Tuesday , October 20 2020

7 Pekerjaan yang Cocok Dilakoni Sarjana Sastra, No.3 Gajinya Menggiurkan

Selama ini, tidak sedikit orang yang memandang remeh jurusan sastra karena dianggap prospek kerjanya sempit. Padahal nggak begitu, lho! Sebaliknya, Kamu yang mengantongi gelar sarjana sastra haruslah berbangga. Sebab, selain Kamu dapat bekal ilmu tentang sejarah dan budaya dunia, Kamu juga memiliki skill berbahasa yang pro – yang tentunya nggak dimiliki sembarangan orang.

Maka dari itu, Kamu kudu bisa manfaatin kemampuan kamu untuk meniti karir yang terbaik. Enggak perlu takut, karena lapangan kerja sarjana sastra sebenarnya cukup luas, kok! Bahkan beberapa terbilang bergengsi dan bergaji tinggi.

Kamu penasaran? Berikut beberapa perkejaan yang cocok dilakoni sarjana sastra!

1. Dosen

Kalau Kamu memiliki ketertarikan lebih di dunia akademis, dan ingin menjadi seorang pengajar, Kamu bisa mendaftar sebagai dosen. Untuk sarjana sastra, biasanya dapat melamar di bagian ilmu bahasa, psikologi, ilmu komunikasi, dan filsafat atau antropologi.

Gaji dari dosen ini lumayan menjamin lho! Untuk di Indonesia sendiri, gaji pokok dosen sesuai UMR dan golongan, paling rendah Rp. 1,5 jutaan – bisa sampai Rp. 4 jutaan. Selain itu, juga ada penghasilan tambahan dari tunjangan, seperti tunjangan fungsional, tunjangan sertifikasi, nerbitin karya ilmiah, buku, dan sebagainya. Lumayan, kan?

Tapi, untuk menjadi dosen PNS, Kamu enggak cukup memegang gelar S1 saja. Kamu harus ngelanjutin studi minimal ke jenjang S2 (Magister).

2. Diplomat

Siapa bilang karir diplomat hanya diperuntukan bagi sarjana HI (Hubungan Internasional)? Kamu yang lulusan sastra juga punya kesempatan untuk mendaftar di Kementrian Luar Negeri lewat jalur PNS. Enggak perlu minder, karena selain Kamu fasih berbahasa asing, Kamu juga mengantongi ilmu-ilmu tentang budaya, politik dan sejarah luar negeri. Tentunya, itu semua sangat dibutuhkan untu bisa kerja di kantor kedutaan.

Adapun gaji dari seorang diplomat untuk di dalam negeri biasanya bergantung golongan, berkisar Rp. 1,5 juta – Rp. 5 jutaan. Sedangkan di luar negeri, gajinya sangat menggiurkan, yakni Rp. 50 juta –Rp. 100 jutaan!

3. Ahli Linguistik Forensik

Nah, untuk Kamu yang punya jiwa-jiwa pengen jadi FBI, CIA atau dektektif, Kamu bisa nyoba daftar kerja di bidang ahli linguistik forensik. Pekerjaan yang satu ini memang belum terlalu populer di Indonesia. Namun di luar negeri sudah cukup umum.

Adapaun kerjaan ahli linguistik forensik sendiri, berkaitan dengan dunia hukum. Tugas mereka adalah menganalisis bahasa, seperti mengamati sidik tulisan, rekaman suara, panggilan darurat dan sejenisnya.

Jika Kamu lulusan bahasa asing (misalnya sastra inggris) dan berasal dari almamater terpandang, Kamu bisa cari pekerjaan di luar negeri. Gaji seorang liguistik forensik di Amerika atau Inggris, berkisar Rp.500 juta – Rp. 800 jutaan. Bahkan untuk seorang yang udah berpengalaman bisa mencapai Rp. 1 milyar lho!

4. Pegawai di LSM Asing

Apabila Kamu ingin pekerjaan yang lebih spesifik, dimana skill berbahasa kamu bisa lebih dimanfaatin, Kamu bisa mencoba daftar kerja di lembaga-lembaga asing yang ada di Indonesia. Misalnya, Japan Foundation untuk Kamu lulusan sastra jepang, Goethe Institut untuk lulusan sastra Jerman. Dan untuk lulusan sastra inggris, Kamu bisa bergabung di lembaga World NeighborsWildlife Conservation Society (WCS)Worldwide Fund for Nature (WWF)UNESCO, dan masih banyak lainnya.

Untuk masalah gaji, biasanya berbeda-beda bergantung pada tempat Kamu bekerja. Beberapa ada yang dibawah UMR, ada juga yang sekitar Rp. 3 jutaan, bahkan adapula yang mencapai Rp.7 juta-Rp.8 jutaan.

5. Interpreter atau Translator

Kalau pekerjaan yang satu ini emang sudah jiwanya anak sastra banget! Khususnya bagi Kamu yang jago berbahasa asing secara verbal, pede ngomong di depan umum, bisa tuh jadi interpreter atau penerjemah lisan. Pekerjaan interpreter nggak cuma bergaji tinggi, tapi juga memperbesar peluangmu buat ber-travelling keliling dunia.

Tapi kalaupun kemampuan berbicaramu nggak terlalu fasih, Kamu bisa jadi penerjemah tulisan atau translator. Misalnya, menterjemahkan film, buku-buku bilingual, atau sejenisnya.

Gaji interpreter sendiri berbeda-beda bergantung proyeknya. Tapi umumnya bisa mencapai jutaan rupiah, bahkan ada yang sampai Rp 10 jutaan. Sedangkan untuk translator di perusahaan, sekitar Rp 3 juta- Rp 5 jutaan.

6. Pegawai Swasta di Perusahaan Multinasional

Seorang lulusan sastra juga bisa bekerja sebagai pegawai swasta di perusahaan multinasional, entah itu industri makanan, migas, bank, hotel, atau lainnya. Kamu dapat mendaftar di posisi administrasi, HRD, marketing, atau bila itu perusahaan asing maka peluangmu lebih besar menjadi penerjemah.

Untuk gaji pegawai swasta sendiri, biasanya menyesuaikan dengan UMR dan jabatannya.

7. Jurnalis

Profesi ini hampir mirip dengan copywriter, sama-sama berhubungan dengan dunia kepenulisan. Namun bedanya, seorang jurnalis dituntut untuk lebih aktif dan percaya diri. Sebab kerjaannya berhubungan dengan publik, yakni mengumpulkan berita, mengedit, dan pastinya menyusun naskah agar enak dibaca.

Ruang lingkup jurnalis ini, bisa jadi wartawan, editor ataupun pembawa berita (presenter). Kamu bisa memilih sesuai dengan passion-mu. Untuk gaji seorang jurnalis sendiri berkisar Rp 7,5 jutaan. Namun kabarnya, di tahun 2018, bakal naik menjadi Rp 7,9 jutaan. Wow, lumayan gede kan?

Nah, jadi itulah gengs, beberapa prospek kerja untuk Kamu yang lulus sebagai sarjana sastra. Keren-keren, kan? Gajinya juga nggak kalah oke! Maka itu, Kamu enggak perlu minder lagi. Buktikan jika sarjana sastra juga bisa sukses!

feature image: teachaway.com

About Bas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *