Sunday , October 25 2020

6 Penjara Paling Megah di Dunia, Hotel atau Tahanan, Nih?

Sebagai rumah yang dikhususkan untuk mengurung para kriminal, idealnya sebuah penjara pastilah menakutkan. Ruangnya sempit, pengap, fasilitasnya juga serba terbatas. Belum lagi adanya hukuman yang harus dijalani. Duh, intinya penjara begitu mengerikan di pikiran kita. Betul, tidak?

Well, ternyata hidup di balik jeruji tak selamanya menyiksa loh! Faktanya di dunia ini, ada beberapa penjara yang dibangun sangat mewah. Bahhkan memiliki fasilitas layaknya sebuah hotel. Wow!

Yaudah, langsung aja disimak nih penjara-penjara paling megah di dunia. Dijamin Kamu bakalan kaget saat melihatnya!

  1. HMP Addiewell di Skotlandia

Dilihat dari penampakan luar bangunannya aja udah terlihat betapa mewahnya penjara Addiewell ini! Para narapida pun tak hanya mendapatkan fasilitas kamar tidur, tapi juga ada televisi layar datar yang dilengkapi parabola, playstation, dan laptop.

Sedangkan desain kamarnya dibuat minimalis, ada meja, kamar mandi, tempat tidur serta jendela. Suasana di penjara ini tampak begitu nyaman bahkan terbilang mirip hotel. Tak heran jika para narapidana mengaku betah tinggal disana.

Tak peduli mereka pencuri, pembunuh, semua mendapatkan fasilitas yang sama-sama mewah.

  1. Penjara Aranjuez di Spanyol

Penjara yang satu ini nggak cuma mewah, tapi juga unik! Pasalnya, ruangan tahanan di penjara Aranjuez didesain layaknya kamar anak-anak. Dindingnya penuh dengan wallpaper lucu-lucu. Lalu ada box bayi, meja serta ranjang yang cukup luas.

Alasan penjara ini didesain seperti itu agar nantinya anak-anak bisa mengunjungi orang tuanya dengan nyaman. Penjara Aranjuez bahkan membolehkan narapida mengajak anak dan pasangannya menginap disana.

  1. Penjara Halden di Norwegia

Demi menunjang visi-misinya dalam mendidik narapida menjadi pribadi yang lebih baik, penjara Halden menyiapkan berbagai fasilitas yang terbilang cukup ‘wow’. Mulai dari ruang olahraga, tempat permainan, ruang musik, perpustakaan, serta ruang beribadah.

Selain dari itu, ruang kamar di penjara ini juga sangatlah nyaman. Jika dilihat-lihat tak beda jauh dengan kamar kos-kosan. Dengan semua fasilitas tersebut, penjara Halden sering disebut sebagai penjara paling manusiawi di dunia.

  1. Otago Corrections Facility di Selandia Baru

Hampir sama dengan sebelumnya, penjara ini juga memberikan hukuman yang manusiawi kepada narapidanya. Tentunya bukan dengan kekerasan, melainkan dengan pengasahan keterampilan. Jadi, narapidana disana mendapatkan berbagai macam pelatihan bakat, seperti memasak, menjahit, bertani, hingga belajar teknik elektro dan permesinan.

Selain itu, berbagai fasilitas yang disediakan juga terbilang mewah. Ada pusat gym, ruang baca, TV layar datar dan sebagainya. Bisa dikatakan penjara ini mirip hotel berbitang lima, megah banget deh!

  1. Penjara Leoben Justice Centre di Austria

Penjara mewah selanjutnya ada di Austria, Leoben Justice Centre! Rumah tahanan ini tak hanya menawarkan ruang kamar yang nyaman saja, tapi juga ada berbagai fasilitas yang membuatmu serasa tinggal di hotel. Dimana tiap-tiap narapida memperoleh kamar mandi pribadi, dapur dan juga televisi di dalam kamar.

Lebih mengangumkannya lagi, penjara ini dilengkapi dengan area olahraga outdoor untuk basket, fustal, voli dan sebagainya. Adapula pusat gym dan kolam renang.

Oiya, penjara Leoben hanya dikhususkan bagi pelaku kejahatan tanpa tindak kekerasan.

  1. Penjara Bastoy di Norwegia

Bastoy merupakan sebuah pulau di Norwegia, yang mana pulau ini dikhususkan untuk para narapida. Jadi pulau Bastoy terdiri dari bangunan-bangunan penjara, namun adapula pusat pertokoan, sekolah, tempat beribadah, dan layanan transportasi layaknya pulau-pulau lainnya.

Yang mengejutkan, setiap tahanan di penjara ini mendapatkan satu rumah sendiri. Mereka juga diberikan fasilitas mewah layaknya orang berlibur di hotel berbintang lima. Di samping itu, para tahanan juga dibebaskan bila ingin memancing, berkuda, berjemur, atau melakukan olahraga. Dengan segala keistimewaan tersebut, penjara Bastoy kerap menuai kontroversi dari berbagai pihak, baik dari penduduknya sendiri ataupun negara lain.

Nah, itulah tadi Gengs beberapa penjara paling mewah di dunia. Bagaimana pendapatmu? Kira-kira apakah fasilitas mewah bisa membuat para krimina jera? Atau malah merugikan ya?

About Bas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *