6 Tips Mudah Menghilangkan Bau Tak Sedap Sepatu, Wajib Banget Dipraktekkan!

Pernah enggak sih kamu merasa jengkel dengan bau sepatu yang menyengat? Selain bikin enggak percaya diri, terkadang bau pada sepatu juga sulit dihilangkan. Terutama untuk jenis sneaker atau sepatu yang tertutup, mudah banget mengalami bau tak sedap. Lalu apa penyebabnya?

Well, sebenarnya bau pada sepatu muncul dikarenakan adanya kuman dan bakteri yang menumpuk. Selain itu, kondisi dalam sepatu yang lembab, bersentuhan dengan keringat dan telapak kaki, kondisi ini juga memicu pertumbuhan jamur. Dengan demikian, sepatu pun akan menjadi bau.

Tapi guys, kamu enggak terlalu khawatir karena bau sepatu itu bisa dihilangkan, kok! Nah, berikut ini tips-tips menghilangkan bau tak sedap pada sepatu yang bisa kamu coba di rumah. Dijamin ampuh!

1. Gunakan cuka

Tips pertama yang bisa kamu coba untuk menghilangkan bau tak sedap pada sepatu yakni dengan memanfaatkan cuka. Kandungan asam yang tinggi berperan efektif dalam menghambat pertumbuhan bakteri.

Cara pakainya, cukup tuangkan kira-kira 3 sdm cuka ke dalam masing-masing sepatu. Diamkan selama 15-20 menit. Kemudian buang cuka dan bilas sepatu dengan air sampai bersih. Keringkan sepatu dibawah matahari.

Kamu bisa aplikasikan metode ini 1-2 kali dalam seminggu, dijamin sepatumu akan terbebas dari bau tak sedap.

2. Gunakan baking soda

Enggak cuma berguna untuk membuat kue, baking soda juga dikenal ampuh dalam menghilangkan bau tak sedap, baik bau pada tubuh ataupun benda. Baking soda ini memiliki kemampuan dalam menetralkan pH (tingkat keasaman), sehingga kondisi lembab pada sepatu bisa berkurang dan bau pun ikut lenyap.

Cara pengaplikasiannya, tuangkan sekitar 2 sdm baking soda ke bagian dalam sepatu. Diamkan untuk semalaman. Keesokan paginya, buang baking soda. Bilas dengan air dan keringkan. Selesai! Sepatumu pasti enggak bau lagi!

3. Teteskan minyak atsiri

Minyak atsiri merupakan wangi-wangian alami yang sebenarnya enggak cuma bisa dimanfaatkan sebagai aroma terapi, tapi juga ampuh untuk mengusir bau tak sedap pada sepatu. Kelebihan dari minyak astiri ini mudah menguap, sehingga bisa menyebarkan keharuman dengan cepat.

Nah, untuk cara pemakaiannya, tuang 4-5 tetes minyak atsiri ke dalam sepatu. Masukkan beberapa lembar kertas untuk penyerapan bau agar lebih optimal. Biarkan semalaman. Keesokannya, kamu bisa buang kertasnya dan eieng…sepatu akan harum deh!

Oiya, untuk jenis minyak atsirinya, kamu bisa memilih sesuai dengan selera kamu. Misalnya saja minyak lemon, lavender, cempaka, kamboja, sereh, kayu putih atau lainnya.

4. Gunakan kantong teh yang telah diseduh

Selanjutnya, untuk menghilangkan bau sepatu, kamu bisa menggunakan kantong teh. Aroma dari teh terbukti bisa menghambat pertumbuhan bakteri sekaligus menetralisir bau tak sedap.

Untuk cara pakainya manfaatkan saja kantong teh bekas yang sudah diseduh. Pastikan kamu memeras kantongnya dulu agar tak terlalu basah. Kemudian masukkan kantong teh ke dalam sepatu. Diamkan selama 2 jam. Terakhir, angkat kantongnya dan keringkan sepatu dibawah sinar matahari.

5. Manfaatkan kulit jeruk

Aroma kulit jeruk yang wangi seringkali dimanfaatkan oleh masyarakat untuk mengusir nyamuk. Nah, ternyata kulit jeruk juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau sepatu, loh! Adanya kandungan minyak atsiri di kulit jeruk, seperti linalool dan limonene mampu bekerja dalam menetralkan bau serta membunuh bakteri.

Untuk cara pengaplikasiannya, ya kamu cukup meletakkan kulit jeruk sebanyak mungkin di dalam sepatu. Biarkan selama 5 jam atau diamkan semalaman. Esok paginya, segera buang kulitnya. Dijamin deh, aroma sepatumu akan harum dan lebih segar.

6. Masukkan Kapur Barus

kamper untuk sepatu bau.
kamper untuk sepatu bau(www.kilimall.co.ke)

Ini cara paling mudah untuk menghilangkan bau sepatu yang tidak sedap. Taruh Kapur Barus atau kayu kamper dalam sepatu saat kamu tidak memakainya, maka dijamin bau sepatu akan hilang. Karena kapur barus mampu membunuh kuman kuman yang bersarang di kaos kaki maupun sepatu yang lembab karena keringat.

Jadi itulah sederet tips untuk menghilangkan bau sepatu yang efektif dan dijamin ampuh. Selamat mencoba!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *