Wednesday , October 28 2020

7 Barang dan Makanan yang Laku Dijual Saat Bulan Puasa

Bulan puasa merupakan bulan suci yang sangat ditunggu-tunggu oleh umat muslim, juga membuka peluang usaha bagi banyak orang. Anda bisa mencoba berbisnis dengan menjual produk, entah itu benda-benda ataupun makanan.

Nah, berikut ini beberapa rekomendasi barang dan makanan yang laris saat dijual saat bulan puasa.

Simak yuk!

 

1. Kurma

Kurma bukanlah barang. Tapi produk makanan yang satu ini memang laris banget bila dijual di bulan puasa. Biasanya kurma dijadikan takjil untuk makanan berbuka dan ketika sahur. Hal itu dikarenakan kurma mengandung gula alami yang cukup tinggi, jadi bisa bikin menambah tenaga supaya nggak cepat lapar dan nggak pusing saat puasa.

Selain itu, mengkonsumsi kurma saat berbuka juga merupakan sunnah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam. Maka itu, kurma sudah seperti makanan wajib di bulan ramadhan.

2. Sirup

Menjual sirup saat ramadhan juga cukup menguntungkan, loh! Biasanya penjualan sirup saat bulan puasa meningkat tajam karena peminatnya memang banyak. Bayangin deh, setelah seharian Kamu menahan haus dan dahaga, pastinya saat berbuka ingin mengkonsumsi sesuatu yang segar, kan?

Maka itu, banyak orang yang ngebikin es buah dari sirup sebagai santapan saat buka puasa, atau mungkin sekedar diminum dengan air dingin. Kedua cara itu hampir menjadi tradisi di setiap keluarga.

3. Busana Muslim

Salah satu barang yang laku dijual saat bulan puasa adalah busana muslim. Kamu bisa melihat di sepanjang jalan atau toko-toko online pastinya banyak orang yang menawarkan pakaian muslim ketika bulan ramadhan. Bahkan beberapa artis juga turut membuat baju muslim dengan brand sendiri.

Biasanya penjualan baju muslim ini laris ketika hari-hari menjelang lebaran. Soalnya dalam tradisi masyarakat Indonesia saat lebaran wajib pakai baju baru. Tapi tentunya bajunya nggak boleh terbuka, sebab lebaran adalah hari raya umat muslim. Jadi bajunya harus tertutup dan pastinya syar’i.

4. Perlengkapan Sholat (Mukena dan Sajadah)

Selain baju muslim, Kamu bisa juga mencoba jualan perlengkapan sholat yaitu mukena dan sajadah. Biasanya masyarakat banyak mencari benda ini untuk digunakan perlengkapan ibadah sholat tarawih dan idul fitri supaya tampak bagus.

5. Sarung

Benda lain yang juga laris ketika bulan ramadhan adalah penjualan sarung. Benda ini merupakan pakaian khusus pria. Biasanya banyak orang yang membelinya saat bulan puasa untuk digunakan ibadah di masjid serta untuk sholat idul fitri.

6. Hidangan Takjil

Ketika bulan puasa, biasanya jalanan jadi ramai ketika sore hari sehabis ashar. Banyak orang menjual takjil untuk dijadikan menu buka puasa. Nah, Kamu juga bisa mencobanya, gengs! Ada banyak jenis makanan yang bisa Kamu jual sebagai takjil seperti es degan, es blewah, kolak, martabak, atau lainnya.

Kamu juga bisa menjual olahan masakan, misalnya lalapan, soto, sup, olahan sayur, dan sebagainya. Biasanya sih makanan ini banyak diburu mahasiswa yang ngekost dan nggak sempat masak untuk menu buka dan sahur.

7. Kue Lebaran

Yang terakhir Kamu bisa mencoba berjualan kue lebaran. Produk ini juga sangat diincar masyarakat ketika bulan puasa menjelang hari raya. Pastikan Kamu menjual produk kue yang berkualitas dan enak ya. Kamu bisa memulai menawarkannya pada tetangga, nitip di warung atau buka stand sendiri.

Jadi itulah beberapa makanan dan barang yang laku dijual saat bulan puasa. Nah, gimana tertarik berbisnis di saat ramadhan? Anyway, selamat mencoba!