Jerawat merupakan permasalahan kulit yang bisa terjadi pada siapa saja dan umumnya muncul di area wajah. Meski jerawat bukanlah hal yang berbahaya, tapi tetap aja bikin penderitanya kurang percaya diri. Pasalnya, keberadaan jerawat ini bikin wajah kurang terlihat flawless. Selain itu, hasil makeup pun juga jadi enggak optimal apabila wajah dipenuhi jerawat. Hmm, pastinya sebal, kan?

Perlu kamu tahu ladies, bahwa untuk menghilangkan jerawat enggak cukup hanya dengan mengobatinya saja. Kamu juga perlu menghindari faktor penyebabnya agar jerawat tidak semakin tumbuh subur.

Nah, berikut beberapa kebiasaan yang bisa menyebabkan jerawat semakin parah yang baiknya jangan kamu lakukan. Simak yuk!

1. Terbiasa memencet jerawat

Hayo, siapa nih yang biasanya suka memencet jerawat? Ladies, perlu kamu tahu bahwa memencet jerawat enggak akan membuatnya sembuh, sebaliknya justru memperparah keadaan! Dengan kamu memencet jerawat itu bisa menimbulkan infeksi sehingga bekas jerawat pun jadi semakin susah disembuhkan.

Daripada kamu memencetinya, lebih baik oleskan skincare khusus jerawat yang mengandung benzoil peroksida. Terapkan tipis-tipis saja untuk membunuh kumannya dan meredakan inflamasi. Sekalipun gatal, baiknya jangan digaruk atau dipencet.

2. Berlebihan mencuci wajah dengan sabun

Mencuci wajah dengan sabun memang bisa membuat kulit jadi bersih. Tapi jika dilakukan secara berlebihan efeknya justru tidak baik. Kandungan bahan-bahan kimia dalam sabun bisa merusak kelenjar minyak atau sebum pada lapisan kulit, sehingga wajah pun rentan kering.

Apabila kulitmu kering dan kekurangan sebum, maka efeknya jadi mudah mengalami beragam masalah, seperti kusam, flek hitam, munculnya kerutan dan jerawat pun juga susah untuk dihilangkan.

Oleh karena itu, gunakan sabun secukupnya saja. Idealnya, mencuci wajah dengan sabun cukup 2 kali sehari. Jangan lupa, pilih facial wash yang sesuai dengan tipe kulitmu.

3. Menscrubbing wajah pada saat berjerawat

Kamu memang disarankan untuk menggunakan facial scrub setidaknya 2 kali seminggu untuk membersihkan wajah dari sel-sel kulit mati. Namun begitu, perlu diingat bahwa pemakaian scrub di saat wajahmu berjerawat itu tidak disarankan.

Butiran scrub yang kamu gosokkan pada wajah bisa membuat peradangan pada wajahmu jadi makin parah, sehingga jerawat pun makin enggak sembuh-sembuh. Jika masih berjerawat, baiknya cukup gunakan facial wash, cleanser dan micellar water saja.

4. Tidak menggunakan sunblock saat beraktivitas di luar ruangan

Selanjutnya, kebiasaan yang membuat jerawat sulit hilang adalah tidak menggunakan sunblock atau krim tabir surya saat berada di luar ruangan. Ladies, sinar UV dari matahari itu mengandung zat radikal bebas yang bisa merusak sel-sel kulit, menyebabkan timbulnya tanda-tanda penuaan, memicu hiperpigmentasi serta membuat kondisi jerawat semakin parah.

Maka itu, usahakan untuk selalu mengoleskan krim tabor surya setiap pagi hari, tepatnya diatas jam 9 pagi hingga 4 sore. Kamu bisa memilih sunblock atau sunscreen dengan minimal SPF 30.

5. Sering mengemil gorengan

Banyak orang yang mengatakan bahwa mengkonsumsi gorengan berlebihan bisa menyebakan jerawat. Benarkah demikian? Faktanya, menurut penelitian, gorengan mengandung lemak trans yang berdampak buruk pada kesehatan. Apabila lemak ini masuk ke dalam tubuh, maka akan terakumulasi dalam darah menyebabkan tersumbatnya pori-pori, sehingga berisiko menimbulkan komedo serta jerawat.

Jadi, jika kamu enggak ingin jerawatmu makin parah, baiknya sih batasi pengkonsumsian makanan yang digoreng. Sebaliknya, perbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran.

6. Tidak membersihkan make up dengan optimal

Nggak peduli semalas atau sesibuk apapun kamu, usahakan untuk selalu membersihkan make up setiap pulang dari berpergian. Jika tidak, maka bahan-bahan kimia dari kosmetik dan debu yang nempel di kulitmu akan menumpuk bersama sel kulit mati serta bakteri membentuk jerawat.

Nggak cuma itu aja, malas membersihkan make up juga membuat kulit semakin kusam, loh! Kamu pastinya enggak mau itu terjadi, kan? So, usahakan untuk rajin membersihkan make up setiap hari. Pemakaian sabun atau cleanser bisa membantu mengangkat kotoran dan minyak berlebihan pada pori-pori kulit. Oiya, bila perlu gunakan teknik double cleansing untuk memaksimalkan pembersihan.

7. Merokok

Bagi kamu pecandu rokok, segera hentikan kebiasaan kamu tersebut! Merokok tidak hanya mengganggu kesehatan organ pernafasan. Menurut penelitian di Institut San Gallicano, Roma, merokok juga menjadi salah satu penyebab timbulnya jerawat. Terhitung sekitar 42% perokok mengalami masalah jerawat pada wajahnya.

Hal itu dikarenakan dalam rokok terkandung beragam senyawa racun yang bisa menyebakan penyempitan pembuluh darah dan kerusakan sel kulit. Kondisi tersebut juga membuat pori-pori kulit jadi rentan tersumbat, sehingga secara tak langsung meningkatkan risiko kemunculan jerawat.

Nah, kira-kira itulah ladies sederet kebiasaan yang bisa membuat jerawatmu semakin parah. Jika kamu sudah terbiasa melakukan hal-hal diatas, maka mulai sekarang berusahalah untuk membatasinya. Cobalah untuk menerapkan gaya hidup sehat untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat!

feature image: proactiv.com