Wednesday , October 28 2020

6 Presiden/Pemimpin Termiskin di Dunia yang Hidup Sederhana

Halokawan,

Sebagai sosok yang memegang kekuasaan terbesar di suatu negara, tak heran jika kehidupan presiden kerap dikaitkan dengan kemewahan. Biasanya seorang presiden memperoleh gaji yang sangat tinggi. Selain itu juga mendapat fasilitas-fasilitas gratis, mulai dari mobil hingga rumah. Sehingga tak heran jika gaya hidup seorang presiden dan keluarganya selalu terkesan bergelimang harta.

Ya, itulah faktanya. Tapi Kamu tahu nggak, ternyata ada loh presiden dari beberapa negara yang hidupnya sangat sederhana. Mereka gemar mengamalkan gajinya. Bahkan hingga mendapat julukan presiden termiskin di dunia. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya!

 

1. Jose Mujica, Presiden Uruguay (2010-2015)

Masih ingat dengan Jose Mujica? Pria yang pernah menjabat posisi tertinggi di Uruguay pada periode ini, namanya sempat membuat heboh dunia lantaran dirinya memiliki gaya hidup yang berbeda dari presiden pada umumnya.

Jose tidak mau mendiami istana negara. Sebaliknya ia justru tinggal di rumah sederhana yang berada di kawasan peternakan. Jose juga menyumbangkan 90% gajinya untuk rakyat miskin, yakni sekitar Rp.142 juta. Sedangkan sisanya Rp.16 juta ia gunakan sendiri. Berkat kedermawanannya tersebut, Jose lantas dijuluki sebagai presiden termiskin sekaligus paling inspiratif di dunia.

2. Evo Morales, Presiden Bolivia (2006~)

Evo Morales merupakan salah satu presiden yang dikenal penuh kontroversial. Dulunya ia gemar mengikuti aksi-aksi demonstrasi. Ia juga dikenal sebagai sosok yang kontra terhadap Amerika.

Dibalik lika-liku hidupnya yang sulit tersebut, ternyata Morales punya sisi kedermawanan loh! Sejak dilantik pada tahun 2006, Ia mengumumkan bahwa akan memotong gajinya 50% untuk membantu kesejahteraan dokter dan guru. Ia juga pernah menyumbangkan gajinya untuk korban gempa bumi di Chile dan Haiti. Selain itu, gaya hidup Morales juga terkesan sederhana.

3. Joyce Banda, Presiden Malawi (2012-2014)

Dedikasi Joyce Banda sebagai presiden wanita pertama di Malawi patut mendapatkan acungan jempol. Demi menghemat finansial negara serta memberikan makan kepada rakyat miskin, ia rela menjual 60 mobil Limousine Mercedes beserta pesawat jet pribadi miliknya.

Uang hasil penjualan tersebut menjadi berkah dan membantu kehidupan 1 juta penduduk disana. Bagi Joyce, tak masalah jika ia harus naik pesawat komersial untuk bepergian, asalkan rakyat dan negara sejahtera.

4. Fernando Lugo, Presiden Paraguay (2008-2012)

Sosok pria berusia 66 tahun ini juga termasuk salah satu presiden termiskin yang dicintai rakyatnya. Lugo pernah berkata bahwa ia tidak membutuhkan gaji sebab uang itu adalah hak kaum miskin. Sehingga seluruh gajinya, Rp.37 juta disumbangkan untuk kebutuhan masyarakat.

Lugo juga aktif dalam kegiatan sosial dan kerohanian. Ia juga pernah berjuang mengembalikan hak para pertani. Jika Kamu melihat rumah si presiden Paraguay ini dijamin Kamu bakal kaget. Bangunan rumahnya jauh dari kesan mewah. Bahkan furniture di dalamnya juga terlihat sederhana.

5. Fidel Castro, Presiden Kuba (1976-2008)

Fidel Castro termasuk salah satu presiden yang memegang jabatan terlama di dunia. Ia memegang peran sebagai orang nomor satu di Kuba selama 32 tahun. Selama masa pemerintahannya, Castro dikenal sebagai sosok yang dermawan dan rendah hati. Ia pernah menampung korban banjir di dalam kantor kepresidenannya.

Selain itu gaji yang ia terima juga terbilang kecil, hanya sekitar Rp.470 ribu perbulannya. Namun yang menyedihkan, Castro pernah disebut-sebut memiliki harta kekayaan yang disembunyikan. Faktanya tuduhan tersebut tidak pernah terbukti hingga sekarang. Fidel Castro menutup mata selama-lamanya di tanggal  25 November 2016.

6. Paus Fransiskus “Jorge Mario Bergoglio”, Presiden Vatikan (2013~)

Pemimpin terakhir yang mendapat julukan termiskin adalah Jorge Mario Bergoglio atau biasa disebut Paus Fransiskus. Ia menjabat sebagai kepala negara kota Vatikan semenjak tahun 2013, dan menjadi paus ke-266 yang juga memimpin Gereja Katolik.

Fransiskus dikenal sebagai sosok kepala negara yang dermawan. Ia bahkan tidak memperoleh bayaran dari jabatannya tersebut.Menurut kabar media, pria kelahiran Argentina ini memang terbiasa hidup sederhana semenjak kecil.

Menjadi seorang presiden tentu bukanlah hal yang mudah. Mereka yang mau bekerja keras demi kesejahteraan negara tanpa mengharap upah berlebihan pastinya patut diapresiasi dan dijadikan panutan. Setuju?