Saturday , October 24 2020

6 Tips Membeli Mobil Bekas Agar Tidak Tertipu

Ada banyak cara untuk mempunyai mobil salah satunya yaitu dengan membeli mobil bekas. Sebelum memutuskan membelinya, Anda harus memperhatikan kondisi mobil bekas agar tidak menyesal nantinya. Berikut adalah tips membeli mobil bekas agar Anda tidak mudah tertipu dengan body yang mulus.

1. Cek Kelengkapan Dokumen

Jangan mau membeli mobil bekas tanpa kelengkapan surat meskipun harganya murah dan kondisi mobil masih baik. Jika mobil tidak memiliki surat legalitas, Anda akan bermasalah dengan polisi meskipun Anda hanya membelinya dari penjual mobil bekas.

Mintalah kepada penjual untuk menunjukkan surat BPKB, STNK, dan surat lainnya untuk difotokopi. Anda bisa mengeceknya ke kantor polisi setempat mengenai keabsahan surat tersebut. Tidak ada salahnya untuk bersikap hati-hati dan waspada karena harga mobil bekas pun masih terhitung puluhan juta rupiah.

2. Latar belakang Mobil

Body mulus mobil bekas bukan jaminan mobil itu tidak pernah mengalami hal buruk. Tanyakan kepada penjualnya mengapa mobil ini dijual, apakah pernah mengalami kecelakaan atau pernah terendam banjir, dan sebagainya. Dengan menanyakan sejarah mobil tersebut Anda bisa memperkirakan kondisi mesin yang ada pada mobil. Mobil yang pernah terendam banjir misalnya, performa mesin tidak akan terlalu bagus karena rusak oleh air.

3. Jangan Terpancing Harga Murah

Sebelum datang ke showroom atau bursa penjualan mobil bekas, Anda sebaiknya mencari tahu harga baru mobil yang Anda incar dan harga rata-rata bekasnya. Jika ada yang menawarkan dengan harga jauh di bawah harga pasar Anda patut untuk curiga. Harga yang murah berarti penjual ingin segera membuang mobil tersebut dengan alasan yang bisa saja tidak menguntungkan untuk Anda misalnya mesin yang sudah rusak parah atau justru tidak memiliki surat-surat yang resmi.

4. Minta Bantuan

Jika Anda adalah orang yang tidak begitu mengerti mengenai mobil atau mesin sebaiknya saat memilih mobil bekas jangan datang sendirian. Anda bisa mengajak orang lain seperti teman, keluarga, atau teknisi mesin untuk mendampingi Anda menaksir mobil yang masih dalam kondisi bagus. Penjual nakal yang melihat Anda datang sendirian dan tidak begitu mengerti mobil bisa memanfaatkan ketidaktahuan Anda menjadi keuntungannya.

5. Membeli di Tempat Yang Terpercaya

Anda boleh saja melihat iklan mobil bekas di koran atau di forum-forum online namun cara ini belum tentu aman dan legal. Untuk lebih menjamin keamanan Anda dalam membeli mobil bekas, kunjungi bursa atau Showroom yang resmi dan sudah memiliki reputasi baik dalam penjualan mobil bekas. Biasanya tempat-tempat seperti ini tidak sembarangan dalam memilih mobil untuk dijual di tempat mereka baik dari segi legalitas maupun kondisi dari mobil tersebut.

6. Lakukan Test Drive

Jangan terburu-buru dalam membeli sebuah mobil, jika Anda masih belum yakin sebaiknya tidak usah dibeli dulu. Pada saat memilih mobil, Anda bisa melakukan test drive terlebih dahulu untuk menguji kelayakan mobil dan apakah Anda cocok dengan desain interior dan eksterior dari mobil tersebut. Perhatikan suara mesin saat mobil sedang melaju, mobil yang mesinnya masih bagus akan terdengar halus dan suspense pada kaki-kaki mobil masih empuk.

About Bas