7 Alat Yang Dibuat Menggunakan Prinsip Teknologi Tepat Guna

Teknologi tepat guna adalah sebuah teknologi yang cara pengaplikasiannya mempunyai karakteristik yang sudah terdesentralisasi, mempunyai skala yang kecil, hemat energi, padat karya dan juga sangat berkaitan erat dengan kondisi lokal yang ada. Teknologi ini memang sudah dirancang untuk beberapa masyarakat tertentu yang sudah disesuaikan dengan aspek keetnisan, lingkungan, sosial, budaya, politik dan juga ekonomi masyarakat yang bersangkutan.

Tujuan diciptakannya teknologi tepat guna adalah untuk membuat pekerjaan manusia menjadi semakin mudah dan juga dapat meningkatkan nilai ekonomi. Oleh karena itu, teknologi tepat guna juga harus dapat menerapkan metode yang bisa menghemat sumber daya, dan juga mudah dalam perawatan sehingga tidak bersifat polutif yang bisa saja menghasilkan banyak limbah dan bisa mencemari lingkungan.

Adanya teknologi yang terbarukan inilah yang nantinya dapat menjadi jembatan antara teknologi yang bersifat tradisional dengan teknologi yang sudah maju sehingga dapat dimanfaatkan secara maksimal. Dan tujuan yang paling utama adalah memang untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dari segi ekonomi yang dapat meningkatkan pendapatan hingga dapat memberikan nilai tambah yang lebih pada produk.

Berikut ini ada 7 alat yang memang dibuat menggunakan prinsip teknologi tepat guna, diantaranya:

1. Mesin Penyiram Tanaman

Sebenarnya, sudah banyak negara yang menggunakan alat yang digunakan untuk menyiram tanaman yang dilakukan secara otomatis tanpa bantuan tenaga manusia. Semua mesin yang bekerja tentunya sudah disesuaikan dengan program yang ada di komputer sehingga dapat dikontrol dari jarak yang jauh dan juga dapat menghemat tenaga. Selain ada alat penyiram tanaman otomatis ada juga alat yang digunakan untuk menyiram pupuk secara otomatis yang sudah dikendalikan oleh mesin. Dan untuk alat tersebut sebenarnya sudah dapat dijumpai di berbagai negara seperti China, Jepang, dan juga beberapa negara eEopa yang memang bekerja di sawah.

drone penyiram tanaman halokawan 10 22 12 6 201967uu

Sumber: https://www.suaramerdeka.com

Untuk Indonesia sendiri dalam penggunaan teknologi tepat guna satu ini bisa dikatakan masih relatif rendah, hanya ada beberapa daerah yang sudah menggunakannya.

2. Penetas Telur

mesin penetas telur 11 22 12 6 2019czfzfzf

Sumber: https://i0.wp.com/www.daftarhargamesin.com

Sebuah alat teknologi tepat guna yang sangat membantu para peternak adalah alat penetas telur. Alat ini sangat mampu menampung telur dengan jumlah yang banyak dan juga dapat menetaskan telur dalam waktu yang singkat secara bersamaan. Tentu saja telur yang dapat ditetaskan menggunakan alat penetas telur adalah telur puyuh, bebek, ayam dan juga beberapa jenis unggas lainnya.

3. Mesin Pemerah Susu

mesin pemerah susu 12 22 12 6 2019 vbhjj

Sumber: https://cdn-images-1.medium.com

Ketika zaman semakin modern seperti saat ini tentu saja para peternak sapi sudah menggunakan alat pemerah susu otomatis dalam mengambil susu dari sapi. Dengan adanya alat ini diharapkan dapat memudahkan peternak sapi dalam mengambil susu dengan cepat dan juga hemat tenaga. Tetapi di Indonesia sendiri keberadaan alat pemerah sapi masih sangat rendah, sehingga belum dapat digunakan secara maksimal oleh peternak.

4. Mesin Tirisan Minyak Goreng

alat tirisan minyak goreng 13 23 12 6 2019 bhjkk

Sumber: http://wirapax.com

Alat ini tentu saja mampu untuk memisahkan minyak dan juga gorengan dalam waktu yang cepat. Sehingga jika digunakan oleh pedagang tidak perlu repot menggunakan Koran ataupun kertas bekas yang digunakan untuk tempat gorengan, karena selain membutuhkan biaya juga nyatanya memang tidak baik dampaknya untuk kesehatan. Karena jika kertas digunakan sebagai tempat gorengan, yang dikhawatirkan adalah tinta yang ada di kertas akan menempel pada gorengan.

5. Alat Pemotong Buah Pisang

alat pemotong buah pisang 10 23 12 6 2019 nju89

Sumber: https://murah.netpriceupdate.com

Sering kali alat ini digunakan oleh pengusaha keripik pisang. Tetapi, tidak hanya digunakan sebagai pemotong buah pisang saja, tetapi dapat digunakan untuk memotong ubi yang memang dijadikan sebagai keripik. Untuk buah yang dipotong menggunakan alat ini tentu masih dalam keadaan keras atau masih mentah, karena jika tidak dikhawatirkan akan mudah hancur. Alat ini sering kali digunakan oleh para pelaku UMKM untuk membantu melancarkan usahanya.

6. E-learning

Tentunya, dengan menggunakan sistem e-learning akan membuat pendidikan menjadi lebih muda. Teknologi ini juga bisa diakses dimana saja, kapan saja dan bagi siapa saja yang menggunakan internet. Sebenarnya untuk pengertian e-learning sendiri merupakan sebuah sistem pembelajaran yang dilakukan secara elektronik antar guru dan siswa yang tidak bertatap muka secara langsung. Dalam platform yang ada di e-learning juga sudah tersedia berbagai menu tentang materi, soal, diskusi dan lain sebagainya. Dan untuk contoh penyedia layanan e-learning sendiri yang tidak berbayar adalah edmodo, moodle, zenius, dan dall yang sangat bisa dimanfaatkan untuk memudahkan pembelajaran.

7. E-Government

Sama halnya dengan e-learning, e-government merupakan salah satu teknologi yang sangat bermanfaat untuk semua bidang pemerintahan. Alat teknologi tepat guna ini harus selalu terhubung dengan masyarakat agar dapat menjangkau masyarakat dalam ruang lingkup yang luas. Dan untuk bidang yang sering terbantu dengan adanya teknologi ini adalah bidang bisnis, kondisi wilayah di negaranya, dan juga layanan masyarakat. Sehingga dengan adanya e-government ini nantinya semua akan berjalan secara cepat dan juga otomatis.

Demikian beberapa informasi mengenai alat yang dibuat menggunakan prinsip tepat guna yang tentu saja sangat membantu aktivitas kehidupan manusia. Beberapa inovasi tentu saja akan terus berkembang sehingga dapat melahirkan berbagai alat yang digunakan untuk mempermudah berbagai pekerjaan manusia sehingga dapat melakukan kegiatan semaksimal mungkin. Oleh karena itu memang tidak ada salahnya untuk terus belajar dan juga selalu mencoba melakukan perubahan ke arah yang lebih baik lagi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *