Friday , October 23 2020

7 Benda Koleksi ini Bisa Bikin Kamu Kaya di Kemudian Hari

Kamu pasti pernah punya teman yang hobi mengoleksi benda-benda unik, kan? Atau mungkin Kamu juga seorang kolektor? Jika iya, maka Kamu harus tahu kalau hobimu tersebut nggak sekedar keren, tapi juga bisa menghasilkan duit loh!

Ya, faktanya memang ada beberapa jenis benda koleksi yang bila dijual bernilai tinggi. Itu dikarenakan sifatnya yang unik dan langka. Jadi nggak heran jika saat ini tak sedikit orang yang berinvestasi dengan cara mengumpulkan benda-benda limited edition.

Nah, berikut ini beberapa benda koleksi yang bisa bikin Kamu cepat kaya.

Yuk simak!

1. Uang Koin Kuno

Apakah Kamu punya kebiasaan menyimpan uang receh di celengan? Jika iya, maka teruskanlah kebiasaanmu tersebut. Sebab di masa depan itu bisa mendatangkan untung loh!

Faktanya, ada banyak kolektor yang rela membayar mahal untuk mendapatkan uang logam kuno. Semakin lama tahun edisinya maka harganya pun semakin mahal. Bagi para kolektor tersebut, uang logam bukan sekedar recehan biasa. Tapi juga menyimpan makna sejarah yang mengagumkan.

2. Perangko

Aktivitas surat menyurat tentunya udah jarang banget dilakukan di era digital saat ini.  Dengan adanya teknologi yang semakin canggih, orang lebih memilih mengirim pesan lewat sebuah gadget. Entah itu melalui sms ataupun chatting di media sosial. Maka sebab itu, nggak heran jika keberadaan perangko juga mulai punah.

Nah, apabila Kamu dulunya gemar mengumpulkan perangko, Kamu bisa loh menjual koleksi kamu itu kepada orang-orang yang berkecimpung di dunia filateli. Apabila koleksimu cukup banyak dan beragam (bahkan ada perangko dari luar negeri) maka nominal jualnya bisa mencapai jutaan rupiah. Wow!

3. Benda dengan Tanda Tangan Bintang Dunia

Apakah Kamu memiliki sebuah benda yang telah ditandatangani bintang dunia? Entah itu tanda tangan dari selebritis, atlet olahraga, penulis, ataupun bintang lainnya? Jika Kamu memiliki benda-benda limited tersebut, maka Kamu bener-bener beruntung deh! Sebab benda yang demikian itu biasanya bisa dijual dengan harga mahal.

Semakin ngetop bintangnya maka harga benda itu bakal semakin naik menjadi berlipat-lipat ganda. Misalnya saja memorabilia alat olahraga, album lagu dengan tanda tangan bandnya, dan sebagainya.

 4. Piringan Hitam (Vinyl)

Benda koleksi yang bisa bikin Kamu kaya berikutnya adalah piringan hitam atau biasa disebut vinyl. Benda ini merupakan alat musik populer di tahun 1950 an. Dimana untuk menggunakannya perlu dipasangkan dalam perangkat bernama gramophone.

Nah, jika Kamu punya benda piringan hitam ini, entah itu dari turunan kakek nenek kamu atau memang koleksi pribadimu, maka sebaiknya simpan baik-baik. Jangan sampai pecah deh! Soalnya benda kepingan ini bila dijual harganya bisa sangat mahal karena memang termasuk benda legend.

5. Kamera Analog

Bagi mayoritas orang jaman sekarang mungkin kamera analog bukanlah benda yang menarik. Selain penggunaannya ribet, fitur-fiturnya juga dianggap kurang lengkap. Maka itu, tak heran jika saat ini banyak fotografer yang lebih memilih kamera digital.

Namun demikian, bagi beberapa orang yang gemar mengoleksi benda antik, kamera analog dianggap sebagai properti berharga. Mereka rela membayar jutaan rupiah demi benda bergaya klasik tersebut.

6. Game Konsol Jaman Dulu

Jika Kamu punya koleksi alat-alat game jaman dulu sebaiknya jangan keburu diloakan apalagi dibuang ya! Sebab benda tersebut bisa sangat mahal bila dijual saat ini. Misalnya saja gembot, tamagotchi classic, Nintendo, dan sebagainya. Game-game itu keberadaannya udah terbilang langka. Maka itu, tak heran jika banyak kolektor yang tertarik membelinya.

7. Handphone Jaman Dulu

Jika umumnya harga jual barang elektronik second cenderung menurun, namun tidak untuk yang satu ini! Handphone jadul atau keluaran lama justru banyak dicari banyak orang loh!

Misalnya saja Hp Nokia dengan antena panjang dan layar hitam-putih, harganya bisa mencapai jutaan rupiah. Sedangkan untuk handphone Apple keluaran pertama (sekitar tahun 2007) harga jualnya sekitar ratusan juta. Cukup menggiurkan ya?

Jadi itulah gengs beberapa benda koleksi yang bisa mendatangkan keuntungan bila dijual di jaman sekarang. Kira-kira ada nggak, salah satu dari benda di atas yang menjadi koleksi kamu?

About Bas