Monday , October 26 2020

6 Sumber Penghasilan Tambahan Untuk Karyawan

Gaji yang didapatkan dari menjadi karyawan perusahaan memang tergolong menjanjikan. Tapi ya gitu, rasanya tidaklah cukup mengandalkan gaji bulanan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Mengingat harga sembako dan tagihan listrik semakin mahal. Tentu akan lebih baik jika karyawan mencoba bisnis sampingan untuk memperoleh penghasilan tambahan.

Nah, berikut ini beberapa ide untuk mendapatkan penghasilan tambahan bagi karyawan. Tentunya dengan melakukan bisnis yang menyenangkan, bermodal kecil dan nggak menyita banyak waktu.

Check it out!

 

1. Usaha Loket Pembayaran

Membuka usaha loket untuk pembayaran beragam tagihan, seperti listrik, BPJS, pulsa, wifi, voucher game, dan sebagainya tentunya terbilang menguntungkan. Usaha ini juga nggak memakan banyak waktu. Sifatnya fleksibel dan bisa dikerjakan dimanapun. Jadi sangat cocok dijadikan bisnis sampingan bagi karyawan.

Jika Anda tertarik, Anda bisa membeli atau mendaftar di aplikasi-aplikasi yang menawarkan jasa pembayaran tagihan online. Seperti Paytren, M-Saku, BeOne, dan masih banyak lainnya.

2. Menjual Foto Online

Bagi Anda yang gemar fotografi, jangan sia-siakan hobi tersebut! Faktanya di jaman sekarang ini ada banyak banget situs yang menyediakan jasa jual beli foto. Misalnya saja fotolia.com, shutterstock.com, Istockphoto.com, 123rf.com, Bigstock.com, dan masih banyak lainnya.

Tentunya foto yang Anda jual nggak boleh sembarangan. Grafik, komposisi dan kualitasnya harus benar-benar bagus. Dengan demikian akan ada banyak orang yang tertarik dan membeli foto Anda.

3. Kontributor Penulis Online

Jika Anda memiliki kemampuan menulis yang cukup bagus, Anda bisa mencoba bisnis sampingan sebagai penulis online. Anda dapat bergabung situs freelance, seperti Sribulancer.com dan Project.co.id. Atau juga bisa bergabung sebagai kontributor di website hiburan seperti Babe.news, Nulis.co.id, Brilio.net, Basabasa.co, dan masih banyak lainnya.

Oiya, untuk menjadi seorang penulis memang tidak terlalu sulit. Tapi juga tidak mudah. Setidaknya Anda harus punya daya kreatifitas dan mempelajari tentang SEO. Dengan demikian, nantinya Anda bisa menghasilkan tulisan yang orisinil serta berkualitas.

4. Bisnis Online Ads Publisher

Ads publisher merupakan bisnis online yang berkaitan dengan pemasangan iklan di sebuah website. Untuk memulai bisnis ini, pertama Anda harus mempunyai blog pribadi. Gunakan blog tersebut sebagai wadah untuk menulis artikel yang bermanfaat atau juga bisa film atau download lagu. Apapun itu, usahakan memilih konten yang diminati masyarakat.

Nah, nantinya bila traffic blog sudah tinggi. Anda bisa memasang iklan PPC di blog tersebut, seperti google adsense, wordAds, Adf.ly, atau lainnya. Iklan tersebut tidak hanya bisa Anda pasang di blog, tapi juga bisa lewat youtube.

5. Jasa Pembuatan Website

Khusus bagi Anda yang punya keahlian di bidang IT, seperti membuat atau mendesain website, Anda bisa mencoba bisnis sampingan sebagai freelancer online. Usaha ini dijamin menguntungkan. Sebab di era digital saat ini banyak orang yang butuh website untuk mengembangkan usahanya di dunia maya. Bayarannya per proyek bisa mencapai jutaan rupiah loh!

Bila Anda tertarik, Anda dapat bergabung sebagai pekerja lepas di website Sribulancer.com, Project.co.id, Freelancer.com, atau lainnya.

6. Membuka Toko Online

Penghasilan tambahan untuk karyawan juga bisa diperoleh dengan membuka usaha toko online. Usaha ini terbilang cukup mudah dilakukan, sebab bisa dijalankan dimanapun hanya berbekal ponsel dan jaringan internet. Anda bisa berbisnis pakaian, makanan, mebel, gadget atau lainnya.

Selain itu, untuk membuka toko online Anda nggak harus menjual produk sendiri. Jika modal yang Anda miliki terbatas, maka Anda bisa menjadi reseller atau mencoba program dropship.

Demikianlah beberapa ide bisnis sampingan bagi karyawan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Semoga bermanfaat ya!

About Bas