur kan? Nama bibimbap sendiri dalam bahasa Korea berarti nasi campur.

2.Bulgogi (marinated beef barbecue)

Bulgogi ini merupakan semur daging ala Korea. Tapi daging yang digunakan untuk Bulgogi ini daging pilihan karena hanya menggunakan daging yang lembut seperti sirloin dan tenderloin. Daging ini kemudian diirim tipis-tipis menyerupai lembaran sehingga lembut di lidah. Kemudian diberi bumbu kecap asin, gula dan rempah-rempah khas Korea.
3.Japchae (stir-fried noodles)
Japchae ini merupakan mie yang dimasak bersama sayuran dan daging. Menu yang populer di Korea ini menggunakan starch noodle/glass noodle yang dibumbui kecap asin, gula, minyak wijen, bawang, dan lain sebagainya. Kunci dari masakan ini terdapat dalam keseimbangan gula dan kecap asin.

4.Tteokbokki (spicy rice cake)

Kue beras asal Korea ini pasti sudah nggak asing lagi di telinga kita. Rasanya yang unik dan pedas siap membuat lidahmu ketagihan. Dalam tteokbokki ini nggak hanya ada kue beras saja, tapi juga dilengkapi fish cake. Variasi dari tteokbokki ini juga ada beraneka macam. Ada yang ditambahkan beef, chicken, dan lain sebagainya.

5.Seolleongtang (ox bone soup)

Sup tulang sapi ini nggak hanya lezat, tapi juga bergizi tinggi karena kaya akan kalsium dan protein. Cara membuatnya dengan merebus lama tulang sapi beserta kaki atau tulang rusuk sehingga warnanya menjadi seputih susu. Makanan ini kemudian disajikan dengan nasi, potongan daging sapi dan ditaburi daun bawang. Tak lupa dilengkapi oleh kehadiran kimchi di meja makan. Di Korea, makanan ini paling banyak dikonsumsi saat winter tiba.

6. Budae Jigae (army stew)

Stew yang berisi aneka macam isi ini merupakan makanan hot spot yang disajikan di dalam wajan besar. Biasanya untuk lebih dari dua orang. Isinya ada sosis, mie, kimchi, tahu, jamur dan dilengkapi oleh keju. Dalam sejarahnya, makanan ini merupakan makanan para pasukan tentara Korea. Saat itu perang berakhir, dan mereka kekurangan bahan pangan.

7.Jajangmyeon (black noodle)

Meski dipengaruhi oleh kuliner Tiongkok, Jajangmyeon ini disesuaikan dengan lidah orang Korea seperti sekarang ini. Jajangmyeon sendiri merupakan mie dengan pasta kacang kedelai hitam. Isinya pun ada potongan daging, dan irisan sayuran yang ditaburkan di atasnya (bisanya mentimun). Mie hitam ini jadi makanan yang wajib dikonsumsi saat Black Day. Black Day itu perayaan di Korea bagi orang-orang yang jomblo. Ketika Black Day, para jomblo ini menggunakan atribut serba hitam serta makan mie hitam untuk menyatakan kesepian yang dialami.

 

Itulah tadi tujuh makanan khas negeri ginseng selain kimchi. Hampir semua makanan yang disebutkan tadi sudah banyak dijual di Indonesia. Kalau belum sempat ke Korea, coba dulu deh rasakan sensasi makanan khas Korea ini di restoran-restoran Korea di negeri ini.

About Bas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *