Sunday , October 25 2020

6 Tips Nyaman Pakai High Heels Agar Kakimu Gak Lecet Lagi

Tak bisa dipungkiri ya jika high heels menjadi sepatu paling diminati dalam dunia fashion. Khususnya bagi perempuan, tak sedikit yang tergila-gila dengan sepatu berhak tinggi demi bisa tampil glamour dan anggun.

Tapi yang perlu Anda waspadai, ternyata dibalik keindahan sepatu high heels terdapat risiko yang tidak bisa disepelekan. Pemakaian high heels terlalu lama bisa menyebabkan sederet dampak buruk, seperti kaki terasa pegal, kemerahan hingga lecet.

Nah, untuk menghindari risiko tersebut, berikut tips nyaman pakai high heels yang bisa Anda praktekkan agar kaki gak sakit lagi. Simak yuk!

1. Belilah heels dengan ukuran yang tepat

Salah satu faktor yang membuat high heels jadi tak nyaman dipakai adalah karena ukuran yang tidak tepat. Sepatu heels yang sudah Anda simpan lama, bisa jadi sudah tak muat di telapak kakimu. Hal ini menyebabkan ruang sepatu jadi terasa sesak dan memicu terjadinya lecet.

Baiknya jika Anda ingin memakai heels, maka pastikan ukurannya tepat dan sesuai dengan kakimu. Anda bisa mencoba membeli di malam hari, guys! Sebab menurut penelitian, biasanya ukuran kaki bertambah sedikit lebih besar pada saat malam. So, dengan begitu sepatunya enggak akan kekecilan.

2. Pilih heels dengan sol tebal

Trik selanjutnya untuk meminimalisir kaki lecet saat menggunakan high heels, usahakan memilih sepatu dengan sol yang tebal. Kenapa begitu? Sebab sol yang tipis bisa meningkatkan risiko Anda terpeleset, selain itu juga menimbulkan rasa sakit pada telapak kaki.

Sebaliknya, sepatu dengan sol tebal cenderung lebih aman dan bisa mengimbangi tekanan pada saat Anda berjalan. Adapun contoh heels yang bersol tebal yakni wedges.

3. Sempatkan waktu beristirahat untuk merenggakan kaki

Ketika Anda mengenakan heels baiknya jangan terlalu lama. Sebisa mungkin sempatkan waktu untuk beristirahat. Lepas sepatumu perlahan, kemudian regangkan pergelangan kakimu. Lakukan senam pada jari-jari kaki. Pijat pula otot betis, kedua sisi kaki serta telapak kaki.

Aktivitas peregangan ini nggak cuma berguna untuk menghilangkan capek, tapi juga bisa melancarkan darah sehingga otot-otot terasa lebih lemas dan enggak nyeri lagi.

4. Pilih Sepatu Dengan Hak Yang Tidak Terlalu Tipis

Memakai Sepatu High heels.
Memakai Sepatu High heels (httpswww.lazada.co.id)

Kalau Anda mau nyaman pakai high heels, baiknya pilih sepatu dengan hak yang tidak terlalu tipis. Memang sih, hak tipis bisa membuat kakimu terlihat lebih jenjang. Namun dampak negatifnya, hak yang tipis bisa menganggu keseimbanganmu saat berjalan. Tekanannnya juga kurang kokoh sehingga bisa meningkatkan risiko terjatuh.

Jika ingin lebih aman, usahakan memilih sepatu high heels yang berhak agak tebal. Anda bisa tampil glamour tanpa perlu menyiksa diri, girls!

5. Gunakan sol gel sebagai alas kaki

Kebanyakan sepatu heels memiliki insole (sol bagian dalam) yang tipis dan tidak empuk. Sehingga tak jarang membuat kaki terasa sakit, kemerahan bahkan menimbulkan lecet.

Nah, untuk mengatasi kondisi tersebut, Anda bisa mencoba menambahkan sol gel ke dalam sepatu sebagai alas kaki. Sol gel memiliki bentuk mirip bantalan, terbuat dari spons dan silikon yang bisa membuat sepatumu terasa lebih empuk. Dengan begitu Anda pun bisa memakai heels dengan lebih nyaman dan enggak sakit lagi.

6. Oleskan lotion pelembab setelah memakai heels

Terakhir nih, jika Anda termasuk orang yang sering menggunakan high heels, maka jangan lupa untuk selalu mengoleskan lotion atau pelembab pada pergelangan dan tumit kaki. Pemakaian pelembab bisa mencegah kulit menjadi kering, mengatasi kemerahan dan kulit yang iritasi.

Anda bisa memilih jenis pelembab yang mengandung minyak kelapa, minyak zaitun, atau vitamin E yang bisa bekerja secara optimal dalam menghidrasi kulitmu.

Nah, demikianlah sederet tips nyaman mengenakan high heels agar kaki tidak lecet dan sakit. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

About Bas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *