6 Trik Mengatasi Sepatu Kebesaran Agar Pas Dipakai

Pernah enggak sih kamu membeli sepatu, waktu dicoba di toko sudah pas. Eh saat dipakai jalan sehari-hari malah kebesaran? Atau mungkin kamu suka model sepatu tersebut sehingga mengabaikan ukurannya? Well, tampaknya hal ini sudah cukup sering terjadi, ya? Jika kamu juga mengalami hal tersebut baiknya jangan keburu menyingkirkan sepatumu.

Sebenarnya ada beberapa trik yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi sepatu kebesaran agar pas dipakai. Mau tahu? Langsung simak ulasannya di bawah ini!

1. Tambahkan busa

Trik pertama untuk mengatasi sepatu yang kebesaran yakni dengan menggunakan ganjalan, misalnya aja busa atau koran. Masukkan ganjalan tersebut ke bagian dalam sepatu, tepatnya di bagian ujung depan sehingga ruang sepatu menjadi pas dan tidak kelebihan.

Yang perlu Anda ingat,pilihlah ganjalan yang lembut agar tidak membuat kaki lecet. Kemudian jangan memasukkan ganjalan terlalu banyak ya karena justru bikin sepatu jadi sesak. Anda bisa memasukkan busa secukupnya , lalu coba gunakan untuk berjalan. Jika sudah terasa nyaman, maka artinya sudah pas.

2. Tambahkan sol di bagian dalam

Cara lain yang bisa Anda praktekkan yaitu dengan membeli insole sebagai alas di bagian dalam sepatu. Insole ini berguna untuk menambah volume sepatu. Anda bisa mendapatkan insole ini di pedagang kaki lima atau membeli di toko online juga banyak. Jika sepatu Anda terlalu besar ruang lebihnya, maka baiknya tambahkan 2 insole agar lebih pas. Anda bisa menyesuaikannya sesuai kebutuhan. Yang terpenting pastikan sepatu Anda nyaman digunakan untuk berjalan.

Btw, insole ini bisa Anda gunakan untuk berbagai jenis sepatu, baik flat shoes, high heels ataupun boots.

3. Kenakan kaos kaki yang tebal

Kalau Anda enggak mau repot, tips simpel untuk mengatasi sepatu kebesaran bisa menggunakan kaos kaki. Tapi ingat, pastikan Anda memilih kaos kaki yang bahannya tebal dan panjang, sehingga nantinya Anda bisa menekuk bagian depannya untuk mengganjal ruang kosong.

Metode ini terbilang cukup efektif dan enggak rempong. Cukup menggunakan kaos kaki, sepatumu yang kebesaran dijamin akan terasa lebih pas dan nggak mudah lepas saat Anda berjalan.

4. Tambahkan heels grips

heels grip sepatu cewek
heels grip sepatu cewek (aliexpress.com)

Heels grips ini biasanya digunakan oleh para cewek sebagai tambalan tumit agar tidak lecet saat mengenakan high heels. Namun dibalik itu, ternyata alat ini juga dapat lo dimanfaatkan untuk mengatasi sepatu yang kebesaran. Anda cukup menempelkannya pada kaki bagian belakang, sehingga nantinya ruang sepatu bisa jadi lebih sempit dan pastinya bikin Anda jadi makin nyaman.

Oiya, walaupun dikhususkan untuk high heels, tapi ternyata heels grips juga bisa digunakan sebagai tambalan pada sepatu boots dan flat shoes.

5. Semprot air

Anda tahu enggak, ternyata air memiliki manfaat tersembunyi yang enggak diketahui banyak orang. Ya, air putih juga bisa digunakan untuk mengatasi sepatu kebesaran. Caranya, Anda hanya perlu menyemprot sepatu dengan air terlebih dahulu. Setelah semua permukaannya basah, keringkan sepatu dibawah matahari. Nah, biasanya ukuran sepatu akan cenderung menyusut setelah dicuci dan dipanaskan.

6. Tambahkan gel di ruang dalam sepatu

Alternatif terakhir untuk mengatasi sepatu kebesaran yakni menggunakan gel tambahan. Gel ini memiliki fungsi seperti insoe (sol bagian dalam sepatu). Namun bentuknya beraneka macam, ada gel bulat, persegi panjang dan sebagainya. Jika Anda ingin membeli gel tersebut, pastikan ukuran dan modelnya sesuai dengan sol dalam sepatu Anda. Dengan begitu, sepatu bisa lebih nyaman digunakan!

Demikianlah beberapa cara mengatasi sepatu yang kebesaran agar pas digunakan. Cukup mudah, bukan? Semoga bermanfaat guys!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *