Wednesday , October 21 2020

6 Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Daun sirsak sudah sejak lama dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan beragam penyakit. Mulai dari gangguan tidur hingga diabetes, terbukti bisa diatasi dengan pengonsumsian rebusan daun sirsak.

Selain itu, para ilmuwan juga menemukan bahwa kandungan acetogenin di dalam daun sirsak dapat membantu membunuh sel kanker. Senyawa ini berkerja 10 ribu kali lebih efektif dibandingkan tindakan kemoterapi, loh!  Nah, berikut ini beberapa manfaat daun sirsak untuk kesehatan yang harus Kamu ketahui. Simak yuk!

1. Membantu Mengobati Tumor dan Kanker

Salah satu kegunaan daun sirsak yang cukup terkenal yakni dipercaya dapat menghambat pertumbuhan sel abnormal di dalam tubuh. Baik itu disebabkan oleh tumor, miom, kista ataupun kanker.

Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam studi yang diterbitkan oleh American Journal of Cancer Prevention yang juga menjelaskan bahwa daun sirsak berpotensi menyembuhkan kanker berkat kandungan senyawa acetogenins annonaceous dengan kadar cukup tinggi di dalamnya.

2. Menurunkan Gula Darah yang Tinggi

Pengonsumsian makanan di luar, seperti fast food dan gorengan kerapkali membuat kadar gula darah meningkat tanpa disadari. Nah, untuk mengatasi itu Kamu bisa mencoba mengonsumsi rebusan daun sirsak.

Menurut penelitian, mengonsumsi rebusan daun sirsak dapat membantu menurunkan kadar gula darah yang tinggi, yang mana berarti mengurangi risiko penyakit diabetes. Kamu nggak perlu terlalu sering mengonsumsinya. Cukup 2-3 kali seminggu hingga kadar glukosa menurun. Sekedar informasi, kadar normal glukosa atau giula darah berkisar 70-120 mg.

3. Menurunkan Kolesterol

Tak hanya mengontrol kadar gula darah, rebusan daun sirsak juga efektif menurunkan kolesterol dalam darah. Khususnya kolesterol jahat atau LDL (Low Density Lipoprotein) yang menjadi penyebab dari berbagai penyakit degeneratif. Mulai dari hipertensi, gangguan jantung hingga stroke.

Khasiat dari daun sirsak ini diperoleh berkat kandungan antioksidannya yang tinggi. Dengan mengonsumsi rebusan daun sirsak itu akan membantu menghancurkan lemak-lemak di dalam tubuh dengan cara meningkatkan proses metabolisme.

4. Mengurangi Risiko Batu Ginjal

Selanjutnya, mafaat daun sirsak bagi kesehatan yakni mengurangi risiko penyakit batu ginjal. Daun sirsak telah diteliti mengandung senyawa yang dapat membantu pengeluaran kalsium berlebih dalam tubuh, misalnya senyawa anonol, annocatalin dan masih banyak lainnya.

Dengan mengonsumsi rebusan daun sirsak secara rutin itu juga bisa menjaga kesehatan organ ginjal dan mencegah berbagai gangguan lainnya.

5. Mengatasi Gangguan Tulang dan Sendi

Penyakit-penyakit yang berhubungan dengan tulang dan sendi, misalnya osteoporosis, rematik, ataupun arthritis juga bisa diatasi dengan pengonsumsian rebusan daun sirsak. Kandungan nutrisi yang terdapat dalam daun sirsak dapat membantu menjaga kesheatan tulang, mengurangi nyeri sendi dan sakit pada punggung.

Untuk pengobatan, Kamu bisa minum rebusan daun sirsak secara rutin 2 hari sekali. Namun jika sakitnya sudah mereda, maka Kamu bisa menghentikan pengonsumsiannya.

6. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Bagi Kamu nih yang memiliki aktvitas padat di setiap harinya dan jarang bisa meluangkan waktu untuk beristirahat, Kamu bisa tuh mencoba mengonsumsi air rebusan daun sirsak.

Daun sirsak ini telah terbukti dapat meningkatkan stamina tubuh, termasuk menjaga sistem imun menjadi lebih kuat sehingga Kamu nggak mudah terserang bakteri ataupun mudah sakit.

Cara Membuat Rebusan Daun Sirsak

Untuk cara membuat rebusan daun sirsak caranya cukup simpel.

  • Pertama, Kamu ambil 7-10 helai daun sirsak
  • Cuci bersih
  • Lalu rebus dalam panci dengan menambahkan 3 gelas air putih
  • Tunggu hingga airnya mendidih dan bersisa separoh (1,5 gelas)
  • Konsumsi selagi masih hangat

Efek Samping Pengonsumsi Daun Sirsak Berlebihan

Meskipun daun sirsak memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, namun tetap aja tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi berlebihan karena bisa memicu beberapa efek samping, seperti:

  • Gangguan neurotoksisitas
  • Disfungsi seksual
  • Serta, menurunkan tekanan darah secara drastis (tidak disarankan dikonsumsi penderita hipotensi atau anemia)

Mengonsumsi rebusan daun sirsak baiknya tidak melebihi 2 gelas sehari.Bagaimanapun, sesuatu yang berlebihan itu nggak baik. Setuju?

So, itulah beberapa manfaat rebusan daun sirsak untuk kesehatan. Moga bermanfaat.

feature image: asianboytea.com

About amania

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *