Saturday , October 31 2020

7 Jajanan Kaki Lima Paling Hits di Thailand

Thailand merupakan surganya food street atau jajanan kaki lima. Jadi, ketika berwisata ke Thailand, jangan lewatkan untuk mencoba lezatnya jajanan kaki lima yang bakal menggoyang lidahmu. Mau tahu jajanan kaki lima paling hits di Thailand yang wajib kamu coba? Baca ulasan berikut ini ya!

1. Pad Thai

Jajanan kaki lima ini sebenarnya adalah mie goreng ala Thailand. Resep aslinya berupa mi se Chan, minyak udang, kemudian diberi topping telur. Namun seiring berjalannya waktu mie yang digunakan adalah mie beras dengan isian udang, tahu, taoge, dan telur. Makanan ini bermula pada perang dunia II dulu. Stok beras Thailand menipis sehingga Perdana Menteri Thailand saat itu menyuruh warganya agar terbiasa memakan mie. Jadilah makanan paling hits yang kini dikenal bernama Pad Thai.

2. Massaman Gai

Makanan yang dipengaruhi oleh bangsa Persia ini kari ayamnya Thailand. Namun, kuahnya begitu kental dan rasanya pedas. Isinya sendiri bisa ayam atau daging dengan potongan kentang. Kalau kamu seorang vegan, Massaman Gai ada yang kuahnya dibuat dari tahu.

3. Khao Niew Ma Muang

Khao Niew Ma Muang ini dalam bahasa inggrisnya adalah mango sticky rice atau ketan mangga. Ketan yang telah dikukus ini kemudian dilumuri dengan santan atau susu dan gula kemudian disajikan bersama mangga ranum yang telah diiris. Meski tampak sederhana, jajanan kaki lima ini sangat lezat dan memiliki banyak variasi. Seperti kacang hijau dan durian. Kalau pakai durian, jadi mirip dengan ketan durian yang ada di Indonesia.

4. Thai Bread

Roti kekinian yang mulai diperkenalkan di Indonesia ini juga wajib kamu coba. Jajanan kaki lima ini menyerupai pancake kemudian dibentuk kotak-kotak setelah diberi isian. Isiannya juga beragam. Ada susu, coklat, dan lain sebagainya. Tentunya kamu tak ingin melewatkan sensasi isian roti tersebut meleleh di mulutmu ketika digigit.

5. Khanom Buang

Ini kue leker khas Thailand. Kalo di Inggris ini namanya crispy pancake. Uniknya, adonan jajanan kaki lima ini ditambah dengan kulit telur yang dihaluskan. Isiannya pun adalah meringue yang terbuat dari campuran putih telur dan gula kemudian ditaburi parutan kelapa muda yang dimasak dengan gula serta olahan serat mi dari kuning telur. Khanom Buang ini namanya Khanom Buang Thai.

Selain itu, ada yang berisi daging, daun bawang dan sayur-sayuran. Khanom Buang ini bernama Khanom Buang Yuan yang merupakan hasil adaptasi dari makanan Vietnam. Ukurannya lebih besar dari Khanom Buang Thai.

6. Tod mun pla krai

Tod mun pla krai atau fishcake ini disajikan dengan saus yang diberi potongan timun dan cabai. Bentuknya seperti patty yang kemudian digoreng. Tingkat kepedasannya pun macam-macam. Kamu bisa memilih sesuai selera.

7. Serangga goreng

Nah, ini nih yang terkenal banget di Thailand. Sayang sekali kalau kamu nggak nyobain serangga goreng kalau ke Thailand. Ada berbagai macam serangga yang bisa kamu nikmati. Mulai dari yang paling ekstrim seperti belatung, dan kalajengking. Sampai yang paling mungkin kamu nikmati seperti belalang dan jangkrik. Dua serangga ini sudah biasa dijadikan jajanan di Indonesia pada zaman dahulu.

Serangga goreng di Thailand ini mudah ditemukan baik di pasar maupun di jalanan. Uniknya di Thailand, serangga ini nggak cuma untuk jajanan tapi juga sajian dalam acara seperti pesta pernikahan. Cara memasaknya pun tak hanya digoreng, ada juga serangga bakar atau serangga tumis yang bisa dilahap di Thailand ini. Tapi wisata kuliner ini hanya cocok untuk kamu yang nggak gampang jijik melihat wujud serangga-serangga ini.

Itulah tadi tujuh jajanan kaki lima yang paling hits di Thailand. Bagaimana? Tertarik mencoba?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *